Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Surabaya dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata di Surabaya yang Harus Dikunjungi, Tempat Wisata di Surabaya yang Paling Hits, Daftar Lengkap Tempat Wisata di Surabaya, Tempat Wisata Hunting di Surabaya, Tempat Wisata Alam di Surabaya

Apa yang pertama kali terlintas di benak Anda ketika mendengar nama Surabaya? Apakah julukannya sebagai Kota Pahlawan? Apakah sebutan masyarakatnya yang dikenal sebagai arek Suroboyo? Apakah sentra bisnisnya yang terkenal maju? Ataukah nama metropolitan yang disematkan padanya? Atau tempat wisata yang beraneka ragam dan didukung dengan kuliner menggoyang lidah yang ingin Anda ingin datang dan datang lagi kesana? Persis seperti lagu karya Titik Hamzah yang populer dengan liriknya: Surabaya, Surabaya, oh Surabaya … kota kenangan, kota kenangan … takkan terlupa …

Jadi sebenarnya apa sih yang membuat Kota Surabaya ini menjadi kota tak terlupakan? Simak artikel berikut dan temukan tempat wisata menarik di Surabaya yang pastinya akan berkesan di hati Anda selamanya.

Gunung Bromo

Gunung Bromo adalah gunung berapi aktif di daerah Jawa Timur yang terkenal akan kecantikannya dan membuat orang berbondong-bondong untuk mendaki kesana. Namanya diambil dari nama salah satu Dewa Tri Murti dalam agama Hindu, yakni Dewa Brahma yang dikenal sebagai representasi Sang Pencipta. Gunung yang memiliki ketinggian 2.329 meter di atas permukaan laut ini walaupun masih tercatat sebagai gunung api aktif, tapi sudah masuk ke dalam kawasan wisata, bahkan masuk ke daerah Taman Nasional Bromo Tengger Semeru. Gunung Bromo ini terdiri atas lembah dan ngarai dengan lautan pasir seluas 10 km2, tak heran jika para pendaki Gunung Bromo biasanya menggunakan masker dan kacamata untuk melindungi wajah, mulut dan hidung dari pasir.

Bagi masyarakat Suku Tengger, Gunung Bromo adalah gunung yang suci dan karenanya setiap tahun sekali akan diselenggarakan sebuah upacara Kasodo yang dilangsungkan tiap bulan purnama Kasodo menurut penanggalan Jawa kuno. Upacara ini dilakukan di Pura yang terletak di kaki gunung dan dilanjutkan sampai ke puncak Gunung Bromo.

Wisata khas Gunung Bromo adalah keindahan gunung pasirnya yang luas. Selain itu alam pegungungan yang sejuk akan membuat wisatawan merasa nyaman untuk beralam-lama di sana. Belum lagi keberadaan rerumputan yang membuat foto Anda menjadi semakin beragam. Waktu paling popular untuk mengunjungi Gunung Bromo ini adalah pagi hari ketik amatahari terbit atau sore hari untuk melihat matahari terbena, karena memang pergerakan matahari tersebut akan terlihat sangat jelas dari puncak Gunung Bromo.

Museum 10 Nopember

Hari Pahlawan yang jatuh pada tanggal 10 Nopember memiliki nilai historis yang tinggi bagi masyarakat Surabaya. Bagaimana tidak, di tanggal itu masih jelas terngiang kata-kata Bung Tomo, “Saudara-saudara rakyat Surabaya, siaplah! keadaan genting! Tetapi saya peringatkan sekali lagi, jangan mulai menembak, baru kalau kita ditembak maka kita akan ganti menyerang mereka itu, kita tunjukkan bahwa kita ini benar-benar orang yang ingin merdeka...” yang dengan gagah berani merespons ultimatum sekutu yang ingin membumihanguskan Kota Surabaya. Tak gentar, arek-arek Suroboyo menyongsong musuh yang datang.

Suasana patriotik yang mendebarkan jantung siapapun yang mendengar ceritanya ini ternyata masih bisa dijumpai di jantung kota Surabaya, tepatnya diantara Jalan Pahlawan, Jalan Tembakan, dan Jalan Bubutan, dimana Museum 10 Nopember ini berdiri. Suara asli Bung Tomo masih bisa diperdengarkan di areal ini, membuat siapa saja yang ingin menyerah pada persaingan di era globalisasi ini mungkin akan berpikir dua kali. Pahlawan yang telah mengorbankan segala yang mereka miliki bagi kemerdekaan bangsa ini, tentu tak pantas dibalas dengan rasa bermalas-malasan dan keengganan untuk berjuang mendaulatkan kemerdekaan bangsa hari ini.

