Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Jakarta dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Jakarta, Tempat Wisata di Jakarta yang Hits dan Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Tempat Wisata di Jakarta yang Murah, Tempat Wisata Unik di Jakarta, Hotel di Dekat Tempat Wisata Jakarta, Review Tempat Wisata di Jakarta, Tempat Wisata Romantis di Jakarta. Tiket Masuk Wisata.

Jakarta, Ibu Kota Republik Indonesia, terkenal akan kepadatan penduduknya. Hiruk Pikuk Jakarta yang disebut-sebut sebagai Kota Metropolitan membuat kota yang menyimpan banyak sejarah perjuangan bangsa Indonesia ini tak pernah mati, nyari dalam dua puluh empat jam. Tapi siapa bilang Anda tidak bisa bersantai di Tanah Betawi ini? Kota besar yang menjadi pusat segala aktivitas pemerintahan dan perekonomian bangsa ini memang dikenal memiliki sentra perbelanjaan dan tempat-tempat yang hits dan kekinian. Namun jangan salah, kota ini pun memiliki banyak destinasi wisata budaya sarat sejarah dan makna yang sayang untuk dilewatkan. Dalam artikel berikut kami akan ulas beberapa tempat wisata di Jakarta yang murah dan menarik bagi liburan berkesan Anda.

Kota Tua Jakarta

Semarakkan liburan Anda dengan tempat bersantai yang menjadi ikon kota Jakarta, Kota Tua. Perpaduan nilai historik dan romantik di tempat yang sama yang dijami akan mewarnai hari Anda bersama dengan orang terkasih. Seperti namanya, destinasi liburan yang terletak di kawasan Jakarta Utara dan Jakarta Barat ini memang menyajikan nuansa yang kuno dengan arsitektur khas Belanda yang menyihir Anda kembali ke masa-masa dimana kompeni masih menduduki Indonesia. Gedungnya bahkan mirip dekali dengan Kerajaan Belanda yang terletak di Amsterdam. Tentunya jika Anda berfoto di depan Kota Tua Jakarta, Anda akan seperti menapaki jalan-jalan di Belanda. Dulu, tempat ini adalah pusat pemerintahan VOC. Tempat seluas 1,3 km2 ini didirikan pada masa pemerintahan Gubernur Jenderal Belanda yang bernama Joan van Hoorn. Selain sebagai tempat pemerintahan, di bagian bawah Gedung VOC ini juga terdapat penjara yang digunakan untuk mengurung pribumi yang melanggar ketentuan VOC. 

Di wilayah Kota Tua ini, Anda akan menemukan beberapa museum yang menyimpan berbagai macam hal menarik. Pertama ada Museum Wayang. Museum ini dulunya adalah sebuah gereja bernama De Oude Hollandsche Kerk. Gedung ini mulai dialihfungsikan sebagai tempat menyimpan koleksi wayang, topeng dan boneka dari seluruh nusantara dan bahkan negara tetangga sejak tahun 1975. Secara rutin dalam periode tertentu, Anda dapat menyaksikan pergelaran wayang di tempat ini.
Kedua, ada Museum Fatahillah. Di sini Anda dapat menemukan berbagai koleksi peninggalan kerajaan Tarumanegara dan Padjajajaran serta temuan-temuan arkeologi yang pernah ditemukan di Jakarta. Selain itu, ada pula Museum Seni Rupa dan Keramik yang memiliki koleksi berbagai keramik dari seluruh wilayah Indonesia. Di tempat ini juga ada peninggalan Kerajaan Majapahit yang dapat memuaskan rasa penasaran Anda pada barang-barang kuno.

Jadi siapkah Anda menikmati Jakarta rasa Batavia? Tunggu apalagi silahkan berkunjung ke Kota Tua Jakarta.

Jembatan Kota Intan

Sudah mampir ke Kota Tua Jakarta, lanjutkan perjalanan Anda menuju Jembatan Kota Intan yang hanya berjarak 0.1 kilometer. Jembatan ini merupakan jembatan tertua di Indonesia yan didirikan pada tahun 1628 ketika Indonesia masih berada pada zaman kolonial Belanda. Jembatan ini memiliki panjang 30 meter dan lebar 4.43 meter dan dibangun sebagai penghubung Benteng Belanda dan Benteng Inggris pada zamannya. Fungsi lain dari jembatan ini adalah untuk mengangkut barang-barang yang turun di pelabuhan Sunda Kelapa.

Jembatan ini menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Beberapa kali pernah rusak akibat berbagai perang yang pernah ada di Jakarta, seperti saat serangan Kerajaan Banten dan Mataram ke Benteng VOC di tahun 1629.

Nama Jembatan Kota Intan sendiri sebenarnya mulai digunakan setelah proklamasi. Nama intan dipilih karena zaman dahulu ada Benteng Batavia Diamond yang artinya Intan yang berdiri dekat dengan Jembatan tersebut. Dulunya, jembatan ini memiliki banyak nama, mulai dari Engelse Burg alias Jembatan Inggris karena dekat dengan benteng pertahanan Inggris. Kemudian pernah juga bernama Het Middelpunt Burg yang dalam Bahasa Indonesia berarti Jembatan Pusat. Jembatan ini juga pernah dinamai sebagai Wilhemina Burg alias Jembatan Ratu Wilhemina dan Ophaalsbrug Juliana alias Jembatan Ratu Juliana karena pernah direnovasi pada masa pemerintahan kedua ratu tersebut.

