Tempat Wisata di Lubuklinggau dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Lubuklinggau -- Tempat Wisata di Lubuklinggau dan Sekitarnya, Tempat Wisata di Lubuklinggau yang Murah dan Menarik untuk dikunjungi, Tempat Wisata Kuliner dan Wisata Alam di Lubuklinggau, Tempat Wisata di Lubuklinggau Terbaru dan Paling Menarik, Objek Wisata di Kota Lubuklinggau, Tempat Nongkrong di Lubuklinggau, Wisata Kuliner Lubuklinggau Terbaru.

Lubuklinggau adalah salah satu kota yang terdapat di provinsi Sumatera Selatan. Sedangkan seperti yang kita ketahui, ibu kota dari provinsi Sumatera Selatan adalah Palembang. Awalnya kota Lubuklinggau merupakan sebuah kabupaten. Namun sejak tahun……, Lubuklinggau berkembang menjadi sebuah kota yang maju dan mulai dilirik untuk dijadikan salah satu destinasi liburan menarik baik bagi warga provinsi Sumatera Selatan sendiri maupun dari daerah lainnya.

Kota Lubuklinggau ini tidak sulit untuk dijangkau. Banyak pilihan alat transportasi yang bisa digunakan. Bila kamu berangkat dari kota Palembang, kamu bisa menempuh perjalanan dengan naik travel (mobil), kereta api, atau pesawat terbang.

Bila naik mobil, keuntungannya adalah kamu bisa langsung diantarkan hingga ke tempat tujuan seperti hotel, penginapan atau rumah keluarga, dan bahkan bisa negosiasi untuk menyewa mobil dikeesokan harinya untuk berkeliling ke objek-objek wisata di kota Lubulinggau yang murah sekaligus menarik. 

Biaya jasa travel dari Palembang ke Lubuklinggau berkisar antara Rp 130.000,- sampai dengan Rp. 150.000,-. Tentu biayanya akan bertambah ya bila kamu minta diantarkan ke lokasi yang berada di kecamatan, kelurahan bahkan ke desa. hehehe. ..

Namun, jangan khawatir, jika kamu ingin lebih berhemat, masih ada pilihan lainnya. Kamu bisa liburan ke Lubuklinggau dengan biaya yang cukup murah. Dengan memilih alat transportasi berupa kereta api, dan kamu memilih jadwal keberangkatan pagi hari, kamu hanya perlu mengeluarkan ongkos sebesar Rp. 32.000,-.

Tetapi, jika kamu tipe orang yang suka tidur di perjalanan panjang, atau buat kamu yang suka menikmati perjalanan malam hari, pilihlah jadwal keberangkatan malam. Untuk harga tiketnya juga beragam, tergantung kelas yang kamu pilih. Harga tiketnya berkisar antara Rp. 100.000,- sampai dengan Rp. 190.000,-.  Lumayan juga ya selisih harganya.

Melalui transportasi penyewaan mobil travel, lama perjalanan yang ditempuh bisa mencapai sekitar 8 jam. Sedangkan dengan kereta api, lama perjalanan yang akan kamu tempuh sekitar 7 jam 20 menit. Namun, bila kamu memilih pesawat terbang sebagai alternatif transportasi lainnya menuju kota Lubuklinggau, tentu waktu yang ditempuh lebih singkat. Lama perjalanan yang ditempuh sekitar 30 menit.

Selain dari kota Palembang, untuk menuju ke kota Lubuklinggau, kamu juga bisa berangkat dari kota Jambi dan kota Bengkulu. Letak kota Lubuklinggau sendiri memang merupakan jalur lintasan antar kota. Jadi, kamu bisa meneruskan perjalanan serunya liburanmu ke kota-kota lainnya setelah puas berliburan di kota ini!

Selama kamu berada di kota Lubuklinggau, kamu bisa menikmati keindahan-keindahan yang ada di Lubuklinggau seperti wisata alam, wisata kuliner, mall-mall tempat berbelanja ataupun menonton di bioskop. Kamu bisa mengeksplore semua tempat-tempat seru dan asyik di Lubuklinggau.

