Tempat Wisata di Aceh dan Sekitarnya Yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata Di Aceh dan Sekitarnya Yang Murah dan Menarik -- Objek Wisata di Aceh yang Mempesona yang Menarik Dikunjungi, Tempat Wisata di Banda Aceh Terbaru yang Lagi Hits,  Tempat Wisata Menarik di Kota Banda Aceh, Tempat Wisata di Aceh yang Wajib Dikunjungi, Tempat Wisata di Aceh yang Menarik di Kunjungi, Tempat Wisata di Aceh dan Sekitarnya.

Tempat Wisata Di Aceh dan Sekitarnya Yang Murah dan Menarik – Aceh, daerah provinsi di Indonesia yang letaknya berada diujung sebelah barat, tepatnya di pulau Sumatera. Tempat dimana tersimpan berbagai macam potensi wisata dari kekayaan hayati maupun kekayaan intelektual di Indonesia. 

Di Aceh banyak wisata alam yang masih asri, jauh dari tangan-tangan jail yang merusak keindahan. Tak hanya itu saja,  sejarah kebesaran nama Aceh masa lalu juga masih tertinggal serta terawat dengan sangat baik karena kepedulian para warga Aceh dan pemerintah setempat yang terus berupaya menjaga kelestariannya.

Menurut catatan masa lalu yang tertulis dalam naskah-naskah kuno serta peninggalan-peninggalan bersejarah, Daerah Istimewa Aceh yang juga dikenal dengan sebut kota Serambi Mekah ini dulunya adalah sebuah kerjaan besar yang pernah mencapai puncak kejayaannya di bawah Kesultan Turki pada masa Dinasti Utsmani.

Destinasi Wisata di Aceh

Untuk kamu yang hobi menghabiskan waktu liburan setelah sekian waktu terjebak penatnya bekerja dengan mengunjungi obyek-obyek wisata di berbagai tempat, jangan mengaku sebagai traveler sejati jika kalian belum pernah menginjakkan kaki di Daerah Istimewa Aceh.

Kamu tak perlu khawatir akan kecewa jika memilih Aceh lokasi tempat kamu berlibur. Disana kamu akan disuguhi pemandangan alam eksotis yang berbaur dengan budaya asli masyarakat setempat yang unik dan berbeda dengan daerah-daerah lain di Indonesia. Asyiknya lagi, tak perlu mengeluarkan budget yang tinggi untuk dapat menikmati semua itu.

Bagaimana ? tertarik untuk datang berkunjung dan Serambi Mekahnya Indonesia ? Berikut ini akan kami ulas beberapa Tempat Wisata Di Aceh dan Sekitarnya Yang Murah dan Menarik.

1. Pulau Weh


Liburan di suatu pulau memang identik dengan biaya yang tidak murah, salah satu faktor yang menyebabkan tingginya budget untuk berlibur di sebuah pulau adalah karena sulitnya transportasi yang bisa digunakan untuk menjangkau tempat wisata tersebut. Tapi, hal itu tidak berlaku untuk kamu yang ingin berwisata alam dan menikmati indahnya pulau di daerah istimewa Aceh, yakni pulau Weh.

Untuk menuju ke pulau Weh, kalian harus terlebih dahulu menyeberang lautan dari pelabuhan Ulee Lheue ke pelabuhan Balohan. Jarak pelabuhan Ulhe Lhue sendiri dengan bandara Internasional Sultan Iskandar Muda hanya berkisar satu jam perjalanan saja. Kamu menuju kesana dengan memakai jasa taksi, dengan tarif sekitar 20ribu rupiah.

Sedangkan dari pelabuhan Ulee Lhue ke pelabuhan Untuk menuju ke pelabuhan Balohan atau destinasi wisata pulau Weh yang sangat menakjubkan ini, kamu tak perlu menghabiskan banyak uang tabungan. Cukup dengan uang 20ribu hingga 30ribuan saja untuk tarif menumpang kapal lambat (feri). Jarak yang ditempuh membutuhkan waktu sekitar 2 jam perjalanan.

2. Museum Tsunami Aceh


Pasti dalam ingatan kita masih terbayang jelas di mana pada tahun 2014 yang silam bumi Serambi Mekah dilanda sebuah bencana hebat yang menghebohkan seluruh dunia utamanya adalah umat muslim.  Ratusan  ribu bahkan hampir jutaan nyawa melayang terseret derasnya air bah yang datang karena adanya gelombang tsunami dahsyat. 

