Tempat Wisata di Lampung dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Lampung dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata di Lampung Yang Luar Biasa Indahnya, Tempat Wisata Alam di Lampung Terbaru yang Hits, Objek Wisata Terbaik di Bandar Lampung, Tempat Wisata Pantai di Lampung, Tempat menarik di Lampung

Anda sudah pernah menjelajahi pulau besar di bagian barat Indonesia? Ya, Sumatera. Pulau yang terkenal dengan kebudayaan khas Melayu-nya ini memang tak luput dari bidik mata wisatawan yang ingin melihat langsung khasanah budaya Indonesia yang unik dan eksotis. Nah, jika Anda ingin ke Sumatera, cobalah mengkhususkan destinasi wisata Anda ke salah satu provinsinya terlebih dahulu, mengingat ukuran pulau Sumatera yang besar.

Salah satu yang bisa Anda pertimbangkan adalah Lampung. Provinsi yang mulai berdiri sendiri sejak 1964 ini awalnya adalah bagian dari Provinsi Sumatera Selatan. Namun demikian, sejarahnya yang panjang membuatnya memiliki corak budaya dan keadaan alam yang unik yang membuatnya layak pula untuk berdiri sebagai provinsi tersendiri. Penasaran seperti apa liburan yang dapat Anda nikmati jika berkunjung ke kota yang memiliki dua pelabuhan utama, yakni Pelabuhan Panjang dan Pelabuhan Bakauheni ini? Simak ulasan tempat wisata murah dan menarik di Lampung berikut ini.

Way Kambas: Taman Nasional Lampung

Apa yang khas dari Provinsi Lampung? Ya, salah satunya adalah keberadaan tempat pelatihan gajah yang juga dijadikan sebagai taman nasional, yaitu Way Kambas. Lokasinya mengambil tempat dari bekas letusan Gunung Krakatau yang menyebabkan tanahnya subur. Way Kambas merupakan sebuah ekosistem buatan berupa dataran rendah yang memiliki semak belukar, hutan hujan tropis dan daerah rawa air tawar. Habitat ini menyebabkan Way Kambas memiliki berbagai ekosistem yang unik dan dapat digunakan untuk memelihara banyak satwa, tidak hanya gajah tapi juga satwa Sumatera lain yang sudah nyaris langka, seperti juga badak dan harimau Sumatera.

Jika Anda berkunjung ke Way Kambas Anda akan melihat bagaimana gajah-gajah liar dilatih berbagai atraksi menarik. Ya, tempat ini memang ditujukan sebagai tempat pelatihan gajah dan merupakan tempat pelatihan resmi pertama yang ada di Indonesia. Di atas tanah seluas 130.000 hektar ini, gajah-gajah dilatih untuk pertunjukan sirkus dan atraksi lain yang sifatnya menghibur pengunjung namun tidak membahayakan gajah itu sendiri, seperti misalnya bermain bola dan berenang.

Tidak hanya sebagai objek wisata, para wisatawan yang hadir juga menggunakan Way Kambas ini sebagai tempat penelitian. Wisatawan mancanegara sekalipun banyak yang berkunjung kesini untuk mempelajari satwa-satwa khas Sumatera berikut dengan ekosistem buatannya yang menarik untuk diteliti lebih jauh lagi. Jika Anda tertarik untuk mengunjungi tempat wisata yang terletak di Lampung Timur ini, Anda cukup menyediakan uang untuk membayar tiket masuk sebesar Rp 20.000,00 saja. Murah meriah bukan?

Danau Ranau

Tahukah Anda bahwa danau terbesar kedua di Sumatera terletak di Provinsi Lampung? Danau Ranau namanya. Walaupun popularitasnya tidak sebesar Danau Toba di Provinsi Sumatera Utara, kecantikannya tidak kalah kok. Danau yang luasnya kurang lebih 126 km2 dan kedalamannya antara 175 hingga 230 meter ini berada di kawasan perbukitan sehingga memiliki pemandangan yang indah dan pasokan udara yang bersih dan segar.

Secara lokasi, Danau Ranau ini sebenarnya terletak di perbatasan dua buah provinsi, yakni Provinsi Sumatera Selatan khususnya di daerah Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) dan Provinsi Lampung khususnya di daerah Kabupaten Lampung Barat. Danau ini bisa diakses setelah menempuh jarak kurang lebih 4 jam dari Ibu Kota Lampung.

Jika Anda pergi ke Danau Ranau jangan lupa untuk mengambil spot foto berlatar Gunung Seminung dengan pulau yang terletak di tengah-tengah danau, yang bernama Pulau Marisa. Anda juga bisa berkeliling danau dengan menggunakan perahu sewaan yang harganya Rp 300.000,00 saja. Jika berkeliling dengan perahu ini, sebaiknya langsung mampir ke Pulau Marisa untuk berhenti sejenak di pemandian air panas alami yang terletak di sana.

Selain itu karena airnya yang tenang, Anda juga bisa berenang di Danau Ranau ini. Tak jarang Anda akan mendapati anak-anak yang berendam, bermain di atas pelampung atau berenang di tepian danau. Anda juga bisa duduk-duduk bersantai dan menikmati aneka makanan kecil yang dijual masyarakat sekitar. Pengalaman liburan yang adem dan menyenangkan sekali.

