Tempat Wisata di Singapura dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Singapura dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata di Singapura yang Paling Menarik, Destinasi Wisata di Singapura, Tempat Wisata Singapura yang Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata Murah Meriah di Singapura, Wisata di Singapura Yang Terkenal Murah dan Menarik, Tempat Wisata di Singapura Gratis, Tempat Wisata di Singapura yang Unik dan Asyik

Plesir mewah ke luar negeri tidak melulu harus dengan budget yang selangit lho. Asal kita pintar mengatur destinasi dan jeli melihat promo, pengeluaran bisa ditekan seminimal mungkin, tanpa menekan kenikmatan wisata. Salah satu tipsnya adalah dengan mengunjungi Negara tetangga yang sering ada promo tiket pesawatnya, salah satunya Singapura.

Walaupun hitungannya sudah “ke luar negeri”, tahukah Anda bahwa harga rata-rata tiket penerbangan dari wilayah Indonesia ke Singapura di bawah satu juta? Jika beruntung, Anda bahkan bisa mendapatkan harga tiket Rp 200.000,00 dari Jakarta ke Singapura dengan penerbangan langsung tanpa transit! Tapi tentunya tiket murah saja tidak menjamin liburan Anda menjadi mengasyikkan. Untuk itu dalam artikel ini kami akan memberikan rekomendasi tempat wisata di Singapura yang murah alias aman di kantong tapi di jamin membekas di hati.

1. Taman Merlion

Pernahkah Anda mengamati postingan para wisatawan yang berlibur ke Singapura umumnya memiliki latar belakang yang sangat unik dan khas? Iya, patung setengah singa setengah ikan (singa berbadan ikan) setinggi 8.6 meter yang terletak di sebuah taman bernama Merlion ini adalah salah satu ikon Singapura. Patung ini tidak dibuat asal saja, karena kepalanya yang berbentuk Singa adalah representasi dari Singapura yang dalam Bahasa Sansekerta berarti Kota Singa dan kakinya yang berbentuk ikan melambangkan laut.

Memang, dulunya Singapura ini adalah sebuah perkampungan nelayang yang sederhana, sehingga sesuai dengan namanya yang berunsur air. Walaupun usut punya usut tidak pernah ada singa betulan yang mendiami Singapura, dikisahkan bahwa penemu dan pendiri Singapura yang merupakan seorang Pangeran dari Kerajaan Sriwijaya yang bernama Sang Nila Utama melihat Singa di daerah tersebut. Oleh sebab itulah kemudian daratan ini disebut Kota SInga alias Singapura. Belakangan dipertanyakan apakah mungkin yang dilihat Sang Nila Utama pada saat itu adalah harimau dan bukannya Singa.

Namun terlepas dari asal mula nama Singapura, ikon kepala Singa ini sudah menjadi trademark bagi wisatawan yang datang berkunjung. Untuk itu, jika Anda berkesempatan mampir ke negeri yang terkenal dengan kebersihannya ini, jangan lupa untuk datang ke One Fullerton. Patung Merlion ini akan dengan senang hati menyambut Anda dengan pancoran airnya.

2. Universal Studio

Ingin berfoto di ikon Singapura yang lain? Dengan tiruan bumi berukuran besar dan tulisan UNIVERSAL di bagian depannya, mungkin? Kalau itu tujuan Anda, datanglah ke Universal Studio yang terletak di dalam Resort World Sentosa. Universal Studio ini sebenarnya adalah merupakan taman hiburan untuk keluarga dengan tema film dan berbagai wahana yang menantang. Totalnya ada 24 wahana yang bisa menemani liburan Anda bersama keluarga. Jika Anda tertarik datanglah mulai pukul 10 pagi dan coba sendiri wahana yang ditawarkan.

Salah satu contoh yang dapat kami ceritakan adalah wahana kota science-fiction dengan menjagokan Tema Transformer yang memang sangat terkenal di kalangan anak dan dewasa. Pada wahana 3D Battle, Anda dapat merasakan pengalaman melawan iblis, tentara mesir kuno, mumi dan kumbang tinja di roller coaster yang memiliki desain ruangan sangat gelap.

Ada pula Tema Madagascar yang akan membuat Anda basah-basahan di dalamnya. Masih ada lagi wahana sinematik Shrek 4D Adventure yang membuat Anda dapat menonton film sambil merasakan secara panca indera kejadian apa yang terjadi pada film yang Anda saksikan. Tidak hanya itu, tema film yang disuguhkan di Universal Studio ini memang benar-benar bukan hanya sebatas nama. Ada salah satu ruangan yang didedikasikan untuk Anda yang ingin merasakan “efek khusus” seperti pada saat pembuatan film. Tak main-main, ruangan ini diproduksi oleh Steven Spielberg!

3. Wisata Safari Malam

Pergi bersafari ke kebun binatang mungkin memang sudah biasa Anda lakukan. Tapi kalau malam-malam, sudah pernah belum? Kalau Anda penasaran dengan binatang-binatang malam, mari mampir ke Night Safari Singapore yang beralamat di 80 Mandai Lake Rd. Tempat yang dibuka secara resmi pada tahun 1994 ini merupakan kebun binatang malam pertama dan merupakan tempat atraksi bagi turis yang paling terkenal di negeri ini.