Untuk mengenang peristiwa tersebut masyarakat Aceh yang telah Bangkit dari keterpurukan bergandengan tangan dengan pemerintah membangun sebuah monumen dan museum yang diberi nama Museum Tsunami Aceh.

Bagi kamu para Traveller yang ingin ber libur di Aceh,  alangkah baiknya jika lokasi wisata sejarah Museum Tsunami ini menjadi destinasi wisata pertama yang harus dikunjungi setelah kamu menginjakkan kaki di bumi Serambi Mekah. Bukan  hanya untuk melihat-lihat saja, mamun hal tersebut bisa menjadi satu bentuk kepedulian kita terhadap saudara-saudara kita yang telah wafat akibat adanya bencana tsunami.

Di Museum Tsunami Aceh ini kalian bisa ikut merasakan bagaimana kondisi saudara kita yang tertimpa bencana di masa lalu melalui berbagai macam wahana yang dibangun khusus untuk membawa kita  kembali pada kondisi di mana saat bencana terjadi.

Salah satu  wahana atau fasilitas yang menarik untuk kita datangi adalah yang disebut dengan lorong tsunami. Di  dalam lorong tsunami kalian akan merasakan suasana mencekam  yang menggambarkan perasaan kalut para korban dan jerit ketakutan saat bencana datang. Ditambah  lagi dengan adanya efek suara gemuruh air semakin memperjelas gambaran yang akan ada di benak kita tentang bagaimana suasana yang terjadi saat air bah menerjang bumi Serambi Mekah.

Setelah melewati lorong tsunami, kamu bisa melanjutkan perjalananmu mengeksplor museum Tsunami dengan memasuki sebuah wahana yang diberi nama Ruang Kenangan. Di  dalam ruang memori terdapat setidaknya 26 layar monitor yang akan memberikan suatu tayangan kepada kita bagaimana dahsyatnya bencana tsunami yang terjadi di Aceh pada saat tanggal 26 Desember 2004 silam. Dari monitor tersebut akan diperlihatkan kepada kita rumah-rumah yang hanyut gedung gedung yang roboh dan kurban kurban yang bergeletakan dalam bentuk sajian foto maupun video slide.

Setelah ruang kenangan,  terdapat satu titik lokasi yang disebut sumur doa. Sumur  doa adalah sebuah bangunan berbentuk silinder dengan efek cahaya remang yang memiliki tinggi berkisar 30 meter. pada setiap dinding-dinding sumur Terukir nama-nama para korban bencana alam tsunami yang jumlahnya tak kurang dari 2 ribu lebih.  Sumur  doa ini adalah gambaran dari kuburan massal para korban, disini kita bisa memanjatkan doa teruntuk para arwah saudara kita yang menjadi korban bencana alam tsunami.

Selepas melewati sumber doa, kamu akan dihadapkan kembali dengan bangunan yang berbentuk seperti cerobong, lokasi ini dinamakan lorong cerobong. filosofi dibangunnya ruangan lorong cerobong  dengan lantai yang berkelok tajam serta tidak rata adalah gambaran dari hati para korban yang ketakutan, bingung serta putus asa pada saat itu. Namun, karena warga Aceh adalah manusia yang berjiwa besar maka bencana yang melanda dan trauma tidak lama tersimpan di dalam kepala. Mereka  berhasil Bangkit dari keterpurukan dan kembali membangun kehidupan yang damai dan tentram, kondisi itu digambarkan dalam sebuah titik lokasi yang ada di Museum Tsunami bernama Jembatan Harapan.  Di lokasi jembatan harapan terpasang dengan gagah 54 bendera dari negara yang berbeda yang ikut bergandengan tangan membantu para korban bencana tsunami di Aceh. 

Lokasi museum Aceh ini berada di  jantung Kota Banda Aceh tepatnya di jalan Sultan Iskandar Muda No 3, Sukaramai, Baiturrahman, Kota Banda Aceh, Provinsi Aceh.

3. Pantai Iboih


Nah, setelah tadi kamu berkunjung di Museum Tsunami Aceh untuk melihat sejarah sekaligus memberikan dukungan moril terhadap para korban tsunami, kini saatnya kamu menyegarkan pikiran di jernihnya  perairan pantai yang indah ditemani dengan jutaan ikan-ikan serta kumpulan terumbu karang yang eksotis.

