Tempat Wisata di Malaysia dan Sekitar yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Malaysia dan Sekitar yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata Luar Negeri di Malaysia dan Sekitar yang Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Mancanegara di Malaysia yang Hits, Tempat Wisata Romantis di Malaysia, Tempat Wisata di Malaysia yang Populer, Destinasi Tempat Wisata di Malaysia yang Asyik untuk Liburan,

Zaman sekarang ini berplesir ke luar negeri bukan lagi hal yang hanya dimiliki oleh kaum borjuis. Dengan sedikit trik berhemat dan tahu bagaimana mencari tempat berlibur yang murah, berpose cantik di Negara tetangga tentu bukan hanya sebatas mimpi. Bagi Anda yang merencanakan liburan ke luar negeri bersama keluarga maupun orang terkasih, coba pertimbangan Malaysia. Tetangga satu rumpun Melayu dengan Indonesia ini dikenal memiliki banyak objek wisata menarik yang tidak menguras kantong masyarakat Indonesia.

Lokasinya yang tergolong dekat dengan Indonesia juga membuat Anda bisa jadi lebih hemat ongkos travel dibandingkan dengan liburan ke benua Eropa maupun Amerika. Nah, mau tahu destinasi wisata yang menarik tapi tetap aman bagi tabungan Anda? Dalam artikel berikut kami rangkum beberapa lokasi liburan yang sangat direkomendasikan untuk dikunjungi di Negeri Jiran.

Menara Kembar

Menara Kembar alias Menara Petronas adalah ikon Negeri Malaysia khususnya Kota Kuala Lumpur, Ibu Kota Malaysia. Menara ini sempat memegang rekor tertinggi di dunia dari tahun 1998 hingga 2004, setelah mengalahkan Menara Willis. Namun rekor ini dilengserkan oleh Menara Taipei 101. Meskipun saat ini menara ini menjadi menara tertinggi kedua di dunia, tapi dari kategori menara kembar, Menara Petronas Malaysia ini masih menjadi yang nomor satu dari segi tinggi dan popularitas. Menara kembar ini adalah karya dari seorang arsitek asal Argentina yang bernama César Pelli. Menara ini dibangun dengan fungsi sebagai gedung perkantoran. Misalnya di Menara Satu digunakan oleh Petronas dan anak-anak perusahaannya, sementara di Menara Dua disewa oleh beberapa perusahaan seperti halnya Hees Cooperation, Al Jazeera, Microsoft dan Shell.

Kedua menara ini mempunyai tangga penghubung di lantai 41 dan 42. Saking tinggi tempat penghubungnya, jembatan ini pun pada akhirnya menjadi jembatan dua lantai tertinggi di dunia. Bagi Anda yang berkunjung ke menara yang bergaya arsitektur Islami ini akan dikenakan biaya tiket dan hanya bisa sampai ke lantai ke 41. Harga tiket yang dikenakan adalah sekitar RM 35.00 untuk anak-anak, RM 85.00 bagi dewasa, dan RM 45.00 bagi lansia yang bukan warga Negara Malaysia. Bagi warga Negara Malaysia sendiri harga tiketnya jauh lebih murah yakni RM 15 dan RM 30 saja. Anda yang tertarik bisa mulai mengantre dari pukul 08.30 pagi hingga 17.00 sore, setiap harinya kecuali hari Senin. Hari Senin digunakan sebagai hari pemeliharaan yang bertujuan untuk menjaga kualitas jembatan agar tetap aman. Untuk soal keamaan sendiri, pihak pengelola memang memasang standar yang tinggi, terutama jalur-jalur evakuasi jika terjadi hal-hal yang tidak diinginkan.

Apabila Anda tertarik datang kemari namun tidak ingin keluar biaya lebih untuk naik ke atas gedung, Anda juga bisa lho mengambil foto dari bawah dan hasilnya tetap luar biasa. Banyak foto pengunjung di sekitar menara kembar yang hasilnya sangat bagus. Di malam hari pun pemandangan yang disajikan tetap sangat menarik karena Menara Petrona Kembar ini dilengkapi dengan banyak lampu.

Goa Batu

Goa Batu alias Batu Caves Malaysia adalah sebuah bukit kapur yang memiliki rangkaian gua dan juga kuil peribadatan bagi umat Hindu. Goa Batu ini terletak di distrik Gombak, Selangor, Malaysia, hanya 13 kilometer dari Kota Kuala Lumpur. Namanya diambil dari nama desa terdekat dimana goa ini berada. Keindahan arsitektur kuil dan daerah perbukitannya menjadikan tempat ini selalu banjir oleh kehadiran wisatawan lokal maupun mancanegara.

Batu kapur yang membangun Batu Caves ini disebut-sebut berusia sekitar 400 tahun. Awalnya bangunan ini didirikan oleh seorang pedagang India bernama K. Thamboosamy Pillai, yang melihat pintu masuk goa yang nampak cocok digunakan sebagai tempat peribadatan. Ia pun membangun sebuah kuil yang ditujukan untuk memuja Dewa Murugan di sana. Untuk sampai ke kuil, dulunya ada tangga kayu yang harus dipanjat para pengunjung yang ingin beribadat. Akan tetapi sejak tahun 1920 tangga ini sudah diganti menjadi tangga beton.