Untuk wisata alam di Lubuklinggau, ada cukup banyak objek wisata yang bisa dikunjungi di antaranya yaitu Air Terjun Temam, Watervang, Bukit Sulap, Air Terjun … , dan ,.. . Selain itu, ada pula tempat wisata lainnya yang berada di sekitar Lubuklinggau, tepatnya di kabupaten Musi Rawas yaitu Danau Aur, Danau Gegas, dan Bukit Cogong. Di Tengah kota, ada sebuah kampung yang terlihat unik dan menarik untuk dikunjungi yaitu kampung warna-warni.

Semua tempat wisata di Lubuklinggau tersebut secara umum murah untuk tiket masuknya bahkan ada yang gratis dan tentunya sangat menarik untuk dikunjungi dan asyik untuk mengisi liburanmu. 
Agar lebih jelas mengenai tempat-tempat wisata di lubuklinggau, kami berikan reviewnya berikut ini.

1. Air Terjun Temam

Air terjun temam merupakan salah satu tempat wisata yang ada di Lubuklinggau yang berlokasi di …. . Tiket masuknya cukup terjangkau sekitar Rp. 50.000., per orang. Kendaraan yang bisa digunakan untuk mengunjungi objek wisata Air Terjun Temam yaitu motor ataupun mobil. Jalan aspal yang cukup baik memudahkan motor atau mobil untuk sampai ke tempat ini.

Wisata Air Terjun Temam ini telah ada sejak tahun …. . Awalnya, Air Terjun Temam tidak dikelola dengan baik sehingga belum banyak wisatawan yang tertarik untuk datang ke tempat ini. Namun setelah pemerintah setempat mengelolanya menjadi tempat wisata, barulah orang-orang sekitar menikmati Air Terjun Temam sebagai tempat wisata yang menarik. Setelah itu, nama Air Terjun Temam mulai ternama dan dikenal oleh para wisatawan.

Air Terjun Temam memiliki ketinggian sekitar …. . Kamu bisa menikmati indahnya air terjun ini sambiil mengabadikan momen indah bersama keluarga, pasangan, ataupun teman. Udaranya yang sejuk, pemandangan sekitar yang asri, menambah kesegaran bermain air di wisata Air Terjun Temam.
Selain melihat air terjun dari bawah, kamu juga bisa menikmati keindahan tempat ini dari bagian atas. Silahkan naik tangga dan ikuti jalan yang mengarah ke bagian atas air terjun. Jika tidak tahu, kamu bisa bertanya pada orang-orang disana. Setelah berada di bagian atas air terjun, kamu bisa main air, tapi kamu harus melepas sepatumu agar tidak basah ya… Kamu bisa mengambil fotomu disini dengan duduk di atas batu-batu besar yang indah. 

2. Watervang

Watervang berlokasikan di … . Lokasi tersebut berada di tengah kota sehingga mudah untuk dikunjungi. Selain itu, biaya yang cukup murah untuk menikmati tempat ini menjadi daya tarik tersendiri.

Nama Watervang sendiri berasal dari bahasa Belanda. Pada jaman penjajahan dulu, Belanda telah sampai ke daerah ini. Salah satu bangunan yang didirikan adalah Watervang. Watervang sendiri artirnya Bendungan Air. Dibuatnya bendungan air atau Watervang ini bertujuan untuk mengatur arus air agar sampai pada tujuannya yaitu ke sawah-sawah dan kolam-kolam ikan yang ada di Lubuklinggau dan sekitarnya.

Kini Watervang menjadi salah satu tempat wisata di Lubuklinggau. Disini, kamu bisa melihat aliran air yang cukup deras serta seperti melihat miniatur air terjun. Hal ini didapat dari air yang dibendung. Kamu bisa berdiri di dekat percikan air bendungan tersebut lalu mengambil gambarnya seolah seperti sedang di bawah air terjun. Rasakan dingin dan segarnya main air. Seru loh!

 Selain bermain air, terdapat pula sebuah jembatan yang unik. Jembatan gantung yang terpasang di atas bendungan tersebut menjadi alat penghubung bagi warga sekitar ataupun wisatawan yang ingin menyeberang. Jembatan yang bergoyang-goyang menjadi satu tantangan untuk menguji nyali. 

Berani? Silahkan coba…

Dari atas jembatan tersebut, terdapat tontonan aksi lincah anak-anak desa yang melompat dari atas lalu terjun ke aliran air di Watervang. Melompat dari jembatan bergoyang lalu berenang di aliran deras. Anak-anak melakukannya secara bergantian. Asyik sekali melihat aksi mereka. Hal ini juga menjadi daya tarik bagi wisatawan dari kota.