Jika Anda mengunjungi Jembatan Kota Intan, Anda juga bisa sekaligus berbelanja di sentra perbelanjaan yang berlokasi sangat dekat dengan jembatan ini. Beberapa lokasi belanja yang bisa Anda pilih adalah ITC Mangga Dua, Pecinan Glodok dan Pasar Grosir Asemka.

Setu Babakan, Danau Buatan di Pusat Kota

Pernahkan Anda berpikir bisa menemukan danau di pusat kota yang padat seperti Jakarta? Jangan salah, karena Ibu Kota Indonesia ini memang benar-benar memiliki danau, walaupun sebuah danau buatan yang bernama Setu Babakan. Danau ini dibuat pada masa pemerintahan Gubernur Sutiyoso dan berfungsi sebagai pusat perkampungan Betawi, suku asli Jakarta. Sebagai suku asli Jakarta, seiring perkembangan zaman memang keberadaan suku Betawi ini hampir tenggelam oleh kedatangan pendatang. Untuk itu gubernur Jakarta merasa perlu melakukan upaya pelestarian seni, budaya dan adat Betawi melalui suatu sentra perkampungan asli Betawi.  Di Setu Babakan ini, Anda dapat melihat rumah khas Betawi yang terdiri dari tiga jenis model yakni, Rumah Betawi Gudang, Rumah Betawi Kebaya, dan Rumah Joglo.

Selain itu di Setu Babakan Anda juga dapat menikmati aneka kuliner khas Betawi mulai dari kue apem, kerak telor, bir pletok, nasi uduk, arum manis, toge goreng, rujak bebek, soto Betawi, es potong, es duren, roti buaya, tahu gejrot, dan nasi ulam. Tak ketinggalan pula Anda juga bisa menyaksikan aneka kesenian asli Betawi seperti Lenong dan Tari Topeng. Semua paket lengkap ini bisa Anda dapatkan di satu tempat yang menarik ini. Bahkan Anda juga bisa sekaligus menikmati pemandangan danau buatan dan berkeliling danau dengan menggunakan sampan. Menarik sekali ya!

Taman Bermain Kidzania

Taman bermain Kidzania adalah suatu tempat wisata berkonsep eduwisata, yang merupakan paket lengkap bagi Anda yang ingin mengajak anak berlibur tapi tetap ada unsur belajarnya. Taman bermain yang dibangun pada tahun 2007 ini terletak di Jalan Jendral Sudirman Jakarta dan merupakan taman berkonsep edukasi sambil rekreasi pertama yang ada di Asia Tenggara. Tempat seluas 7500 m2 mampu menampung hingga 1800 orang dan merupakan taman yang sangat tepat bagi anak usia dua hingga enam belas tahun yang ingin mencoba mencari pengalaman lebih dari yang sudah diberikan di sekolah. Prinsip belajar yang diusung oleh taman bermain ini adalah belajar untuk menjadi sesuatu, belajar untuk mengetahui dan mengenal sesuatu, belajar untuk mencipatkan sesuatu, belajar untuk berbagi dengan yang lain, belajar untuk memperhatikan orang maupun makhluk lain, dan belajar sambil bermain dalam suasana yang nyata.

Jika mengunjungi Taman Bermain Kidzania, Anda dan anak akan disuguhkan miniatur kota yang sangat detail mulai dari gedung perkantoran hingga jalan raya. Di kota mini tersebut anak dapat mencoba beragam peranan menjadi profesi yang biasa ditekuni orang dewasa. Tersedia kira-kira 100 profesi yang bisa dilakoni anak-anak. Hal ini sangat menarik untuk memberikan kesempatan kepada anak untuk mencoba mencari tahu ragam profesi yang selama ini hanya bisa dilihat dari jauh. Dengan cara ini anak akan terinspirasi untuk belajar lebih giat sehingga bisa menjadi apa yang mereka cita-citakan.

Di tempat ini juga tersedia spot penggalian bakat terutama untuk seni bagi anak sehingga orang tua bisa memberikan kesempatan lebih pada anak yang memang memiliki kemampuan lebih di bidang-bidang ini. Tidak hanya mencoba menekuni profesi seni dan kantoran, di taman bermain ini anak juga bisa mencoba menjadi seorang ilmuan lengkap dengan alat-alat praktikum sederhana. Bagaimana, apa Anda tertarik mengajak anak untuk bermain sambil belajar di Kidzania? Anda perlu menyiapkan tiket masuk mulai dari Rp 50.000,00 hingga Rp 150.000,00 untuk mengeksplor wahana yang terdapat di dalamnya.

Demikianlah beberapa alternatif lokasi wisata di daerah Ibu Kota Jakarta yang dapat memanjakan akhir pekan Anda bersama keluarga tercinta. Dengan biaya murah dan jarak yang dekat sekali dari lokasi kesibukan Anda selama ini ternyata banyak tempat menarik yang siap memanjakan liburan Anda bersama orang-orang terkasih. Jadi tunggu apalagi, siapkan hari Anda untuk menjelajah Ibu Kota!