Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Destinasi Tempat Wisata di Makassar yang Wajib dikunjungi, Objek Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya, Tempat Wisata Makassar Paling Hits, Tempat Wisata Menarik di Makassar, Tempat Wisata Murah dan Asyik di Makassar dan Sekitarnya, Tempat Wisata di Makassar dan Sekitarnya untuk Liburan.

Aga kareba pembaca setia! Liburan sudah di depan mata, sudahkah Anda menentukan lokasi wisata bersama orang terkasih? Jika belum, kami ada inspirasi liburan cantik ke Indonesia Timur, ke pelabuhan terkenal zaman kolonial dulu yang bahkan sering di sebut sebagai Rotterdam-nya Indonesia, karena padatnya arus lalu lintas air di jaman tersebut.

Kota Makssar juga di kenal sebagai kota metropolitan terbesar kedua di luar Pulau Jawa, setelah Medan. Dengan penduduk sekitar 1.6 jiwa dan luas daerah 199.26 km2, kota yang sampai tahun 1999 masih disebut dengan nama Ujung Pandang ini adalah destinasi wisata yang sangat menjanjikan.

Yap tentu saja kami sedang membicarakan Makassar, ibu kota Sulawesi Selatan yang di masa lalu juga pernah menjadi ibu kota Negara Indonesia Timur. Nah jika Anda tertarik untuk menghabiskan waktu di kota yang terletak di pesisir barat daya Pulau Sulawesi ini, kami rekomendasikan beberapa tempat yang bisa Anda masukkan ke daftar rencana berlibur.

1. Fort Rotterdam

Sudah disinggung tadi bahwa Kota Makassar disebut-sebut sebagai Rotterdam-nya Indonesia. Rotterdam sendiri adalah Kota Pelabuhan yang sibuk di Belanda. Nah, di Jalan Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Bulo Gading, Ujung Pandang, Kota Makassar, kalian dapat menemukan sebuah benteng peninggalan Kerajaan Gowa-Tallo yang dibangun pada tahun 1545 oleh Raja Gowa ke-9.

Awalnya, benteng ini bernama Benteng Ujung Pandang atau Benteng Panyyua, karena bentuknya yang menyerupai penyu jika dilihat dari atas. Benteng ini merupakan markas bagi pasukan Kerajaan Gowa. Nama benteng ini berubah setelah Kerajaan Gowa-Tallo menandatangani perjanjian Bungaya yang salah satu kesepakatannya adalah menyerahkan benteng Ujung Pandang ke Belanda. Benteng ini kemudian digunakan sebagai tempat menyimpan rempah-rempah dari wilayah Indonesia bagian timur.

Jika Anda kemari, Anda akan dapat menyaksikan bangunan benteng yang sebagian besarnya masih utuh. Jika Anda masuk lebih jauh ke kawasan Fort Rotterdam ini Anda akan menemukan taman yang rindang. Di sekitar taman terdapat bangunan-bangunan tua lantai dua, yang salah satunya difungsikan sebagai museum. Museum ini bernama La Galigo.

Di tempat ini Anda dapat menemukan berbagai koleksi peninggalan pada masa prasejarah, seperti fosil batuan dan benda-benda yang digunakan masyarakat purbakala. Selain itu di tempat ini juga dipajang berbagai kehidupan berbudaya masyarakat Makassar. Salah satunya adalah miniature Kapal Pinisi yang sangat terkenal. Masyarakat Makassar memang dikenal sebagai pelaut yang tangguh dan andal dari jaman dahulu kala.

2. Pantai Losari

Untuk Anda pemburu semburat orange cantik khas matahari terbenam, datanglah ke Pantai Losari yang terletak di sebelah barat kota Makassar, tepatnya di Jalan Penghibur. Pantai ini selain terkenal akan keindahan sunsetnya dan pilihan yang tepat untuk melepas lelah setelah berkeliling Makassar, juga terkenal dengan berbagai menu makanan menarik yang siap memanjakan lidah Anda. Salah satu menuyang paling fenomenal adalah pisang bakar yang geprek dan ditambahkan dengan gula merah cair, atau yang dikenal dengan nama pisang epe.

3. Trans Studio Makassar

Tidak hanya ada di Bandung, Trans Studio juga ada di Makassar, tepatnya di Kawasan Terpadu Trans Studio Mall Jl. HM. Dg. Patompo - Metro Tanjung Bunga, Maccini Sombala, Tamalate, Kota Makassar. Tempat ini adalah taman hiburan indoor ketiga terbesar di Indonesia dengan luas total 12.7 hektar.

Berkunjung kemari, Anda akan diberikan paket lengkap untuk berbelanja, bermain hingga menyaksikan atraksi menarik. Dengan harga tiket masuk Rp 100.000,00 (hari kerja) dan Rp 150.000,00 untuk akhir pekan dan libur nasional, Anda bisa mencoba 21 wahana yang tersedia mulai dari pukul delapan pagi. Bagi Anda penyuka tantangan, jangan lupa pula untuk mencoba wahana-wahana menegangkan yang siap menguras keringat dan menantang adrenalin Anda. Misalnya saja magic thunder coaster, putar petir, giant swing, dragon tower dan jelajah malam ala Lost City dimana Anda akan merasakan debaran jantung yang tiada henti di setiap tikungannya.