Secara keseluruhan kompleks Goa Batu ini memiliki tiga goa utama dan beberapa goa lain yang ukurannya lebih kecil. Di goa yang paling besar terdapat Goa Katedral yang tingginya 100 meter. Untuk mencapai goa ini pengunjung perlu menaiki tepat 272 anak tangga. Langit-langit dari goa terbesar ini dihias dengan ornament Hindu. Adapaun di goa yang terletak di dasar bukit yakni terdapat Goa Galeri Seni dan Museum Goa. Di tempat ini pengunjung dapat melihat gambar-gambar dan cerita dewa-dewi Hindu yang disajikan dalam bentuk audio visual guide. Di sebelah kiri bukit terdapat satu goa yang disebut Goa Ramayana. Di dinding goa tersebut terukir kisah epik Ramayana yang melegenda.

Hal ikonik yang siap menyambut Anda begitu sampai ke Batu Caves adalah patung Dewa Murugan super besar yang tingginya mencapai 43 meter. Patung ini disebut-sebut sebagai patung Dewa Hindu tertinggi di dunia.

Selain menikmati pemandangan perbukitan yang alami dan wisata religi dengan berbagai ornament dan pahatan kuil yang menawan, di Batu Caves ini Anda juga bisa mendapati aneka flora dan fauna yang unik seperti halnya laba-laba dan kelelawar dan monyet ekor panjang. Bagi Anda yang suka tantangan, ada pula tour yang disediakan untuk mengunjungi Dark Cave alias Goa Gelap yang terletak di bagian bawah Goa Kuil.

Jika Anda ingin berkunjung ke objek wisata cantik ini, Anda perlu ingat untuk tidak menggunakan celana pendek. Namun apabila sudah terlanjur, Anda tetap dapat menyewa kain penutup seharga RM 3 sebelum bisa masuk ke lokasi ini. Maklum tempat ini selain tempat wisata juga merupakan tempat peribadatan jadi perlu dijaga sopan santun untuk masuk ke dalamnya.

Bukit Genting

Pergi ke Malaysia tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi Bukit Genting yang terletak di Bentong, Pahang. Untuk mencapai tempat ini dari Kuala Lumpur Anda perlu naik bus dari terminal sentral sampai nanti tiba di kaki bukit Genting, dengan lama perjalanan antara 45 menit hingga satu jam saja. Sampai di Bukit Genting Anda bisa naik ke Kereta Gantung alias Skyway yang akan membantu Anda melayang melintasi perbukitan selama lebih kurang 15 menit. Harga tiket Bus dan Skyway jika ditotal kirang lebih RM 10 saja. Tiketnya bisa dibeli terpisah, bisa pula sekaligus ketika Anda berangkat dari terminal utama di Kuala Lumpur. Kereta Gantung di Bukit Genting dikenal sebagai yang tercepat dan gondola terpanjang se-Asia Tenggara.

Selain bisa menikmati pemandangan dari atas dan mengambil foto-foto menarik, ada banyak hal yang dapat Anda lakukan di Bukit Genting. Misalnya saja tracking sambil menikmati air mancur, bermain di taman, melihat bintang di malam hari, hingga permainan yang mengguncang adrenalin seperti panjat tebing dan flying fox. Sebagai resort mewah, tempat ini juga menyediakan fasiltas untuk bermain golf dan casino, tentunya dengan biaya yang berbeda.

Wihara Kek Lo Si

Walaupun mayoritas penduduk Malaysia beragama Islam, namun berbagai tempat peribadatan penganut agama lain tak kalah populernya di Negara ini, bahkan dibuka sebagai objek wisata yang banjir pengunjung setiap tahunnya. Salah satunya adala Kek Lo Si, sebuah wihara peribadatan umat Buddha yang terletak di Air Hitam, Penang. Wihara ini didirikan oleh Beow Lean, seorang kepala wihara Kuil Dewi Welas Asih, yang kemudian mendirikan Kek Lo Si dengan gaya arsitektur campuran dari Tionghoa, Thailand dan Burma. Nama Kek Lo Si ini bermakna wihara surgawi. Tentu tak main-main indahnya tempat ini karena pemandangannya langsung menghadap laut. Belum lagi bentuk pagodanya yang tidak hanya besar naumn juga sangat detail. Bangunan ikonik dari wihara ini adalah Pagoda Rama IV yang merupakan nama lain dari Pagoda Sepuluh Ribu Buddha. Pagoda ini memiliki tujuh tingkat dan benar-benar ada sepuluh ribu patung Buddha yang dibangun dari bahan yang beragam dari mulai batu pualam dan perunggu. Di tempat ini juga terdapat patung Dewi Welas Asih yang tingginya mencapai 302 meter.

Demikianlah beberapa objek wisata menarik yang terletak di Malaysia. Untuk Anda yang ingin berlibur ke Negara tetangga satu ini namun tidak fasih berbahasa Inggris tak usah khawatir karena Bahasa Melayu kurang lebih serumpun dengan Bahasa Indonesia. Jadi tunggu apalagi, kemas koper dan ransel Anda dan mari berburu wisata menarik di Negeri Nasi Lemak ini.