Di Aceh ada satu lokasi wisata alam yang harus kalian kunjungi, yakni pantai Iboih. Pantai  ini sudah banyak dikenal baik oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Bukan  tanpa alasan pantai iboih menjadi satu destinasi wisata bahari favorit karena kondisi alamnya yang masih sangat asri.

Bagi  kamu para sobat traveler yang ingin mengunjungi salah satu surga tersembunyi di Aceh ini tak perlu mengeluarkan banyak biaya, karena pantai iboih adalah salah satu  yang termasuk dalam daftar tempat wisata di Aceh yang murah dan menarik kali ini.

Pantai ini tepatnya berada di wilayah pulau Weh, nama aslinya adalah pantai Teupin Layeu.  keindahan alam yang ditawarkan tak sebanding dengan biaya yang harus dikeluarkan. di pantai ini para wisatawan juga bisa bermain snorkeling ataupun menyelam ke dalam lautan.  Alat-alat  diving serta snorkeling juga tersedia di lokasi ini untuk disewakan. Harganya  pun cukup murah kalian hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp. 45.000 untuk menyewa satu alat snorkling lengkap. Sedangkan  untuk kalian yang hobi menyelam atau hanya ingin sekedar Menikmati keindahan alam di bawah laut pantai iboih  bisa menyewa alat diving lengkap + didampingi oleh seorang  instruktur hanya dengan membayar sejumlah Rp. 400.000 saja per orang.

4. Air Terjun Blang Kolam


Di sebuah desa bernama Sidomulyo,  kec. Kuta Makmur, kab. Aceh Utara, juga menyimpan salah satu surga  dunia yang tersembunyi, yaitu yang sering disebut dengan nama air terjun Blang Kolam.

Pesona  dari air terjun ketinggian 75 m ini memang tak perlu lagi diragukan, letaknya yang berada di tengah hutan membuat suasana dan kondisi air terjun masih terjaga dan terlihat sangat asri serta alami. 

Gemuruh  air terjun serta segarnya mata air pegunungan tentu akan membuat kamu ingin cepat-cepat menceburkan diri dan berenang di kolam yang berada tepat di bawah air terjun Blang kolam ini. 

Fasilitas yang terdapat air terjun Blang kolam juga terbilang cukup lengkap, di sana ada mushola toilet atau kamar mandi dan juga warung-warung kecil yang menyedihkan berbagai macam makanan dan minuman. Bahkan untuk kalian yang lupa membawa charger ponsel maupun kamera sedangkan power baterai hampir habis, di sana juga disediakan jasa untuk mengisi daya baterai handphone maupun kamera kalian.

Biaya yang harus kalian keluarkan untuk dapat menikmati wisata alam air terjun Blang kolam juga tergolong sangat murah,  yakni sebesar Rp. 2.500 saja untuk tiket masuknya. Sedangkan biaya untuk parkir sepeda motor dan mobil berkisar antara Rp. 5.000 hingga Rp. 10.000 saja.

5. Masjid Raya Baiturrahman


Bicara tentang destinasi tujuan berlibur di Aceh, tentu akan kurang rasanya jika kita tidak membahas salah satu tempat wisata religi yang juga menjadi ikon kota ini, yakni Masjid Raya Baiturrahman. Tempat  ibadah bersejarah ini juga menjadi salah satu titik wisata yang selalu dikunjungi oleh para wisatawan terutama yang beragama Islam.

Masjid kebanggaan Aceh ini dibangun pada tahun 1606 hingga 1636 bertepatan dengan masa kepemimpinan Sultan Iskandar Muda pada masa kerajaan Aceh. Fungsi utama  di bangunnya Masjid Raya Baiturrahman ini pada awalnya adalah untuk dijadikan sebuah pusat studi ilmu agama Islam yang ada di nusantara. Pada  masa kerajaan Aceh  banyak para pelajar baik dari nusantara hingga dari berbagai negara yang lain seperti Turki India Arab dan persia yang datang untuk belajar ilmu agama di Aceh. inilah  yang menjadi saja mengapa hingga saat ini Aceh terkenal dengan sebutan kota Serambi Mekah.

Selain 5 destinasi wisata yang telah kita ulas diatas (Tempat Wisata Di Aceh dan Sekitarnya Yang Murah dan Menarik), sebenarnya masih banyak lagi tempat wisata di Aceh dan sekitarnya yang murah dan menarik. Namun, kita akan kembali membahasnya nanti di artikel selanjutnya. Semoga info yang kami share untuk kamu dapat bermanfaat. Terima kasih dan selamat berlibur.