Tempat Wisata Kuliner di Palembang yang Murah dan Enak

Tempat Wisata Kuliner di Palembang yang Murah dan Enak -- Tempat Makan Enak dan Murah di Palembang, Tempat Wisata Kuliner Palembang, Tempat Wisata Kuliner Palembang Paling Nikmat, Tempat Wisata Kuliner Khas di Palembang Paling Dicari, Kuliner Khas Palembang, Daftar Tempat Wisata Kuliner di Palembang, Wisata Kuliner Hemat Di Palembang yang Murah dan Lezat.

Palembang adalah kota tujuan wisata yang menarik untuk dikunjungi karena keberadaan tiga ciri khas daerahnya, yaitu keindahan alam, budaya yang kental dan makanannya yang luar biasa. Cita rasa bumbu asli Indonesia dan perpaduan dengan berbagai etnis yang selama ini tumbuh berkembang bersama di Tanah Sriwijaya ini membuat siapapun yang berkunjung tergoda untuk mencicipi aneka makanan khas yang menggetarkan lidah. Sebut saja pempek Palembang yang sangat melegenda. Itu baru satu. Tapi tahukah Anda bahwa Palembang memiliki banyak kuliner khas yang tak kalah lezat dengan pempek? Misalnya tekwan, mie celor, pindang dan es kacang merah. Penasaran lokasi wisata kuliner yang bisa Anda coba ketika berkunjung ke Palembang? Simak ulasan berikut spesial untuk Anda.

1. Kampung 26 Ilir

Ingin mencoba pempek Palembang yang murah meriah? Mari datang ke Kampung 26 Ilir Palembang yang berada di Pasar 26. Tempat ini cukup mudah dijangkau, bisa dengan menggunakan alat transportasi umum Trans Musi yang lumrah ada di Palembang. Di kompleks ini terdapat banyak sekali kedai pempek yang membuka lapak dari pagi hingga malam, siap menemani sarapan hingga makan malam Anda.

Pempek memang makanan sejuta umat di Palembang. Tua muda, laki-laki dan perempuan, seolah tak pernah bosan menikmati hidangan istimewa yang terbuat dari ikan tenggiri, ikan kakap atau ikan gabus ini. Anda bisa memilih aneka pempek-pempek mulai dari pempek kapal selam, adaan, lenjer, tahu, panggang, kulit dan lain sebagainya. di etelase dipajang aneka pempek yang bisa Anda pilih. Ketika situasi kedai tidak ramai, Anda bisa minta request untuk digoreng kembali agar kering karena di etalase walaupun sudah matang, umumnya direbus seperti bakso.

Selain pempek, Anda juga dapat mencicipi kemplang, kerupuk khas Palembang. Ada dua jenis ukuran kemplang yang tersedia, besar maupun kecil. Ada pula kemplang jenis goreng dan panggang. Harga yang ditawarkan sangat murah, untuk sebuah pempek berukuran kecil biasanya dibandrol Rp 1.000,00 hingga Rp 2.000,00 saja, sementara untuk pempek kapal selam Anda perlu siapkan mulai dari Rp 8.000,00.

2. Pempek Candy

Pempek Candy adalah restaurant pempek kenamaan yang ada di Palembang. Ada sangat banyak cabang Pempek Candy yang dapat Anda kunjungi, beberapa diantaranya adalah Jalan Letjen Harun Sohar No.99, Kebun Bunga, Sukarami, Kota Palembang; Jalan Sudirman No. 21, Palembang; Jl Kapt A Rivai 260 dan Jl R Sukamto 53. Ciri khas pempek Candy ini adalah rasanya yang sudah pasti lezat dan tampilannya yang rapi. Tidak hanya pempek yang berkesan, cuko alias “saos kuah” yang biasa menemani santap pempeknya pun dibuat dengan citarasa khas yang terbuat dari air mendidih ditambah dengan gula merah, udang ebi dan cabe rawit tumbuk, bawang putih, dan garam. Jika ingin lebih pedas lagi, disediakan sambal tambahan yang bisa digunakan bersamaan. Selain itu, di sini juga terdapat tekwan, makanan khas Palembang yang mirip seperti bakso. Kuahnya pun terbuat dari kaldu. Harga yang ditawarkan memang lebih mahal dari yang di kompleks kampung 26 ilir. Akan tetapi harga ini akan sebanding mengingat kualitas yang ditawarkan. Untuk dua puluh empat pempek, dibandrol dengan harga Rp 60.000,00.

3. Rumah Makan Sri Melayu

Untuk Anda yang ingin bersantap dengan keluarga, silahkan mampir ke Rumah Makan Sri Melayu yang terletak di Jalan Demang Lebar Daun No.1, Demang Lebar Daun, Ilir Bar. I, Kota Palembang. Lokasinya mudah dicari karena dekat dengan Griya Agung alias Istana Gubernur Sumatera Selatan. Konsep gedungnya yang rindang dan punya banyak spot terbuka membuat Anda menjadi semakin betah bersantap siang maupun malam bersama dengan orang terkasih. Menu andalan di sini adalah berbagai pindang. Pindang sendiri adalah makanan khas Palembang yang memadukan olahan laut, terutama ikan dan udang, dengan kuah pedas, manis, asam yang panas. Menu yang paling terkenal di RM Sri Melayu ini adalah Pidang Patin. Selain itu, Anda juga bisa mencoba Pindang Udang, Pindang Ikan Belido maupun Pidang Baung sebagai alternatif. Harga yang ditawarkan untuk seporsi pindangnya kira-kira adalah sekitar Rp 25.000,00 saja.

