Tempat Wisata di Lombok dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Lombok dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Lombok,  Tempat Wisata Romantis di Lombok, Tempat Wisata di Lombok yang Hits dan Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Tempat Wisata Unik di Lombok, Hotel di Dekat Tempat Wisata Lombok, Review Tempat Wisata di Lombok, Tiket Masuk Wisata di Lombok.

Ingin liburan ke tempat yang banyak pantainya tapi sudah puas berkeliling Bali? Yuk geser sedikit tempat wisata Anda ke Provinsi Nusa Tenggara Barat tepatnya di Pulau Lombok. Pulau ini dipisahkan oleh Selat Bali di sisi sebelah Barat yang memisahkannya dengan Pulau Bali, dan Selat Alas di sebelah timur yang memisahkannya dengan Sumbawa.

Secara geografis, Pulau Lombok ini didominasi oleh gunung Rinjani, gunung ketiga tertinggi di Indonesia. Daerah pariwisata di Lombok saat ini memang sedang mengalami peningkatan yang pesat. Tak ayal banyak wisatawan yang memilihnya sebagai destinasi wisata alternatif untuk menghabiskan akhir pekan yang menyenangkan. Dalam artikel berikut kami akan sajikan beberapa tempat wisata murah yang dapat Anda kunjungi jika ingin berlibur di Lombok.

Gili Trawangan

Gili Trawangan adalah sebuah pulau yang bersih, alami, asri dan memiliki keindahan yang membuat decak kagum siapapun yang mengunjungi tak bisa berhenti. Tempat ini disebut-sebut telah mampu menggeser popularitas Pulau Bali yang selama ini menjadi primadona di mata wisatawan domestik maupun mancanegara yang mengunjungi Indonesia. Alasan pertama yang membuat popularitas Gili Trawangan ini meroket jauh adalah karena pantainya yang luar biasa indah dengan air yang berwarna biru dan sangat bersih dengan garis pantai yang berwarna putih. Tak hanya itu, Anda juga akan dimanjakan dengan pasir pantai yang putih bersih dan menghampar sepanjang mata memandang. Belum lagi di pantai ini Anda dapat menikmati matahari terbit dan tenggelam dengan pemandangan yang sama cantiknya. Ini merupakan daya tarik tersendiri karena di beberapa pantai lain umumnya hanya bagus untuk melihat matahari terbit sementara pantai lainnya bagus untuk melihat matahari tenggelam. Hal inilah yang menyebabkan Gili Trawangan semakin terdepan.

Tak hanya itu, tempat ini juga menawarkan fasilitas snorkeling dan diving bagi wisatawan yang gemar melakukan olahraga air dan melihat keindahan biota bawah laut yang memang mampu membius kepenatan setelah bekerja, menggantinya dengan rasa puas atas apa yang dilihat sejauh mata memandang di dalam air. Pantai yang tenang membuat Anda merasa aman dan nyaman untuk menyelam, belum lagi keadaannya yang bersih yang akan membantu Anda menikmati setiap jengkal terumbu karang aneka warna dan ikan-ikan kecil yang pastinya akan dengan segera menghilangkan rasa stress Anda pada rutinitas.

Selain itu Gili Trawangan juga unggul dalam hal memberikan alternatif tempat wisata yang bebas polusi dan kemacetan. Setiap harinya bekerja di kota besar, Anda mungkin sudah muak jika harus berlibur dan mendapati lokasi wisata yang sama pengapnya dengan tempat Anda bekerja. Beruntunglah jika Anda ke Gili Trawangan karena di tempat ini, masyarakat sekitar melarang kendaraan bermotor untuk beroperasi di sekitar pulau. Sebagai gantinya, Anda bisa berkeliling dengan sepeda atau cidomo, sebuah kereta kuda khas Lombok yang bisa memuat hingga enam penumpang.

Kecantikan Gili Trawangan ini juga didukung oleh keberadaan masyarakat yang ramah dan hangat. Tak hanya itu, untuk menikmati banyak fasilitas menarik di pulau ini, Anda tidak harus menguras seluruh tabungan karena harganya yang terjangkau. Anda bisa bermalam di Gili Trawangan dengan biaya per malam sekitar Rp 200.000,00-an saja dan dapatkan pesona eksotisme Gili yang tidak dapat Anda temukan di tempat lainnya.

Gunung Rinjani

Bagi Anda pecinta alam yang suka tantangan, berwisata ke Lombok tentu tidak lengkap rasanya tanpa menjajal kemampuan untuk mendaki Gunung Rinjani. Gunung ini adalah gunung berapi aktif yang terakhir meletus pada tahun 2009 lalu. Gunung ini adalah primadona di kalangan para pecinta gunung karena memiliki keindahan alam yang luar biasa. Misalnya saja bagian danau dari Gunung Rinjani yang disebut dengan Segara Anak. Danau ini memiliki air yang berwarna biru seperti laut. Keindahannya bahkan pernah diabadikan dalam mata uang Indonesia pecahan sepuluh ribu rupiah yang dikeluarkan Bank Indonesia pada tahun 1998. Selain itu juga di tengah Danau Segara Anak terdapat Gunung Batu Jari yang kawahnya mengeluarkan sulfur. Tidak hanya itu, bagi Anda yang suka bersantai di pemandian air panas, bisa sekalian berendam karena di dekat Segara Anak terdapat pemandian air panas alami dengan dinding bebatuan berwarna kecoklatan. Sangat eksotis dan instagrammable. 

