Tempat Wisata di Lembang dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Lembang Bandung dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata di Lembang dan Sekitarnya, Tempat Wisata di Lembang yang Murah, Tempat Wisata di Bandung Lembang, Tempat Wisata Di Lembang Yang Asyik Buat Liburan, Tempat Wisata Alam di Lembang, Tempat Wisata Kuliner di Lembang, Tempat Wisata Anak dan Keluarga di Lembang yang Murah.

Anda tertarik untuk pergi ke Lembang? Sama sekali bukan keputusan yang mengherankan karena memang Lembang yang merupakan salah satu kecamatan yang berada di Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Indonesia ini terkenal memiliki sangat banyak objek wisata yang tidak hanya menawarkan kecantikan alam tapi juga sarat misteri sehingga banyak dijadikan lokasi penelitian, utamanya untuk pertanian dan peternakan. Lembang adalah dataran tinggi, dengan ketinggian 1312 hingga 2084 meter di atas permukaan laut. Udara dingin sudah pasti siap menjemput Anda yang berkunjung ke sana. Tapi tentu hal tersebut sama sekali bukan masalah karena pesona alamnya akan membius Anda dalam hitungan detik.

Nah bagi Anda yang ingin berkunjung ke Lembang tapi belum tahu destinasi wisata yang tidak boleh dilewatkan, dalam artikel berikut kami akan berikan rekomendasi tempat wisata di lembang dan sekitarnya yang murah dan menarik. Dijamin, liburan Anda akan berkesan dan tidak terlupakan.

Gunung Tangkuban Perahu

Salah satu ikon terkenal Lembang adalah Gunung Tangkuban Perahu, yang juga merupakan tempat tertinggi di salah satu kecamatan di Bandung ini, dengan ketinggian 2084 meter di atas permukaan laut. Apa yang pertama kali terlintas di kepala Anda ketika mendengar nama Gunung Tangkuban Perahu? Ya, legendanya tentu saja. Legenda tanah Sunda yakni kisah Sangkuriang yang mencintai Dayang Sumbi yang ternyata adalah ibu kandungnya sendiri ini merupakan kisah di balik Gunung Tangkuban Perahu yang mendunia.

Secara harfiah, Tangkuban Perahu bermakna perahu yang terbalik. Nama ini sesuai dengan wujud gunung yang memang seperti gunung terbalik apabila dilihat dari kejauhan. Dikisahkan hal ini terjadi karena Sangkuriang yang jatuh cinta pada Dayang Sumbi bermaksud untuk menikahi wanita cantik tersebut. Dayang Sumbi, yang mendapat kemampuan untuk selalu awet muda, belakangan tahu bahwa Sangkuriang adalah putranya sendiri. Ia pun menolak Sangkuriang secara halus dengan cara memintanya membuatkan perahu dalam waktu semalam. Jika berhasil, Dayang Sumbi bersedia untuk dinikahi. Akan tetapi Sangkuriang gagal menyelesaikan tugasnya. Ia pun marah dan membalikkan perahu tersebut sehingga menjadi telungkup. Dalam Bahasa Sunda, telungkup ini disebut tangkuban.

Gunung Tangkuban Perahu ini memiliki banyak kawah yang masih aktif hingga saat ini. Tercatat ada Sembilan kawah aktif di wilayah Tangkuban Perahu, yang meliputi: Kawah Ratu, Kawah Upas, Kawah Domas, Kawah Baru, Kawah Jurig, Kawah Badak, Kawah Jurian, Kawah Siluman dan Kawah Pangguyungan Badak. Kawasan alami ini membuat Gunung Tangkuban Perahu menjadi tempat favorit para wisatawan setiap akhir pekan dan hari libur. Tiket masuknya yang hanya Rp 15.000,00 ini tentunya membuat Anda semakin ingin mampir, bukan?

Pemandian Air Panas Gracia Hotspring Lembang

Lelah beraktivitas sepanjang minggu, tibalah saatnya akhir pekan untuk memanjakan tubuh Anda. Mampir ke air panas Gracia Hotspring Lembang yang berlokasi di Lembang, hanya lima belas menit dari obyek wisata Gunung Tangkuban Perahu. Pemandian air panas ini terletak di area kebun the alami di Ciater, Jawa Barat.

Gracia hotspring ini terdiri dari empat kolam. Tiga kolam diperuntukkan bagi orang dewasa, sementara satu kolam lagi untuk anak-anak. Perbedaan jenis kolam ini membuat liburan Anda bersama keluarga jadi lebih menyenangkan karena anak-anak bisa ikut serta tanpa takut tenggelam. Bagi Anda yang tertarik untuk mengistirahatkan tubuh dan menikmati sensasi pijatan air panas, cukup merogoh kocek sebesar Rp 52.000,00 untuk orang dewasa sebagai tiket masuknya. Selain berendam, Anda juga bisa menginap di villa dengan tawaran kamar mulai dari Rp 1.500.000,00 hingga Rp 7.000.000,00 per malam. Di setiap villa rata-rata berisi dua hingga tiga kamar sehingga sangat tepat untuk Anda yang pergi dalam kelompok maupun bersama keluarga terkasih.