4. Museum Balla Lompoa

Bagi Anda pecinta wisata bersejarah, jangan lewatkan kesempatan untuk menyusuri jejak-jejak peninggalan kerajaan Gowa di Museum Balla Lompoa. Museum ini terletak di Jalan Sultan Hasanuddin No. 48, Sungguminasa, Somba Opu, Kabupatan Gowa, Sulawesi Selatan, yang berbatasan langsung dengan Kota Makassar.

Di tempat ini Anda dapat menemukan bangunan berarsitektur Bugis berupa rumah panggung dengan tangga setinggi kurang lebih dua meter yang menghubungkan bagian bawah rumah dan teras. Bangunan yang berdiri di atas tanah seluas satu hektar ini menyimpan barang-barang kerajaan Gowa dari mulai peninggalan Raja Gowa yang pertama yaitu Tomanurunga sampai Sultan Moch Abdulkadir Aididdin A. Idjo Karaeng Lalongan yang merupakan raja terakhir yang memerintah Gowa sampai tahun 1957.

Museum ini dibagi atas dua bagian utama, yang disebut sebagai ruang tamu dan ruang teras. Ruang utama dibagi atas tiga spot berupa tempat tidur atau kamar pribadi Raja Gowa, barang-barang kerajaan mulai dari emas, kancing, keris, batu rubi dan permata, hingga senjata seperti meriam dan tombak. Di sepanjang bangunan yang pernah dipugar pada tahun 1980 ini juga terdapat foto para Raja yang pernah berkuasa di Gowa.

5. Bugis Waterpark

Jika Anda ingin menikmati liburan sambil bermain di wahana air yang menyenangkan, mari mampir ke Bugis Waterpark. Taman air rekreasi keluarga ini berlokasi di Perumahan Bukit Baruga Antang, Jl. Sektor Mahamero No. 1, Makassar, Antang, Manggala, Antang, Manggala.

Dengan tiket masuk Rp 150.000,00 untuk hari Senin sampai dengan Jumat, Rp 180.000,00 untuk hari Sabtu dan Rp 200.000,00 untuk hari Minggu ini, Anda dapat menikmati sepuluh wahana yang disediakan oleh taman bermain yang pernah mendapat penghargaan sebagai tempat wisata dengan fasilitas toilet terbersih ini.

Kesepuluh wahana yang dimaksud meliputi: Lopi Wae (Rafting Slide), Kolam Ana’-Ana’ (Kids Pool), Wae Massolo (Lazy River), Magatti (Turbulance), Mattulili (Body Slide), Mapettang (Black Hole), Tappasorong (Multi Slide), Matanra (Free Fall), Pipa Wae (Aqua Tube), Malippung (Space Boat). Jika Ingin puas bermain, datanglah mulai pukul sembilan pagi hari. Taman bermain ini hanya buka sampai pukul enam sore, jadi manfaatkan waktu Anda sebaik-baiknya untuk bermain bersama orang terkasih.

6. Pulau Lae-Lae

Meskipun Makassar terletak di sebuah pulau yang tergolong dalam jajaran pulau besar di Indonesia, tapi ternyata dari kota pelabuhan ini Anda dapat menyebrang ke suatu pulau wisata bernama Lae-Lae. Untuk mencapai tempat ini, Anda bisa pergi ke Fort Rotterdam yang terletak di Bulo Gading, kemudian menyewa speedboat atau jonson untuk menyebrang ke pulau yang dihuni oleh sekitar dua ribu jiwa ini.

Pulau Lae-Lae ini adalah peninggalan Jepang. Hal menarik yang Anda dapat temukan jika berkunjung ke pulau ini adalah banyaknya situs peninggalan perang di masa lalu, seperti halnya terowongan bawah tanah. Pulau Lae-Lae ini memiliki daratan dengan pasir berwarna putih bersih. Tempat ini sangat cocok bagi Anda yang suka melihat keindahan matahari terbit maupun terbenam.

7. Maze Escape Makassar

Pecinta tantangan dan penyuka misteri pasti kegirangan jika berkunjung ke Jalan Metro Latimojong, Blok C No. 36, Lariang Bangi, Kecamatan Makassar, Lariang Bangi, Kec. Makassar, Kota Makassar. Sebabnya tak lain adalah karena adanya tempat wisata indoor berkonsep labirin yang siap menjajal kemampuan mengasah otak wisatawan yang mampir berkunjung ke sana.

Dengan membayar Rp 128.000,00 per orang (dengan rombongan minimal 9 dan maksimal 10 orang), Anda berkesempatan untuk mencari jalan keluar karena Anda dan team akan dikunci dalam suatu ruangan. Waktu untuk menyelesaikan permainan ini adalah satu jam. Tidak sekedar mencari jalan keluar, Anda juga akan diberikan suatu kisah/kasus tertentu yang akan mengarahkan Anda untuk bermain dan mencari tahu. Bocorannya, Anda akan sering berlari dalam permainan ini. Untuk itu sangat disarankan bagi wisatawan yang tertarik bermain untuk menggunakan pakaian dan alas kaki yang nyaman dan anti ribet sehingga pengalaman bermain Anda menjadi maksimal.


Demikianlah beberapa lokasi wisata yang dapat Anda pertimbangkan jika berlibur ke Makassar. Jangan lupa juga untuk mencicipi aneka makanan khas Makassar seperti Coto Makassar, Roti Maros, Jalangkote, Pisang Ijo, Sop Konro dan Bassang. Selamat menikmati liburan Anda di Kota Pelabuhan-nya Indonesia!