Di tempat ini, Anda bisa menemukan binatang-binatang nocturnal, yaitu istilah untuk organisme yang beraktivitas di malam hari dan beristirahat di siang hari, yang memiliki siklus produktif berkebalikan dengan makhluk hidup khususnya manusia dan hewan pada umumnya. Tempat seluas 35 hektar ini merupakan hutan hujan di Singapura yang saat ini memiliki sekitar 2500 hewan dari 130 spesies. Tiga puluh delapan persen dari spesies yang ada di sini adalah hewan yang dilindungi jadi keberadaannya memang langka dan beruntunglah Anda yang bisa menjumpainya di tempat yang dikelola langsung oleh Wildlife Reserves Singapore ini. Kebun binatang malam ini dibagi atas tujuh zona yang disesuaikan dengan habitat asli hewan.

Anda dapat berkeliling dengan tram (sejenis kereta) yang disediakan oleh pihak kebun binatang untuk melihat-lihat koleksi hewan yang ada. Hewan-hewan ini tidak dikurung dalam kandang lho, melainkan dibuatkan pembatas alami dalam bentuk horizontal yang membuat hewan tidak bisa pindah dari habitat satu ke habitat lain dan juga tidak bisa masuk ke jalur tram Anda. Pengalaman menyenangkan ini akan bertambah asyik apabila Anda turut menyaksikan pertunjukan dari hewan-hewan di sini yang memang dipertontonkan secara regular. Penasaran? Siapkan tiket masuk $58 saja untuk setiap orang dewasa yang ingin berkunjung ya!

4. Gardens by the Bay

Bagi Anda penyuka konsep wisata alami tapi futuristik, Singapura punya jawabannya dengan Gardens by the Bay, sebuah taman yang dibangun pada tahun 2012 di atas tanah seluas 101 hektar yang diperoleh dari hasil reklamasi di pusat kota. Taman ini memiliki banyak tumbuhan, berupa pohon, bunga dan tanaman hortikultural.

Selain itu juga yang menarik adalah karena tempat ini juga memiliki pohon buatan berukuran raksasa yang memiliki fungsi untuk menampung sinar matahari di siang hari dan air hujan ketika hujan turun. Pohon-pohon ini berukuran sangat besar, setara dengan gedung dengan 16 lantai. Antara satu pohon buatan dengan pohon buatan lain dilengkapi dengan jembatan penghubung yang bisa dilalui manusia.  Di malam hari, lampu-lampu yang dipasang di sepanjang pohon akan membuat Anda merasa berada di negeri fantasi warna-warni. Di tempat ini juga terdapat tempat konservasi bunga yang sangat cantik. Untuk bisa bermain di taman bunga ini, Anda akan dikenakan tiket masuk sebesar $28.

5. Pulau Sentosa

Singapura juga bisa memuaskan liburan Anda dengan nuasa pulau kecil super lengkap yang terpisah dari pulau utamanya. Pulau wisata ini disebut dengan Pulau Sentosa, yang diambil dari Bahasa Sansekerta (Santosha) yang artinya kedamaian. Dengan luas 5 km2, Pulau Sentosa ini adalah paket komplit bagi Anda yang menginginkan liburan yang santai tapi tetap mewah. Tercatat ada 14 hotel disini, tempat golf, taman bermain, berbagai atraksi pementasan kesenian dan hiburan, dan sebuah Resort World dengan nama yang sama, yang memiliki taman hiburan Universal Studio yang sangat ikonik bagi para wisatawan yang berkunjung ke Singapura.

Di pulau Sentosa ini, Anda juga bisa menemukan tiga buah pantai yang terkenal akan keindahannya, yaitu Palawan, Siloso dan Tanjong. Untuk dapat sampai ke pulau ini dari pulau utama, ada banyak metode yang bisa Anda pilih, misalnya dengan bus atau monorail. Akan tetapi kami merekomendasikan penggunaan kereta gantung untuk alat transportasi. Hal ini dikarenakan selain bisa sampai ke Pulau Sentosa, Anda juga bisa sekaligus melihat pemandangan yang terhampar di bawahnya dan telah khusus disediakan untuk Anda. Tiket yang perlu Anda bayar untuk kereta gantung ini juga terjangkau, yakni hanya sekitar Rp 300.000,00 saja.

Demikianlah beberapa pilihan tempat wisata di Singapura yang dapat kami tawarkan untuk alternatif berlibur Anda bersama dengan orang terkasih. Apakah ada tempat yang benar-benar ingin Anda kunjungi setelah membaca rekomendasi kami? Tapi tunggu dulu, sebelum Anda ke Singapura pastikan Anda sudah terbiasa disiplin soal waktu dan kebersihan ya. Singapura ini menerapkan sistem denda bagi masyarakatnya yang ketahuan membuang sampah sembarangan. Nilai dendanya sudah mencapai $500 pada tahun 2016 lalu. Jadi, jangan sampai membuang sampah sembarangan ya. Selamat berlibur!