Keindahan lain yang dimiliki Gunung Rinjani hingga menjadi favorit bagi para pendaki gunung Indonesia dan manca negara adalah jalur pendakiannya yang berat namun luar biasa cantik dengan hutan hujan pegunungan tinggi dan rendah serta savana yang luas dan kaya akan bunga edelweiss yang disebut-sebut sebagai simbol cinta yang abadi. Tak hanya itu, di Gunung Rinjani Anda juga bisa langsung emlihat goa alami bernama Goa Susu dan Goa Payung Mas. Selain itu di sekitar kawasan pendakian juga terdapat banyak air terjun yang bisa Anda manfaatkan untuk melepas lelah dan penat.

Luar biasa bukan? Nah bagi Anda yang tertarik untuk melakukan pendakian di Gunung Rinjani, harap untuk menaati beberapa peraturan agar semua selalu dalam keadaan selamat. Dikenal sebagai simbol yang sakral dan sarat akan unsur mistis, Gunung Rinjani selain menjadi tempat wisata adalah juga tempat perjalanan spiritual bagi masyarakat sekitar. Oleh karenanya, para pendaki diharapkan untuk tidak berkata-kata kasar, melakukan perbuatan asusila, hubungan intan (walaupun pasangan suami istri yang sah) dan tidak berkeluh kesah karena biasanya yang dikhawatirkan itu justru yang terjadi. Namun jika Anda sudah memiliki tekad dan niat yang bersih untuk mendaki dalam rangka mengagumi kuasa Tuhan Yang Maha Esa, perjalanan Anda tentunya akan lancar jaya sampai kembali lagi ke bawah.

Pantai Kuta

Hah? Ada Pantai Kuta di Lombok? Ya, benar sekali. Walaupun selama ini nama Kuta identik sebagai ikon pariwisata Bali yang menjaring wisatawan mancanegara untuk berlibur sepanjang tahun di Pulau Dewata ini, ternyata Lombok juga punya pantai yang tak kalah indah dan namanya sama: Pantai Kuta. Pantai ini terletak di sebelah selatan Pulau Lombok, tepatnya di Desa Kuta, kecamatan Pujut. Dengan kondisinya yang bersih dan pasir yang putih terhampar luas, Pantai Kuta ini mungkin kondisinya sama seperti Pantai Kuta Bali zaman dahulu, ketika belum banyak wisatawan berlalu lalang dan belum banyak sampah berserakan di sepanjang pantainya.

Di pantai ini terdapat sebuah bukit yang tinggi. Dari bukit ini Anda dapat menyaksikan hamparan luas Pantai Kuta dengan air lautnya yang bening. Anda bahkan dapat melihat terumbu karang yang ada di bawahnya. Bukit ini disebut sebagai Bukit Mandalika. Nama Mandalika konon berasal dari nama seorang puteri bernama Mandalika yang menolak lamaran seorang pangeran yang ingin menikahinya. Saking tidak maunya dinikahi, Puteri Mandalika berlari ke atas bukit dan melompat dari sana. Walaupun memiliki asal usul nama yang cukup tragis, tapi bukit ini memberikan pengalaman berlibur yang jauh dari kata tragis. Coba saja datang pada saat matahari hampir terbenam dan lihat bagaimana semburat warna kuning keemasannya akan menghipnotis Anda seolah tersedot ke peraduan sang mentari.

Selain sebagai tempat bersantai, Pantai Kuta Lombok ini juga tepat bagi Anda yang gemar snorkeling maupun berselancar. Tidak perlu repot karena jika tertarik mencoba salah satu atau keduanya, ada banyak tempat penyewaaan alat snorkeling maupun papan seluncur. Harganya tidak terlalu mahal apalagi jika Anda bisa menawar kepada orang yang memberikan jasa sewa. Salah satu pengalaman yang kami dengar, usahakan menawar harga barang sewaan sampai dengan 30% nya karena harga awal yang diberikan biasanya lebih mahal dari standar yang seharusnya. Selain itu juga, sekedar tips bagi Anda yang ingin berlama-lama di pantai, jangan sampai lupa menggunakan tabir surya agar kesehatan kulit Anda tetap terlindungi. Jangan lup apula untuk selalu melakukan koordinasi dengan penjaga pantai untuk tahu kapan waktu terbaik untuk melakukan snorkeling maupun selencar.

Demikianlah beberapa alternatif tempat wisata yang dapat Anda kunjungi di Lombok. Mudah-mudahan liburan Anda menjadi berkesan. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat wisata kemanapun Anda pergi. Buanglah sampah hanya pada tempatnya, jangan mencoret-coret fasilitas apalagi mengambil peninggalan bersejarah yang berada di lokasi tempat wisata. Jika bukan kita yang menjaga keindahan alami Indonesia, siapa lagi?