Di daerah Danau ini ada beberapa villa dan penginapan yang disediakan bagi wisatawan yang ingin menginap. Harga yang ditawarkan pun terjangkau mulai dari Rp 250.000,00 per malam untuk dua orang. 

Bukit Barisan Selatan

Bukit Barisan adalah jajaran pegunungan Sumatera yang melintas dari Aceh hingga Lampung. Nah, Bukit Barisan Selatan ini adalah Bukit Barisan yang ada di wilayah Lampung. Bukit ini merupakan sebuah taman nasional yang ditetapkan UNESCO sebagai warisan dunia dengan tujuan untuk melindungi hutan hujan tropis yang berada di Sumatera lengkap dengan seluruh kekayaan yang terkandung didalamnya. Sebelum menjadi taman nasional, Bukit Barisan Selatan ini sempat menjadi cagar alam suaka margasatwa dan akhirnya pada tahun 1982 status tersebut diganti menjadi taman nasional dengan luas sekitar 324.000 Ha.

Di Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini terdapat tiga jenis satwa langka khas Sumatera yang keberadaannya dilindungi, yakni gajah, badak dan harimau. Dunia internasional juga telah mengakui tempat ini sebagai tempat pelestarian satwa-satwa tadi karena dipandang memiliki ekosistem yang sangat sesuai.

Selain satwa yang langka dan dilindungi, masih ada banyak lagi hewan yang berada di Bukit Barisan Selatan. Tercatat saat ini terdapat 122 jenis mamalia (di dalamnya terdapat 7 primata), 9 jenis burung rangkong, 123 reptil dan amphibi, 221 jenis serangga, 7 moluska, 2 krustasea dan 53 jenis ikan yang hidup di Taman Nasional ini.

Selain itu juga terdapat aneka flora cantik yang terdiri atas 514 jenis pohon, 126 anggrek, 26 rotan, 24 liana, dan 15 jenis bambu. Dari jumlah tersebut ada 124 jenis yang telah teridentifikasi sebagai tanaman obat. Ada beberapa tumbuhan yang menjadi maskot Taman Nasional Bukit Barisan Selatan ini. Pertama ada bunga bangkai yakni jenis Amorphophallus titanum dan Amorphophallus deculsivae yang tingginya bisa mencapai 2 meter. Selain itu juga terdapat anggrek raksasa yang membuat flora di Bukit Barisan Selatan ini semakin unik.

Pulau Legundi

Bagi Anda pecinta wisata air, Pulau Legundi di Lampung Selatan akan memanjakan mata Anda dan siap membuat Anda kembali fresh setelah liburan. Nama pulau ini memang masih belum seterkenal Pulau Pahawang dan Pulau Kiluan, namun kecantikannya tidak perlu dipertanyakan lagi. Untuk bisa sampai ke Pulau Legundi ini, Anda terlebih dahulu harus datang ke Dermaga Ketapang untuk menyebrang dari Kota Bandar Lampung. Jarak dermaga ini dari pusat kota kurang lebih hanya satu jam perjalanan. Tariff jasa penyebrangan untuk sampai ke Pulau Legundi dibandrol dengan harga sekitar Rp 350.000,00. Dari sana Anda akan diajak menyebrang selama lebih kurang dua jam menyusuri keindahan alami Teluk Lampung dengan airnya yang jernih dan sangat bersih sampai Anda bisa melihat bebatuan, terumbu karang dn biota laut lainnya yang terletak di bawah.

Di tempat ini Anda bisa melakukan snorkelling dan diving karena airnya yang sangat bersih dan tenang. Jika tertarik, banyak jasa penyewaan alat yang dapat Anda temui di sekitar pulau. Anda juga bisa melakukan reservasi awal dengan menghubungi kontak yang disediakan jasa wisata Lampung di internet.

Pulau Sebesi

Masih untuk Anda pecinta travelling outdoor, Lampung menawarkan tempat cantik lagi untuk dijelajahi, yakni Pulau Sebesi. Pulau ini masuk ke dalam wilayah Desa Tejang, Kecamatan Rajabasa, Kabupaten Lampung Selatan, sebelah timur Pulau Legundi. Pulau ini juga merupakan daratan yang paling dekat dengan Gunung Api Krakatau dan terkenal memiliki tanah yang subur setelah letusan Gunung Karakatau di tahun 1883. Pulau ini kemudian dikenal memiliki hasil perkebunan yang melimpah.

Pulau yang berdiri di atas tanah seluas 2.620 hektar ini memberikan kesempatan bagi Anda yang tergila-gila pada langit biru dan matahari terbit maupun tenggelam, inilah tempatnya. Anda akan dibuat terbius akan eksotisme alam asli Indonesia, membuat Anda mampu melupakan segala kepenatan yang menghantui selama ini. Jika Anda ingin mengelilingi pulau, bisa minta jasa pada nelayan sekitar dengan tariff Rp 300.000,00 saja.

Demikianlah beberapa alternatif tempat wisata di Lampung yang layak untuk dicoba. Mudah-mudahan informasi ini dapat memperkaya list liburan Anda bersama dengan orang-orang terkasih. Selamat berlibur!