Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Semarang dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Wisata Alam dan Wisata Kuliner di Semarang, Tempat Wisata di Semarang yang Hits dan Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Tempat Wisata Unik di Semarang, Hotel di Dekat Tempat Wisata Semarang, Review Tempat Wisata di Semarang, Tempat Wisata Romantis di Semarang. Tiket Masuk Wisata di Semarang.

Sedang merencakan liburan ke kota yang tenang sehingga bisa merilekskan pikiran yang kacau balau setelah lelah bekerja? Coba ke Semarang. Ibu Kota Provinsi Jawa Tengah ini merupakan tempat tujuan wisata menarik bagi Anda yang ingin keluar sejenak dari rutinitas. Kota yang terkenal akan Lumpia Semarang nya ini memiliki banyak objek wisata yang menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Dalam artikel berikut kami akan berikan beberapa alternatif wisata yang dapat Anda pertimbangkan jika pergi ke Semarang.

Brown Canyon Semarang

Anda pernah dengar kemegahan Grand Canyon di Amerika? Yap, Indonesia punya tandingannya di Semarang yang dikenal dengan nama Brown Canyon. Tempat ini terletak di daerah Rowosari, Meteseh, Tembalang, Semarang. Sebenarnya Brown Canyon ini dulunya adalah perbukitan biasa, akan tetapi karena sering aktivitas penambangan, akhirnya terbentuklah seperti yang bisa dinikmati saat ini. Jika Anda ingin menjelajah Brown Canyon, sebaiknya menggunakan sepeda motor atau bersepeda. Jangan lupa pula untuk menggunakan kacamata, helm dan masker sehingga perjalanan Anda akan lebih aman.

Air Terjun Kali Pancur

Masih untuk Anda yang gemar wisata alam, mari mampir ke Air Terjun Kali Pancur yang terletak di Desa Nogosaren, Kecamatan Getasan, Kabupaten Semarang. Air terjun ini terletak diantara lereng gunung Telomoyo dan Gunung Merbabu sehingga sambil menikmati keindahan air terjun alami Anda juga bisa berfoto dengan latar pegunungan yang pastinya sangat cantik. Tempat wisata ini sangat cocok bagi Anda yang gemar tracking karena di lokasi ini Anda perlu menaiki sejumlah anak tangga yang cukup panjang sebelum bisa menikmati pemandangan air terjun setinggi 150 meter ini.

Kelenteng Sam Poo Kong

Bagi Anda penggemar wisata budaya, kelenteng Sam Poo Kong yang terletak di Jalan Simongan Raya No. 129 ini adalah destinasi wisata wajib di Semarang. Bangunan yang dibangun untuk mengenang Laksamana Cheng Ho yang berlabuh di Jawa ini memiliki empat kelenteng yang bisa dikunjungi, meliputi Kelenteng Dewa Bumi, Kelenteng Juru Mudi, Kelenteng Sam Poo Tay Djien, dan Kelenteng Kyai Jangkar. Masing-masing kelenteng digunakan sebagai tempat peribadatan bagi para penganut Kong Hu Cu dan Taoisme. Pengunjung diizinkan mengambil foto kelenteng asal tidak mengganggu umat yang sedang beribadat.

Arsitektur Kelenteng Sam Poo Kong ini memiliki ciri khas bangunan khas Cina  yang akan membuat Anda betah mengambil banyak foto di lokasi ini. 

Lawang Sewu

Anda yang penggemar film horror pasti sudah tidak asing lagi dengan nama Lawang Sewu. Nah lokasi Lawang Sewu ini adalah di Komplek Tugu Muda, Jalan Pemuda, Sekayu, Semarang Tengah. Lawang Sewu sendiri berarti Seribu Pintu dan nama ini diberikan karena memang bentuknya yang memiliki sangat banyak pintu, walaupun jumlah asli pintunya hanya 342 buah, bukannya seribu. Sebenarnya kalau dilihat lagi, yang disebut dengan pintu tadi bukanlah asli pintu melainkan jendela berukuran sangat lebar sehingga disebut dengan pintu oleh masyarakat. Bangunannya bergaya arsitektur kuno jaman Belanda dan memang dibangun pada masa kolonial, sekitar tahun 1904. Tempat ini dulunya adalah perusahaan kereta api milik Belanda. Akan tetapi sama halnya dengan sebagian besar bangunan pemerintahan Belanda zaman dulu, salah satu bagian gedung ini juga dulunya adalah penjara. Tak ayal jika berbagai cerita mistis berkembang di gedung tua ini. Meskipun begitu, kecantikan arsitekturnya pasti sanggu[ membius mata Anda untuk berlama-lama di lokasi ini.

Goa Kreo

Bagi Anda penyuka wisata alami sekaligus wisata religi, cobalah untuk menyambangi Goa Kreo yang terletak di Kelurahan Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang. Goa ini merupakan goa asli alias yang terbentuk secara alami dan terletak di tengah-tengah Waduk Jatibarang yang membendung Kali Kreo. Tempat ini konon digunakan sebagai tempat bertapa oleh Sunan Kalijaga, tokoh walisongo yang menyebarkan agama Islam di Indonesia. Di lokasi ini Anda akan melihat banyak monyet ekor panjang. Bahkan menurut kepercayaan masyarakat sampai saat ini ada tiga monyet ekor panjang gaib yang merupakan anak buah Sunan Kalijaga yang bertugas untuk menjaga hutan.

