Tempat Wisata di Pekanbaru Riau dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Pekanbaru Riau dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Hits / Hunting Di Pekanbaru Riau, Tempat Wisata Alam Di Riau, Pekanbaru Tempat Menarik, Pantai dan Air Terjun Di Pekanbaru, Tempat Wisata di Pekanbaru yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Tempat Wisata di Pekanbaru Terbaru yang Lagi Hits, Tempat Wisata Di Pekanbaru Riau Paling Asyik.

Penat bekerja dan ingin refreshing menyegarkan otak di tempat-tempat wisata, tak ada salahnya jika kalian para sobat traveler datang berkunjung untuk liburan di Riau. Sebagai salah satu dari daerah di Indonesia yang kaya akan potensi alam dan sumber daya manusia, tersimpan cukup banyak tempat wisata menarik yang ada disana.

Satu kota di wilayah Riau yang memiliki banyak sekali destinasi wisata, mulai dari wisata alam hingga pusat rekreasi adalah kota Pekanbaru. Di kota yang juga termasuk kota terbesar di provinsi Riau ini kita bisa menjernihkan pikiran yang keruh karena terlalu lama sibuk akan pekerjaan dengan mengunjungi asrinya titik rekreasi alam lepas, segarnya air pantai Riau, hingga khusyuknya berwisata religi sekaligus sejarah di lokasi-lokasi peninggalan para leluhur Riau.

Penasaran? Berikut ini Daftar Tempat Wisata di Pekanbaru Riau dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

1. Air Terjun Lubuk Bigau

Buat kalian sobat traveler yang ingin kembali ke alam, air terjuan Lubuk Bigau ini cocok untuk menjadi titik wisata yang kalian kunjungi. Terletak di wilayah desa Lubuk Bigau, kab. Kampar Riau, air terjun Lubuk Bigau ini juga sering disebut dengan nama Pangkalan Kapas. 

Pemandangan yang eksotis akan bisa kalian saksikan disini air terjun yang deras mengalir dari atas tebing berbaur dengan lebatnya hutan yang berada dibawahnya, tentu akan menjadi pemandangan yang tak akan pernah bisa hilang dari mata dan ingatan kalian. Asal kalian tau, air terjun Lubuk Bigau ini adalah air terjun tertinggi di provinsi Riau, bahkan ketinggiannya mencapai angka 130 meter.

2. Pulau Jemur

Masih merasa kurang setelah menikmati indahnya alam Lubuk Bigau, coba deh kalian datang ke pulau jemur!

Pulau jemur sendiri adalah sebuah pulau yang terdiri dari banyak gugusan pulau-pulau kecil. Terletak di wilayah Bangansiapiapi, sekitar 72km dari kota Rokan, pulau ini juga sangat dikenal sebagai satu habitat dari hewan penyu yang langka. 

Pada saat-saat tertentu, terutama di musim bertelur kalian akan bisa menikmati pemandangan langka dimana penyu-penyu akan naik ke daratan untuk bertelur di sepanjang bibir-bibir pantai.

3. Danau Raja

Puas menikmati indahnya pantai,  kalian bisa bersantai dengan keluarga atau orang tersayang di sebuah danau terkenal yang terdapat di kota Rengat Riau. 

Menurut sejarah dahulu danau ini adalah lokasi pemandian para kerabat raja dari istana Indragiri. Uniknya, menurut cerita yang beredar, konon di tengah-tengah jalan aliran sungai Indragiri, dulunya terdapat suatu bangunan kerajaan. Sisa-sisa peninggalannya dapat kita jumpai ketika aliran air sungai sedang surut.

4. Istana Siak Indrapura

Tak jauh dari pusat kota Pekanbaru, dahulu berdiri sebuah kerajaan besar yakni Kesultanan Siak sisa peninggalannya masih sangat bisa kita lihat dengan jelas ketika mengunjungi destinasi wisata sejarah di Riau, yakni Istana Siak Sri Indrapura.

Wisata sejarah sekaligus edukasi ini sekarang difungsikan tak ubahnya seperti sebuah museum. Disana terdapat berbagai macam peninggalan masa lalu yang menjadi bukti kejayaan dari Kesultanan Siak. Berbagai macam benda bersejarah bisa mkita nikamati mulai dari lantai pertama hingga lantai kedua.

