Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Bogor dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Bogor Puncak, Tempat Wisata di Bogor yang Hits dan Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Tempat Wisata di Bogor yang Murah, Tempat Wisata Unik di Bogor Jawa Barat, Hotel di Dekat Tempat Wisata Bogor, Review Tempat Wisata di Bogor, Tempat Wisata Romantis di Bogor.

Bogor adalah salah satu kota di provinsi Jawa Barat, yang terletak hanya 59 kilimeter dari Daerah Khusus Ibu Kota Jakarta. Tak heran jika banyak masyarakat yang bekerja di Jakarta, yang memilih untuk tinggal di kota yang dikenal dengan julukan Kota Hujan ini. Ya, Bogor memang memiliki curah hujan yang tinggi, sehingga cenderung menyejukkan.

Oleh karenanya, dibandingkan berkutat di Ibukota, banyak orang yang memilih Bogor sebagai tempat melepas lelah. Pada masa kolonial Belanda, kota Bogor ini bahkan dikenal dengan nama Buitenzorgyang mengandung makna aman tentram tanpa kecemasan. Jika Anda ingin merasakan kenyamanan Kota Bogor sebagai destinasi wisata untuk melepas lelah, ada beberapa alternatif yang dapat kami rekomendasikan sebagai berikut.

Bogor Botanical Gardens

Bogor Botanical Gardens atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut Kebun Raya Bogor adalah tempat wisata yang tidak boleh dilewatkan jika Anda ke Bogor. Dikenal sebagai kota yang menjadi pusat pendidikan dan penelitian pertanian nasional, tak heran jika kebun raya ini menjadi ikon kota Bogor. Kebun Raya Bogor ini memiliki luas sekitar 87 hektar dan memiliki sangat banyak koleksi tumbuhan, yakni hingga 15.000 jenis.

Kebun Raya Bogor ini adalah bagian dari hutan buatan yang sudah ada sejak jaman pemerintahan Prabu Siliwangi dari Kerajaan Sunda, pada sekitar tahun 1474-1513. Hutan buatan ini dibangun dalam rangka menjaga kelestarian lingkungan dan menjaga benih kayu langka. Hutan buatan ini sempat terlantar setelah Kerajaan Sunda kalah dari Kesultanan Banten. 

Hingga kemudian pada masa kolonial, tepatnya pada saat pemerintahan Gubernur Jendral Thomas Stamford Raffles yang terkenal memiliki minat yang besar pada dunia botani, membuat kebun besar di areal istana Bogor. Kebun ini mengambil desain serupa taman klasik di Inggris. Hingga kemudian pada tahun 1817, Gubernur Jendral berikutnya yakni van der Capellen meresmikan Kebun Raya yang diberi nama Lands Plantentuin te Buitenzorg dengan mengambil tempat di sekitar Istana Bogor dan wilayah bekas hutan buatan. Kemudian tanaman dari penjuru nusantara pun mulai ditanam di sini hingga koleksinya bisa ada sebanyak yang sekarang.

Jika Anda berniat ke Kebun Raya Bogor, siapkan tiket masuk sebsar Rp 14.000,00 per orang dan jangan lewatkan dua tanaman utama yang menjadi koleksi terunik di tempat ini. Pertama adalah bunga bangkai yang bisa tumbuh hingga 2m dan jika sedang mekar mengeluarkan bau yang sangat tajam. Kedua, ada pohon kelapa sawit tertua di Asia Tenggara yang masih hidup hingga saat ini.

Nah jika Anda bermain ke Kebun Raya Bogor, Anda juga bisa sekaligus mengunjungi pusat-pusat penelitian yang ada di sekitarnya, mulai dari Herbarium Bogoriense, Museum Zoologi Bogor, dan juga PUSTAKA. Di sini juga ada tugu peringatan Reinwardt yang dibangun pada tahun 2006 sebagai pengingat untuk terus melakukan konservasi lingkungan. Tugu ini dibangun oleh Kedutaan Besaf Jerman bersama dengan Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI).

Istana Bogor

Jika Anda pergi dalam rombongan, Anda juga bisa mengunjungi Istana Bogor dengan terlebih dahulu meminta ijin ke Sekretaris Negara. Istana ini adalah salah satu dari enam istana kepresidenan yang dimiliki Republik Indonesia. Walaupun saat ini sudah tidak digunakan sebagai tempat untuk melakukan administrasi negara, aspek historis, budaya dan flora fauna yang berada didalamnya tetap dijaga. Jika Anda berkunjung kemari, Anda dapat melihat rusa asli Nepal yang masih tetap dibiakkan di tempat ini dari pertama kali di bawa ke Indonesia.

Sejak tahun 1870, Istana Bogor digunakan sebagai kediaman Gubernur Jendral Belanda dan Inggris. Tempat ini memang sarat dengan sejarah perjuangan bangsa Indonesia, dari mulai jaman pendudukan Belanda hingga Jepang. Pada tahun 1950 Istana Bogor resmi dijadikan salah satu istana kepresidenan, hingga pada tahun 1968 pada masa pemerintahan Presiden Soeharto tempat ini resmi dibuka untuk umum.