4. Riverside Musi

Pernah bayangkan makan malam romantis berlatar jembatan ampera? Bisa kok. Datang saja ke Restaurant Riverside Musi yang berdiri sejak 2008 sebagai bagian dari keseriusan pemerintah dalam mengembangkan wisata sungai musi. Bangunan utama Restaurant ini dibuat dari kapal besar berukuran tiga lantai yang sanggup menampung lima ratus orang. Selain tempatnya yang ikonik dan dihiasi aneka lampu pantulan dari Jembatan Ampera, di tempat ini Anda dapat memesan aneka menu khas Palembang mulai dari dinsum, cah kangkung, brengkes, menu seafood udang, pindang tulang, ikan seluang, pindang patin, kepiting asam manis, pempek, hingga es kacang merah. Harga yang ditawarkan juga masih aman di kantong walaupun pengalaman yang diberikan kelas atas, mulai dari tiga puluh ribu rupiah untuk pindang patinnya.  Tempatnya yang berdekatan dengan berbagai tempat wisata mulai dari Jembatang Ampera, Kampung Kapitan, Benteng Kuto Besak dan Pulau Kemarau membuat Anda betah menjatuhkan pilihan makan malam di sini.

5. Martabak Har

Tahukah Anda bahwa Palembang memiliki martabak khas yang ebrbeda dengan martabak lain di daerah asal Anda? Namanya Martabak Har. Salah satu lokasi yang menjual martabak lezat ini adalah di Jalan Jenderal Sudirman No.537, 18 Ilir, Ilir Tim. I, Kota Palembang. Berbeda dengan martabak lainnya, Martabak Har hanya terbuat dari telur ayam atau bebek dan kulit lumpia. Anda bisa pilih mau telur yang mana. Setelah matang, martabak ini akan dihidangkan bersama dengan kuah kari panas yang berisi potongan daging dan cabe rawit. Bagi Anda yang suka kecap, bisa tambahkan kecap asin yang juga disediakan oleh pemilik rumah makan di masing-masing meja. Soal harga murah saja, antara Rp 18.000,00 – Rp 20.000,00 untuk satu porsi yang siap membuat Anda kekenyangan.

6. Pempek Kulit Crispy

Selain dari daging ikan, ternyata pempek juga bisa dibuat dari kulitnya lho. Pempek ini disebut dengan nama pempek kulit. Akan tetapi, sekarang ini ada terobosan baru dalam membuat pempek kulit, yaitu menyajikannya dalam bentuk crispy alias kriuk-kriuk. Masih sama dengan tradisi makan pempek lainnya, Anda juga akan menikmati pempek kulit crispy ini dengan cuko yang pedas dan panas. Tertarik? datang saja ke Pempek Kulit Crispy Chica di Jalan Mangkubumi No. 05, RT 26, Kelurahan 3 Ilir, 3 Ilir, Ilir Tim. II, Kota Palembang

7. Mie Celor

Mie celor ini bukan salah ketik, tapi memang namanya celor. Hidangan khas Palembang ini terbuat dari mie berukuran besar, seperti Mie Aceh, atau mie Udon Jepang. Biasanya satu porsinya disajikan dalam campuran kuah santan dan kaldu ebi. Sebagai campuran, ditambahkan pula taoge dan irisan telur rebus, seledri, daun bawang dan bawang goreng. Mie ini sangat terkenal karena rasanya yang gurih. Santaplah panas-panas agar mie tidak mengembang dan mengubah rasa kaldunya. Salah satu alternatif tempat makan mie celor yang sangat terkenal adalah di Kompleks 26 Ilir, tepatnya di RM H.N. Syafei. Harganya aman di kantong, sekitar Rp 15.000,00 saja.

8. Tempoyak Musi Rawas

Palembang memang sangat terkenal dengan aneka olahan ikan yang menggoyang lidah. Kalau belum puas dengan alternatif menu di atas, bisa coba juga tempoyak, yang merupakan makanan fermentasi durian, yang dicampur dengan ikan. Durian yang digunakan biasanya adalah yang sudah matang dan tampak berair. Diberikan garam dan potongan cabai selama tiga sampai lima hari. Setelah itu langsung siap disajikan bersama menu ikan, seperti ikan mas, mujair, patin maupun yang lainnya. Soal rasa, makanan ini cocok untuk Anda penyuka masakah manis, asam dengan campuran pedas. Penasaran? Anda bisa coba di RM Pindang Musi Rawas yang beralamat di Jalan Angkatan 45 No.18, 12, Lorok Pakjo, Ilir Bar. I,

Demikian beberapa alternatif wisata kuliner yang murah dan lezat untuk melengkapi kunjungan Anda ke kota-nya wong kito galo ini. Semoga informasi ini dapat memberikan solusi bagi Anda yang ingin pengalaman liburan yang berkesan.