Pada lantai pertama, kita bisa melihat-lihat benda-benda kuno masa lalu harta dari kesultanan Siak berupa perhiasan, logam, senjata, hingga patung-patung perunggu yang berbentuk Ratu Wilhemina serta Sultan Syarif Hasyim I yang dibuat dari bahan batu pualam berhiaskan berlian.

Sedangkan lantai dua, dulunya adalah bekas dari kamar pribadi Sultan Siak serta beberapa kamar-kamar tamu. Kamar-kamar tersebut sekarang digunakan untuk menyimpan benda-benda pusaka peninggalan istana Siak Sri Indrapura.

5. Masjid Agung An-nur

Memasuki area masjid agung An-Nur kita akan langsung disuguhi dengan suasana seperti sedang berada di Timur Tengah. Hal itu dikarenakan arsitektur dari bangunan masjid ini yang membawa beberapa campuran gaya melayu, India, Arab, dan Turki. Model bangunannya sendri seperti ala-ala Taj mahal.

Masih terletak di Kota Pekanbaru, masjid yang megah berlatar warna hijau ini akan bertambah indah ketika malam hari dimana cahaya lampu berawarna-warni muncul jelas dari kolam.

Fasilitas yang dimiliki oleh masjid dua lantai dengan kapasitas jamaah maksimum 4500 orang ini pun terbilang cukup lengkap, mulai dari halaman parkir yang luas serta tambahan fasilitas seperti akses Wifi gratis ada disana.

6. Sungai Kampar

Berada di sebuah desa bernama Teluk Meranti, sungai satu ini memang cukup unik. Seperti layaknya di pantai, di sungai Kampar ini akan dapat kita jumpai gelombang air layaknya deburan ombak di laut.

Bagi kalian yang hobi berselancar, harus coba bagaimana sensasi berselancar di sungai dengan ombaknya yang khas, yang sering disebut dengan Bono. Namun, sedikit memberitahukan untuk kalian yang ingin merasakan rasanya surfing di sungai hendaknya berhati-hati, karena konon katanya sungai ini menjadi habitat ular dan buaya. 

Buaya sungai kampar banyak ditemukan di hulu sungai, sedangkan untuk ulara kabarnya tersebar di sepanjang aliran sungai. Namun, ular tersebut bukan termasuk ular yang berbisa. Kebanyakan jenis ular disana adalah ular Boa dan ulat Phyton.

7. Taman Rekreasi Alam Mayang

Taman ria yang cocok jadi lokasi kunjungan kalian ketika berada di Provinsi Riau. Disana kalian bisa mengajak keluarga, teman, atau kerabat yang lain untuk menikmati segarnya alam dibawah rindangnya pepohonan. 

Fsilitas seperti taman bermain, berbagai macam wahana yang mengenalkan kita tentang sejarah, seni, dan budaya lengkap ada di lokasi wisata Alam Mayang ini dengan harga yang sangat terjangkauy. Selain itu, fasilitas pendukung lain juga terbilang lengkap.

Taman Alam Mayang ini terletak di L. H. Imam Munandar, Taman Alam Mayang, Tengkerang Tim., Tenayan Raya, Kota Pekanbaru, Provinsi Riau.

8. Danau Buatan Lembah Sari

Ingin menikmati tenangnya air danau di tengah-tengah perbukitan dengan pohon-pohon yang rindang? Atau bersantai ria diatas perahu kayuh sembari menyusuri indahnya danau buatan Lembah Sari? Silahkan kalian datang ke lokasi wisata ini, jaraknya cerada cukup dekat dengan pusat kota Pekanbaru, karena hanya berkisar 10 km saja.

Mulanya, danau ini adalah sebuah waduk yang berfungsi sebagai penampung air irigasi sawah bagi para masyarakat sekitar wilayah tersebut. namun dalam perkembangannya, danau atau waduk buatan ini ternyata mampu menarik perhatian banyak wisatawan, hingga akhirnya menjadi satu destinasi wisata yang cukup baik untuk dikunjungi.

Udaranya sejuk karena memang terletak di area perbukitan yang dikanan-kirinya terdapat banyak pepohonan. Di danau buatan seluas 16 hektar ini kalian bisa bersantai dan menenngakan pikiran sejenak dengan menyewa perahu-perahu dayung atau perahu kayuh yang banyak ditawarkan oleh warga setempat, dengan harga yang relatif terjangkau.