Museum Ronggowarsito

Semarang dikenal sebagai kota tua yang kaya akan peninggalan barang-barang budaya. Salah satu tempat penyimpanan koleksinya adalah di Museum Ronggowarsito yang terletak di Jalan Abdul Rahman Saleh No. 1 Kalibanteng Kulon Semarang. Bangunan ini memiliki empat buah gedung. Gedung pertama digunakan untuk menyimpan barang peninggalan yang bersifat geologi dan geografi. Gedung kedua berisi kerajinan jaman kerajaan dari mulai Hindu Buddha, hingga kerajaan Islam. Gedung ketiga berisi peninggalan barang-barang jaman perjuangan untuk merebut kemerdekaan. Terakhir di Gedung keempat, terdapat benda-benda seni asli Jawa.

Dome Church Blenduk

Dome Church alias Gereja Blenduk ini adalah bangunan ikonik khas Kota Lama yang dibangun pada tahun 1753. Gereja ini berlokasi Jalan Letjend Suprapto No 32 Kota Lama Semarang dan saat ini memiliki nama resmi Gereja GPIB Immanuel. Gereja ini masih digunakan sebagai tempat peribadatan setiap hari Minggu. Akan tetapi karena kecantikan arsitekturnya, banyak wisatawan yang datang untuk mengambil gambar. Tempat ini juga merupakan spot pemotretan untuk pre wedding yang populer di Kota Semarang. Walaupun sudah direnovasi sebanyak tiga kali, bentuk aslinya yang bergaya Eropa klasik tidaklah dihilangkan untuk memberikan ciri kepada gereja tua ini.

Tugu Muda

Semarang juga memiliki sebuah monumen perjuangan yang disebut dengan Tugu Muda yang dipergunakan untuk mengenang jasa para pahlawan yang gugur dalam Pertempuran Lima Hari di Semarang. Tugu Muda ini menggambarkan bagaimana jiwa nasionalisme warga semarang yang gigih mempertahankan kemerdekaan Indonesia. Tugu ini berbentuk seperti lilin dengan tig abagian utama: landasan, badan dan kepala. Di bagian landasan terdapat lima pilar yang memiliki relief yang menceritakan kehidupan bangsa Indonesia pada zaman penjajahan, kemudian bagaimana masyaratakat Indonesia bertempur dan menyerang untuk dapat merebut dan mempertahankan kemerdekaan, bagaimana korban-korban yang mengorbankan hidupnya bagi keutuhan Negara dan bagaimana kemenangan yang akhirnya berhasil direbut dari tangan penjajah.

Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong

Di Semarang juga terdapat sebuah pagoda bernama Pagoda Avalokitesvara Buddhagaya Watugong yang merupakan pagoda tertinggi di Indonesia. Tempat beribadat umat Budha ini terletak di Jalan Perintis Kemerdekaan, tepatnya di depan Markas Kodam IV Diponegoro, Watugong, Semarang. Pagoda ini memiliki tujuh tingkatan dengan desain menyempit dan keseluruhan tinggi 45 meter. Oleh karena itulah ia dinobatkan sebagai pagoda tertinggi. Di dalam pagoda ini terdapat patung Dewi Kwan In yang merupakan Dewi Cinta Ksih. Oleh karenanya, Pagoda Avalokitesvara sering juga disebut sebagai Pagoda Dewi Kwan In.

Air Terjun Umbul Songo Kopeng

Masih untuk Anda yang gemar wisata alami, Semarang menyimpan kecantikan air terjun untuk Anda. Kali ini di daerah Kopeng, Getasan, Semarang. Air Terjun Umbal Songo ini menagndung makna sembilan mata air. Air terjun ini ditemukan oleh wali songo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa yang berdoa agar diberikan kemudahan mencari air untuk berwudhu. Atas izin Tuhan, muncullah sumber air yang mengeluarkan debit yang cukup besar yang kemudian diberi nama Air Terjun Umbal Songo ini. Air terjun ini diapit oleh dua buah gunung yakni gunung Telemoyo dan gunung Merbabu. Dinding-dinding di sekitarnya masing sangat alami sehingga Anda bisa merasakan keindahan gunung di sekitarnya plus deburan suara air terjun yang menyejukkan jiwa raga. Air terjun ini berada pada ketinggian 15 meter. Airnya dikenal tidak pernah kering bahkan ketika musim kemarau sekalipun. Keindahan alam dan cerita asal muasalnya yang melegenda ini menyebabkan air terjun Umbul Songo Kopeng adalah salah satu destinasi wisata yang tidak boleh tidak masuk dalam list berlibur Anda bersama keluarga terkasih. Terlebih lagi fasilitas parkir yang disediakan juga besar. Anda juga bisa berlama-lama di sana karena terdapat fasilitas tambahan seperti halnya toilet dan mushalla.

Demikianlah beberapa alternatif tempat wisata di daerah Semarang yang murah meriah namun tetap berkesa untuk liburan Anda. Singkirkan sejenak hiruk  pikuk Anda dengan pekerjaan yang mengekang, Semarang dan keindahan yang ada didalamnya siap menemani akhir pekan Anda bersama dengan orang-orang terkasih. Selamat berlibur!