Tempat Wisata di Medan dan Sekitar yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Medan dan Sekitar yang Murah dan Menarik --  Tempat Wisata di Medan dan Sekitar yang Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Romantis di Medan, Tempat Wisata Anak di Medan, Tempat Wisata Alam dan Kuliner di Medan yang Hits, Tempat Wisata di Medan yang Populer, Tempat Wisata di Medan yang Asyik untuk Liburan, Tempat Wisata Terpopuler di Medan.

Tahukah Anda kota terbesar di Pulau Sumatera? Ternyata jawaban adalah Kota Medan, Ibu Kota Provinsi Sumatera Utara. Pada zaman Kerajaan Melayu, Kota Medan ini adalah pusat pemerintahan Kesultanan Deli. Kota ini dikenal sebagai  suatu daerah yang multietnis yang memiliki beragam budaya dan agama. Kota ini memiliki 21 kecamatan dan 151 kelurahan dengan total luas 26.510 ha. Nah selain kota besar yang heterogen, Kota yang merayakan hari jadi setiap tanggal 1 Juli ini memiliki beragam tempat wisata yang menarik yang layak untuk dikunjungi. Dalam artikel berikut kami sajikan beberapa diantara tempat wisata di Medan yang kami rekomendasikan untuk Anda.

Kerajaan Maimun

Untuk Anda pecinta sejarah kerajaan di Indonesia, datanglah ke Istana Kerajaan Maimun, peninggalan Kerajaan Melayu Deli yang terletak di Kelurahan Sukaraja kecamatan Medan Maimun jalan Brigjen Katamso Kota Medan Sumatera Utara. Kerajaan ini dibangun pada masa pemerintahan Maimoen Al Rasyid Perkasa Alamsyah tahun 1881 dan baru selesai tiga tahun setelahnya. Istana ini berdiri di atas tanah seluas 2.772 meter persegi dengan gaya arsitektur khas Eropa. Ada tiga bagian dari istana ini, yaitu ruang utama yang disebut dengan Balairung Sri, sayap kanan dan sayap kiri. Ruang utama digunakan untuk acara adat kerajaan dan menerima tamu penting. Di bangunan ini terdapat banyak koleksi peninggalan kerajaan di masa lalu.

Air Terjun Sipiso-piso

Air terjun Sipiso-piso adalah air terjun tertinggi di Indonesia dengan ketinggian mencapai 120 meter. Air terjun ini bermakna pisau yang tajam karena ketinggian dan deras air yang mengalir dari sana. Air terjun Sipiso-piso ini terletak di Desa Tongging, Kecamatan Merek, Kabupaten Karo, Propinsi Sumatera Utara. Air yang keluar dari air terjun ini berasal dari Sungai Pajanabolan dan mengalir sampai ke Danau Toba. Air terjun ini memiliki pemandangan yang menakjubkan dan udara yang luar biasa segar karena dikelilingi oleh hutan pinus. Dari sana, Anda juga dapat melihat Danau Toba dan Pulau Samosir. Untuk mencapai dasar air terjun, Anda memerlukan waktu yang cukup panjang, sekitar 45 meni. Oleh karenanya, pastikan Anda dalam kondisi sehat dan siap untuk menempuh perjalanan ini ya.

Rumah Tjong A Fie

Rumah Tjong A Fie atau yang dikenal pula dengan nama Tjong A Fie Mansion adalah rumah kuno berasitektur peranakan Cina milik seorang banker, pedagang dan sekaligus kapitan Tiongkok bernama Tjong A Fie yang hidup antara tahun 1860 - 1921. Rumah dua lantai ini berlokasi di Jalan Ahmad Yani di Kesawan, Medan, Sumatera Utara. Sampai sekarang rumah ini masih menjadi milik keturunan Tjong A Fie, hanya saja sejak tahun 2009 sebagian rumahnya diperbolehkan untuk dikunjungi oleh umum, sebagai museum. Di rumah ini Anda dapat melihat kehidupan sang taipan di masa hidupnya melalui foto, perabot dan dekorasi yang ada di rumah ini.

Rumah Tjong A Fie sangat terkenal dengan dekorasi mewahnya yang memadukan antara gaya Melayu dan Cina. Tjong A Fie adalah orang yang sangat berpengaruh di Medan. Tak hanya karena ia mantan pemimpin etnis Tionghoa di Medan pada zaman kolonial Belanda, tapi karena peranannya yang besar dalam pembangunan berbagai rumah ibadah di Ibu Kota Sumatera Utara ini. Tercatat bahwa pembangunan Masjid Raya Al-Mashum, Gereja Uskup, Kuil Budha dan Kuil Hindu di Medan tak lepas dari campur tangannya. Sebelum menghembuskan napas terakhirnya, ia juga menyerahkan hartanya untuk Yayasan Toen Moek Tong yang bertujuan untuk membantu biaya pendidikan bagi anak yang kurang mampu dan bantuan bagi anak-anak berkebutuhan khusus tanpa memandang latar belakang etnis, agama dan status sosial.