3. Air Terjun Sando

Air Terjun Sando merupakan satu tempat wisata air terjun yang tak kalah menariknya dibanding air terjun lainnya yang ada di Lubuklinggau. Air terjun ini berlokasi di Kelurahan Kayu Ara Kecamatan Lubuklinggau Barat I, Lubuklinggau.

Nama Air Terjun Sando memang belum terlalu dikenal oleh wisatawan. Namun keindahannya dapat memukau para wisatawan yang berkunjung sehingga namanya semakin meluas dan kini telah terkenal.

Pemandangan yang masih alami, serta bebatu yang masih menominasi di area air terjun menjadi ciri khas dari air terjun ini.

Kamu tertarik? silahkan kunjungi

4. Air Terjun Pelegan

Air Terjun Pelegan memiliki ketinggian ± 20 m dan kedalaman tempat air terjunnya ± 12 m yang dikelilingi oleh batu-batuan alam yang cukup tinggi.  Air terjun ini berada di sekitar area perkebunan karet masyarakat Air Temam dan Rahma.

Air Terjun Pelegan berlokasikan di RT 6 Kel. Air Temam, Lubuk Linggau Selatan, Lubuk Linggau, Sumatera Selatan. Wisatawan yang akan mengunjungi obek wisata air terjun ini melalui Kelurahan Air Temam akan melewati sebuah jembatan gantung penghubung yang berada di pangkal jalan masuk objek wisata ini yang di bawahnya terdapat sungai dengan airnya yang cukup jernih. Melalui jalan setapak yang lebarnya ± 1,5 m di tengah perkebunan karet penduduk.

Pengunjung atau wisatawan yang telah melakukan perjalanan kaki yang cukup jauh dan melelahkan akan merasa segar kembali setelah berada di lokasi objek wisata ini karena pemandangan air terjun serta alam sekitarnya yang indah akan memberikan kesejukan tersendiri dan merasa betah untuk tinggal berlama-lama di tempat tersebut.

Bagi pengunjung yang punya hobbi memancing dapat melakukan aktifitasnya dengan tenang sambil duduk-duduk di bawah pohon rindang di tepi Air Terjun Pelegan, konon ceritanya masih banyak ikan-ikan yang besar di tempat itu.

Disamping itu, wisatawan juga dapat menikmati kicauan burung-burung dan suara binatang hutan lainnya yang terdapat di sekitar Air Terjun Pelegan ini.

5. Kampung Warna-warni

Kampung warna-warni pada mulanya adalah sebuah kampung yang biasa-biasa saja.  Dengan ide brilian yang dimiliki beberapa tokoh dan atas dukungan masyarakatnya, disulaplah kampung ini menjadi sebuah kampung yang indah dan menarik.

Rumah-rumah warga terutama yang berada dipinggir jalan di cat dan dilukisi gambar-gambar menarik sehingga sangat indah dipandang. Tempat-tempat untuk pemotretan didesain menarik untuk menyejukkan mata. Indahnya warna-warni kampung ini harus kamu nikmati juga ya saat liburan ke Lubuklinggau.

Kampung warna-warni juga cocok menjadi salah satu tempat pilihan bagi kamu yang memiliki hobi fotografi. Di kampung ini, kamu bisa memilih spot-spot cantik untuk dijadikan lokasi berfoto ria. Tentu buat kamu yang suka selfie dan mengupload foto-fotomu ke medial sosialmu, kampung ini juga tempat hits dan pas bagimu. Bisa viral ni! 

Lokasi kampung warna-warni ini yaitu di …. Lokasi ini berada di tengah kota sehingga mudah untuk kesini. Keindahan kampung warna-warni dapat dinikmati oleh siapa saja tanpa  perlu tiket masuk alias gratis. Ya, wisata murah dan menarik. 

6. Bukit Sulap

Bukit Sulap berada di bagian Selatan kota Lubuklinggau, tepatnya di … . Keindahan bukit dengan pepohonan hijau semakin membuat tempat ini menarik untuk dikunjungi. Tiket masuk yang murah tidak akan memberi beban pada pengunjungi untuk datang kesini.