Floating Market Lembang

Floating market alias pasar apung? Pernah dengar sebelumnya? Ya, bukan hanya di Kalimantan, Lembang juga menyiapkan wisata unik dimana pedagang akan menjajakan dagangannya di atas perahu. Di daerah Kalimantan, pasar apung ini biasanya menjual barang-barang kebutuhan sehari-hari layaknya pasar tradisional. Akan tetapi di Bandung, pasar apung ini dimodifikasi menjadi tempat wisata kuliner yang sangat sayang untuk dilewatkan.

Floating Market Lembang ini berlokasi di Jalan Grand Hotel No. 33E, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat ini sehari-hari  buka mulai pukul Sembilan pagi hingga pukul lima sore. Adapun spesial di akhir pekan, pasar kuliner ini buka lebih lama yakni hingga puku; delapan malam dengan waktu mulai yang sama di pagi harinya. Jika Anda tertarik, pertama sekali yang perlu Anda siapkan adalah tiket masuk sebesar Rp 15.000,00 per orang dan dapatkan kesempatan untuk menjelajah lokasi wisata ini bersama keluarga.

Pertama, ada banyak tempat pilihan untuk mencicipi kuliner yang disediakan, mulai dari yang setting persawahan sampai yang dengan konsep resto. Ada berbagai kuliner khas Bandung yang siap memanjakan lidah Anda, mulai dari seblak, surabi, otak-otak, siomay, colenak, tahu lembang, tempe mendoan, nasi timbel, lotek dan karedok. Harga yang ditawarkan tergolong sangat murah, yakni mulai dari lima ribu rupiah saja.

Tak lupa disetiap sudut, ada spot foto beragam yang membuat halaman sosial media Anda menjadi semakin hits. Lokasinya yang berada di tepi danau  buatan, yakni Danau Situ Umar, membuat pengunjung bisa memperoleh kesempatan untuk sekedar merenung atau mengobrol santai ketika lelah berjalan-jalan.

Selain itu, ada pula area bermain anak dimana anak-anak bisa melihat taman miniatur kereta api, tempat fauna dan lokasi memancing keluarga. Belum lagi arena wisata air dimana Anda bisa mencoba beberapa jenis wahana, mulai dari paddle boar, sepeda air, sampan dan kano, dengan harga terjangkau mulau dari dua puluh ribu saja. Anda bahkan bisa mencoba menyebrani danau dalam kelompok dengan biaya seribu rupiah saja per sekali jalan. Dengan beragam spot ini Anda dipastikan tidak akan bosan menghabiskan waktu berharga Anda bersama keluarga di floating market Lembang ini. Bagi Anda yang beragama Islam, tidak perlu khawatir jika waktu sholat tiba karena di lokasi ini sudah tersedia mushola.

Jendela Alam Lembang

Ingin menghadirkan liburan yang tetap mendidik bagi anak Anda? Jendela Alam Lengkap Educational Center jawabannya. Berlokasi di Komplek Graha Puspa, Jalan Sersan Bajuri Km. 4,5, Cihideung, Parongpong, Cihideung, Parongpong, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat, Jendela Alam Lembang ini merupakan tempat wisata bernuansa alami dengan sentuhan teknologi yang dapat membantu anak belajar tentang alam, tradisi dan penggunaan ilmu pengetahuan alam untuk kehidupan bermasyarakat dan perkembangan peradaban.

Tempat ini adalah area rekreasi yang sangat seru untuk Anda dan keluarga. Bagi anak-anak, paket edukasi lengkap yang ditawarkan disiapkan untuk anak dari usia PAUD hingga SMA. Selain bisa mengunjungi dengan keluarga, ada juga paket yang disediakan untuk rombongan sekolah. Paket yang diberikan adalah pertanian dan peternakan, mulai dari bercocok tanam, bertanam bibit, berkebun, beternak, memerah susu, menunggangi kuda, dan memberi makan hewan ternak.

Bahkan, peserta kegiatan juga mendapat kesempatan untuk mencoba membuat biogas, mengolah limbah dan membuat kompos sendiri dari bahan yang telah disediakan. Tidak sampai disana, anak juga bisa belajar tentang hidroponik. bukan hanya belajar teorinya, tapi langsung praktek cara melakukannya. Paket wisata ini tentu sangat cocok untuk wisata edukasi bagi anak sehingga bisa memberikan kesempatan belajar dan menggungah rasa ingin tahu terhadap ilmu pengetahuan dan teknologi.

Selain perkebunan dan peternakan, ada pula paket wisata seni dimana peserta kegiatan dapat mencoba aneka permainan tradisional di dunia, Indonesia, dan khususnya juga permainan khas Sunda.

Tidak hanya anak-anak tapi tentu juga untuk dewasa. Bagi orang dewasa, disedaiakan pula paket outbond maupun sekedar lokasi tracking untuk melihat pemandangan sekitar. Dengan demikian ketika mengantar anak untuk berwisata sambil belajar, orang tua bisa juga tetap menikmati suasana asri yang disajikan wisata Jendela Alam Bandung.

Demikianlah tiga tempat wisata menarik di Lembang yang menawarkan harga murah namun alternatif wisata yang beraneka ragam. Siapa bilang wisata bermanfaat yang menyajikan pemandangan yang cantik harus selalu dibayar dengan harga yang mahal?