Graha Maria Annai Velangkanni

Pernah melihat Gereja Katolik dengan arsitektur Kuil India? Di Bali mungkin Anda melihat gereja dengan pahatan ala Pura Hindu Bali, tapi ternyata Medan juga punya yang tidak kalah cantik lho. Namanya Graha Maria Annai Velangkanni, yang terletak di Jalan Sakura III Nomor 7-10, Perumahan Taman Sakura Indah, Tanjung Selamat, Medan, Sumatera Utara. Tempat ibadah satu ini memiliki arsitektur yang sangat mirip dengan tempat peribadatan umat Hindu, khususnya kuil Hindu di India, akan tetapi di puncak menara terdapat simbol salib. Gereja cantik ini merupakan rumah ibadah bagi umat Katolik keturunan Tamil India di Medan. Gereja model Kuil Hindu India ini disebut-sebut sebagai satu-satunya di Indonesia. Desain gerejanya bergaya Indo-Mogul di bagian depan, tapi begitu masuk Anda tidak akan menemukan patung dewa-dewi khas Hindu melainkan tempat peribadatan umat Katolik dengan kursi-kursi panjang yang tertata rapid an ornament pendukungnya. Meskipun tempat ibadat ini kebanyakan digunakan oleh keturunan etnis Tamil, tapi tempat ini terbuka untuk umum dan siapapun yang ingin beribadat diperbolehkan. Jika Anda ingin berkunjung untuk sebatas mengambil foto dan melihat-lihat kecantikan bangunannya, Anda juga tidak dipungut biaya sepeserpun, asal sama-sama saling menghormati orang lain yang sedang beribadah.

Rahmat International Wildlife Museum & Gallery

Galeri Rahmat atau yang nama resminya adalah Rahmat International Wildlife Museum & Gallery ini berlokasi di Jalan Letjend S. Parman No. 309, Medan Baru, Petisah Hulu, Medan Baru, Kota Medan, Sumatera Utara. Galeri yang dibangun sejak 1999 ini merupakan museum satwa pertama di Asia Tenggara milik seorang kolektor satwa bernama Rahmat Syah, seorang pemburu professional yang juga ayah dari artis Indonesia, Raline Syah. Pemilik galeri ini juga merupakan orang Indonesia pertama yang menerima penghargaan internasional seperti World Hunting Awards.

Di tempat ini Anda dapat menemukan 2000 koleksi satwa yang diawetkan. Koleksi pengawetan ini diperoleh dari hewan yang sudah mati, hasil buruan yang berijin dan sumbangan dari lembaga maupun kolega untuk kepentingan penelitian dan pengembangan olmu pengetahuan. Museum ini memiliki koleksi yang terbilang lengkap, baik itu yang berasal dari seluruh penjuru nusantara maupun juga mancanagera. Penataan koleksi satwa ini dilakukan dengan sangat artistik dengan dinding yang dihias sesuai dengan habitat asli hewan tersebut.

Dengan tiket masuk yang hanya sebesar Rp 32.000,00 saja ini, Anda dapat melihat koleksi aneka satwa dan juga mendengarkan panduan terkait dengan satwa-satwa tersebut. Tempat ini sangat cocok untuk Anda dan anak-anak.

Masjid Agung Medan

Mau wisata religi yang apik dan arsitektur yang cantik? Datanglah ke Masjid Agung Medan, yang merupakan masjid tertinggi ketiga di dunia yang memiliki menara setinggi 199 meter. Masjid yang didominasi dengan warna putih dan hijau ini terletak di  Jalan Pangeran Diponegoro, Madras Hulu, Medan Polonia, Kota Medan, Sumatera Utara. Pembanginan Masjid Agung ini memang belum selesai sepenuhnya dan dijadwalkan akan selesai tahun 2018 nanti. Kita doakan agar masjid cantik ini segera selesai pembangunannya ya.

The Le Hu Garden

Mau spot foto cantik di pinggiran kota Medan sambil bersantai dengan keluarga? Mampir-mampir dulu ke The Le Hu Garden yang berlokasi di Jalan Pendidikan, Deli Tua Barat, Deli Tua, Deli Tua Bar., Deli Tua, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara. Taman ini sebenarnya adalah kebun pribadi keluarga yang sekali dua kali digunakan sebagai tempat pesat kebun atau barbeque. Akhirnya sang pemilik membuka aksesnya untuk umum dan semakin banyak spot pendukung yang disulap menjadi sebuah taman cantik untuk melepas lelah dan mengambil foto liburan. Biaya masuk yang dikenakan sangat murah, yakni Rp 10.000,00 saja yang sudah termasuk biaya parkir. Di tempat ini juga ada kolam pancing. Pengunjung boleh memancing dengan gratis, hanya saja apabila mendapat ikan akan dikenakan biaya 40 ribu per kilogram ikan yang diperoleh. Tak hanya taman dan kolam pancing, di tempat ini juga disediakan restaurant bagi Anda yang ingin berwisata kuliner dengan paket yang cukup murah, mulai dari Rp 20.000,00 saja.

Demikianlah beberapa lokasi wisata yang terletak di Kota Medan dan sekitarnya yang pastinya sangat sayang untuk dilewatkan. Aneka lokasi alami maupun adat budaya yang ditawarkan pastinya mampu memberikan keceriaan bagi akhir pekan Anda bersama dengan orang terkasih. Paket wisata murah meriah memikat hati, Medan jawabannya.