Dari ketinggian bukit sulap, kamu bisa melihat indahnya kota Lubuklinggau. Gedung-gedung tinggi, rumah warga, sawah, dan lainnya dapat kamu nikmati dari tempat ini.

Di bukit sulap, ada wahana untuk bermain seperti …. ,… , dan lainnya. Kamu dapat menggunakan wahana tersebut tanpa perlu membayar lagi. Selain itu, ada banyak lokasi-lokasi yang cocok untuk take picture agar momen asyik ini bisa diabadikan melalui camera ataupun smartphone canggihmu.

Kamu juga bisa mengajak tim pendakianmu untuk menjelajahi Bukit Sulap. Menapaki tantangan jalur pendakian Bukit Sulap.

Selain dimanfaatkan sebagai tempat wisata, bukit sulap juga digunakan sebagai track untuk balap sepeda gunung. Telah sering perlombaan balap peseda gunung digelar disini.

7. Danau Aur

Danau Aur berada di luar kota Lubuklinggau, tepatnya berlokasikan di ….. . Lokasi tersebut tidak terlalu jauh dari Pusat kota. Hanya sekitar 30 menit waktu yang dibutuhkan untuk sampai ke tempat ini.

Saat tiba di lokasi ini, kamu akan dimintai biaya parkir sekitar Rp. 5.000,- untuk motor dan Rp. 10.000 ,-untuk mobil, sedangkan biaya tiket masuk sekitar Rp. 2.000,- saja di hari normal. 

Disini, kamu bisa menikmati indahnya Danau alami yang telah dikelola sedemikian rupa agar semakin indah untuk dijadikan sebagai tempat wisata.

Untuk mengelilingi Danau Aur, kamu bisa menyewa jasa kapal keliling. Biayanya hanya Rp. 10.000,- saja untuk satu kali keliling. Kamu bisa berfoto-foto di tengah Danau tersebut dengan mengambil background bukit barisan ataupun pepohonan yang ada di sekitar Danau. Keasyikan liburan di tempat ini dapat dilengkapi dengan makan dan minum di warung-warung yang ada disini.

8. Bukit Cogong

Bukit Cogong, berlokasi tidak terlalu jauh dari Danau Aur, dibutuhkan waktu hanya sekitar 20 menit saja. Di Bukit Cogong, kamu bisa menikmati keindahan perbukitan dan bisa melihat ke wilayah sekitar. 

Pendakian harus dilakukan untuk bisa sampai ke lokasi puncak. Setelah sampai, kamu bisa melihat beberapa satwa yang dipelihara seperti burung, ular,  dan lainnya. Selain itu, ada pula tempat bermain seperti ….

8. Danau Gegas

Danau Gegas berada cukup jauh dari Kota Lubuklinggau, sekitar 1 jam perjalanan untuk sampai ke Danau ini. Lokasinya yaitu di ….

Danau Gegas merupakan danau alami yang dijadikan sebagai tempat penampungan air. Danau ini cukup luas sekali sehingga mata kita bisa jauh memandang.

Dulunya, Danau Gegas tidak dikelola sehingga tidak ada wisatawan yang datang ke sini. Namun saat ini, Pemerintah setempat telah mengelolanya untuk dijadikan sebagai tempat wisata sehingga sudah bisa dinikmati keindahannya.

9. Masjid Agung As-salam Lubuklinggau

Masjid Masjid Agung As-salam Lubuklinggau berlokasi di jalan Garuda, Pasar Permiri, Lubuk Linggau Barat II, Ps. Permiri, Lubuk Linggau Bar. II, Kota Lubuklinggau, Sumatera Selatan.


Itulah beberapa tempat wisata di Lubuklinggau dan sekitarnya yang murah dan menarik. Terlebih lagi wisata alam yang mempesona. Liburan di Lubuklinggau cukup berkesan dan akan menjadi liburan tak terlupakan bagimu, keluargamu maupun orang-orang kesayanganmu. Asyiknya berwisata di kota ini, lain waktu kembali lagi ke sini ya…

Setelah puas menikmati keindahan wisata alam di Lubuklinggau, kamu bisa melanjutkan berwisata ke tempat lainnya di kesempatan yang berbeda. Tempat wisata yang tak jauh dari Lubuklinggau seperti Curup, Bengkulu atau berkeliling di kota Palembang.