Di area depan museum, pengunjung akan melihat sambutan patung Bapak Proklamator Indonesia, Ir. Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, yang berdiri di antara reruntuhan bangunan dan pilar-pilar kokoh yang berisi coretan gambaran perjuangan bangsa. Di dalam museum sendiri terdapat banyak diorama, audio visual dan auditorium yang diperuntukkan untuk menonton kembali kilas balik perjuangan bangsa Indonesia, terutama kisah pertempuran 10 Nopember. Di tempat ini juga dapat dijumpai berbagai foto, koleksi senjata, seragam tentara, surat-surat lama dan potongan-potongan sejarah dengan suara asli, seperti milik Bung Tomo yang disebutkan di awal. Museum ini buka dari hari Minggu hingga Jumat, sedangkan Sabtu dan hari libur nasional tempat ini tidak beroperasi. Harga tiket masuknya sangat murah yakni Rp 2.000,00 saja. Tempat ini sangat bagus untuk dikunjungi bersama keluarga, khususnya anak-anak untuk menanamkan semangat nasionalisme mereka kepada keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Bonbin Surabaya

Tahukah Anda bahwa kebun binatang terbesar di Asia Tenggara terletak di Indonesia dan khususnya lagi di Surabaya? Ya, Bonbin alias Kebun Binatang Surabaya yang terletak di Jalan Setail No. 1 Surabaya ini adalah tempat berakhir pekan yang menghibur sekaligus mendidik bagi para pengunjungnya. Di tempat ini terdapat kurang lebih 351 spesies dengan total kurang lebih 2000 hewan yang beraneka ragam. Banyak diantaranya yang merupakan hewan asli Indonesia yang terancam punah, misalnya burung jalak bali dan harimau sumatera.

Hewan-hewan tersebut dikandangi sesuai dengan kategorinya masing-masing. Di bagian belakang juga terdapat kandang untuk primate, jerapah, rusa dan kuda nil. Di tempat ini juga terdapat pelikan dan bison Australia yang menambah semarak jenis hewan yang dipelihara. Selain hewan darat, di tempat ini juga terdapat berbagai jenis reptil dan berbagai ikan baik ikan air tawar maupun ikan air laut yang berasal dari berbagai tempat di dunia, bahkan sampai yang berasal dari sungai Amazon.
Kebun binatang ini buka setia hari dari pukul delapan pagi hingga pukul lima sore. Jika Anda tertarik untuk menghabiskan liburan di kebun seluas 15 hektar ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 10.000,00 saha untuk tiket masuknya.

Jembatan Suramadu

Lagi-lagi bangunan yang “ter-ter” di Indonesia, Surabaya juga memiliki sebuah jembatan penghubung antara Surabaya dan Madura yang disebut dengan Jembatan Suramadu, yang merupakan jembatan terpanjang di Indonesia. Dengan panjangnya yang mencapai 5.438 meter ini, Jembatan Suramadu langsung gelar jembatan terpanjang yang sebelumnya dialamatkan kepada Jembatan Posopati di Bandung. Jembatan ini dibangun pada masa pemerintahan Presiden Indonesia yang kelima yakni Ibu Megawati Soekarno Putri dan diresmikan pada tahun 2003 silam. Jembatan ini dibangun dengan tujuan untuk meningkatkan proses pembangunan di, perbaikan infrastruktur dan pembangunan ekonomi di Madura sehingga bisa berjalan beriringan dengan kota lainnya yang berada di Jawa.

Jembatan ini memiliki pemandangan yang sangat cantik khususnya di malam hari karena memiliki lampu penghias jalan yang membuat Anda betah memandanginya lama-lama. Adapun tiket masuknya terdiri dari empat jenis harga, mulai dari gratis untuk sepeda motor, dan mulai dari tiga puluh ribu rupiah untuk jenis kendaraan lain.

Banyak desas desus yang beredar tentang jembatan ini, termasuk bagaimana jembatan ini meminta tumbal dari pekerja jembatan. Akan tetapi terlepas dari rumor tersebut, selama niat kita menyebrang baik, jembatan ini memberikan pemandangan yang sangat luar biasa dan wajar menjadi incaran para wisatawan yang datang dan berkunjung ke Surabaya.

Pelabuhan Tanjung Perak

Surabaya memang menarik untuk dijadikan inspirasi lagu. Salah satu yang lainnya adalah tentang keindahan pelabuhan Tanjung Perak. Pernahkah Anda mendengar lirik berikut: tanjung perak tepi laut, siapa suka boleh ikut … Lagu tersebut menceritakan tentang salah satu pelabuhan terkenal yang ada di Surabaya, yaitu Tanjung Perak. Pelabuhan ini terletak di Kelurahan Perak Timur, Kecamatan Pabean Cantikan, Kota Surabaya dan difungsikan sebagai terminal peti kemas. 

Pelabuhan ini merupakan pelabuhan kedua tersibuk di Indonesia, setelah Tanjung Priok yang merupakan pusat perdagangan di Indonesia. Jika Anda pergi ke Pelabuhan Tanjung Perak, langsung saja sekalian mengunjungi Surabaya North Quay dimana Anda bisa melihat penampilan live music, berbelanjam produk lokal, dan menonton pertunjukan seni. Pelabuhan Tanjung Perak dan Surabaya North Quay ini akan memberikan kenangan tentang indahnya sentra bisnis Indonesia melalui laut lepas.

Demikianlah beberapa objek wisata menarik dan dijamin murah meriah yang terletak di Kota Surabaya. Mudah-mudahan informasi yang kami sajikan ini dapat bermanfaat bagi liburan menyenangkan dan tentunya luar biasa berkesan bagi Anda bersama dengan keluarga terkasih. Selamat menikmati liburan di Kota Pahlawan!