9. Air Terjun Aek Martua 

Dari bahasa Batak Mandailing, nama Aek martua yang disematkan pada air tejun satu ini memiliki arti, yaitu air bertuah. Jika dilihat dari segi bahasa, memang agak terdengar berbeda, karena memang sebagian besar warga Riau menggunakan bahasa melayu. Sedangkan bahasa Mandailing yang dipakai untuk menyebut bair terjun ini berasal dari bahasa para warga setempat yang memang merupakan komunitas warga dari suku Batak Mandailing.

Air terjun yang berada di tengah hutan yang masih sangat asri ini terletak di wilayah kabupaten hulu rokan, tepatnya di kecamatan Bangun Purba, desa Tangun, Riau. Air terjun Aek Martua terlihat sangat menarik karena memiliki tiga tingkatan, dan ukuran mupun tinggi setiap tingkatan tidak sama satu dengan yang lainnya.

10. Air Terjun Guruh Gemurai

Masih seputar wisata alam yang masih benar-benar alami, air guruh gemurai juga patut kalian kunjungi ketika berada di Riau. Letaknya masih di kota Pekanbaru, tepatnya di kabupaten kuantan Singingi. Seperti namanya air terjun ini dikenal dengan suaranya yang bergenuruh keras. 

Meskipun letaknya di tengah hutan, namun fasilitas yang ada di lokasi wisata ini cukup memadai. Disana terdapat beberapa gazebo yang dikhususkan untuk tempat bersantai para wisatawan yang datang ke tempat wisata ini.

11. Makam Datuk Laksamana Raja di Laut

Kalian pasti sudah sangat tidak asing lagi dengan lagu Laksamana Raj Di Laut, bukan? Bukan hanya sekedar lagu, sosok seorang Laksamana Raja di Laut memang benar-benar ada. Ia berasal dari Kesultanan Siak.

Lokasi makam Laksamana Raja di Laut yang terletak di Bukit Batu ini menjadi salah satu titik wisata sejarah sekaligus wisata rohani. Dimana tak hanya wisatawan domestik saja yang datang berkunjung untuk ziarah. Bahkan banyak juga warga dari Malaysia, dan Brunei Darusallam yang datang kemari untuk berziarah

12. Pantai Jangkang

Eksotisme laut memang selalu menjadi primadona bagi semua sobat traveler. Tak mau kalah dengan daerah lain, Riau juga memiliki wisata pantai unggulan  yaitu pantai Jangkang. Letaknya berada kurang lebih 25 km dari kota Bengkalis. 

Beragam fasilitas layaknya wisata terkenal ada di obyek wisata satu ini, seperti halnya penginapan, restoran, dan lain sebagainya.

13. Pantai Rupat Utara

Berkunjung ke Riau jangan lupa juga mampir di Pantai Rupat Utara. Garis pantai yang panjang membentang, pasirnya yang putih bersih, serta airnya lautnya yang menakjubkan dengan paduan corak warna hijau dan biru ini dijamin akan memanjakan mata kalian para sobat traveler.

Berada di pulau Rupat utara, wilayah kabupaten Bengkalis Riau, surga tersembunyi di Indonesia ini hingga saat ini telah terbukti menarik perhatian para wisatawan. Disana kalian juga bisa menikamati berbagai macam hidangan seafood yang tersedia di rumah makan yang berjejer di area pantai.

14. Taman Pelatihan Gajah

Ingin tau bagaimana caranya gajah sekolah? Datang saja di Taman Pelatihan Gajah yang terletak di kecamatan Bukit Batu ini. Di lokasi ini kalian akan dapat melihat bagaimana prosesnya seekor gajah yang awalnya hidup liar di hutan-hutan dan menjadi ancaman bagi warga, justru dilatih untuk dapat melakukan pekerjaan-pekerjaan yang bermanfaat bagi manusia.

Di Taman pelatihan gajah ini kalian akan bisa merasakan kedekatan emosional para warga setempat dengan gajah-gajah yang berhabitat asli di dalam hutan-hutan di wilayah tersebut.

Nah, bagaimana sobat traveler? Setelah membaca artikel Tempat Wisata di Pekanbaru Riau dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik ini, menurut kalian tempat mana ya yang paling pas dikunjungi untuk pertama kali saat menginjakkan kaki di provinsi Riau? Tuliskan jawaban kalian sobat traveler di kolom komentar di bawah postingan ini ya ?