Halaman istana ini adalah Kebun Raya Bogor, yang sejak tahun 1817 dilepas dari wiilayah kerajaan istana agar bisa dioptimalkan sebagai tempat pengembangan ilmu pengetahuan. Istana Bogor ini berdiri di atas tanah seluah 1.5 hektar dengan beberapa bangunan, sebagai berikut: bangunan induk yang digunakan sebagai tempat resmi kenegaraan, upacara dan menyambut tamu, enam buah kamar tidur di sayap kiri sebagai tempat menginap bagi tamu asing negara, empat kamar tidur di sayap kanan yang disiapkan hanya untuk kepala negara yang berkunjung, ruang peristirahatan pribadi bagi presiden dan keluarganya, kantor pribadi presiden, perpustakaan, ruang makan, ruang sidang, dan tempat penerimaan tamu negara. 

Di setiap sudut ruangan terdapat berbagai karya seni berkelas, mulai dari lukisan dari pelukis terkenal di Indonesia dan mancanegara, patung, dan perabotan kayu Jepara. Ada pula hadiah-hadiah kdari negara sahabat seperti lampu Kristal asli Cekoslavakia, koleksi keramik cantik dari Rusia, perhiasan tengkorak dari Thailand, karpet Persia dan marmer dari Italia.

Kampung Budaya Sindang Barang

Ingin tahu budaya asli Bogor? Datanglah ke Kampung Budaya Sindang Barang yang terletak di Desa Pasir Eurih Kecamatan Tamansari Kabupaten Bogor. Kampung Budaya ini hanya berjarak lima kilometer dari pusat kota Bogor. Sindang Barang ini menurut kisah kuno Jawa Barat sudah ada sejak zaman Kerajaan Sunda di Abad ke 12. Jika Anda mampir ke Kampung Budaya SIndang Barang ini Anda dapat melihat peninggalan kerajaan jaman dahulu berupa bukit berundak.

Masyarakat di wilayah Kampung Budaya Sindang Barang ini masih menjaga tradisi turun temurun nenek moyangnya. Setiap tahun sekali di musim panen Anda dapat melihat upacara Seren Taun yang merupakan bentuk syukur masyarakat kepada Tuhan karena telah diberikan keselamatan di Bumi dan atas hasil panen yang melimpah.

Tamu-tamu yang datang juga akan disambut oleh tarian dan gamelan khas Jawa Barat yang dibawakan oleh anak-anak dan remaja. Masyarakat desa ini selalu memberikan pelatihan kesenian gratis bagi anak-anak agar budaya dan tradisi mereka tetap dapat ajeg hingga kini. Anda yang berkunjung juga dapat mengikuti pelatihan seni tari, alat musik dan karawitan dengan instruktur masyarakat asli yang mendalami bidang ini, baik secara jalur formal maupun informal.

Anda juga dapat menginap di wilayah Kampung Budaya Sindang Barang ini. Rumah-rumah dengan arsitektur khas Sunda telah direvitalisasi agar mempertahankan bentuk dan gaya klasiknya sehingga Anda pun disuguhkan kesempatan bermalam di rumah berdinding anyaman bambu yang nyaman. Jadi tunggu apalagi?

Air Terjun Bidadari

Anda penyuka wisata alami yang menantang? Main-mainlah ke air terjun bidadari yang terletak di Sentul, Bogor. Lokasinya sangat eksotis karena dikelilingi oleh Gunung Mas dan Gunung Salak. Air terjun ini dinamai Air Terjun Bidadari karena letaknya yang tersembunyi. Anda bahkan perlu berjalan kaki sejauh 2 kilometer sebelum bisa menikmati keindahannya. 

Ada sebuah legenda masyarakat yang terkenal tentang air terjun ini. Legenda ini mengisahkan tentang seorang pemuda bernama Jaka Tarub yang mengintip para bidadari yang mandi di air terjun ini. Kemudian ia mencuri salah satu selendang dari bidadari yang paling cantik sehingga bidadari tersebut tidak bisa kembali pulang ke kahyangan. Cerita rakyat yang terkenal ini menambah popularitas air terjun yang memang sangat cantik ini. Tak heranlah jika air terjun ini dipercaya sebagai tempat mandinya para bidadari.

Dengan hanya membayar tiket masuk sebesar Rp 30.000,00 saja Anda bisa mengakses air terjun yang mulai jam operasionalnya pada pukul delapan pagi ini. Setelahnya Anda perlu berjalan melintasi area persawahan yang asri, lengkap dengan pemandangan berlatar pegunungan.

Air terjunnya sendiri memiliki ketinggian kurang lebih 50 meter. Air yang turun tidaklah terlalu deras. Di bawah air terjun tersebut juga dibangun kolam dengan ketinggian kurang dari setengah meter yang cocok juga untuk anak-anak dan satu lagi kolam dewasa dengan ketinggian sekitar 1.5 meter. Nah jika Anda seorang wanita dan memutuskan berenang di kolam mini, Anda akan menghidupkan legenda “bidadari” yang mandi di air terjun ini. Hihi. Tapi jangan sampai ada barang Anda yang tertinggal apalagi diambil orang lain ya.

Demikianlah beberapa alternatif tempat wisata murah meriah namun sarat pengalaman yang tidak boleh Anda lewatkan jika berkunjung di Bogor. Mudah-mudahan informasi yang kami sampaikan dapat membuat liburan Anda semakin berkesan.