Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Murah dan Enak

Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Murah dan Enak -- Tempat Makan Enak di Jakarta yang Wajib di Kunjungi, Tempat Wisata Kuliner di Jakarta yang Enak Untuk Nongkrong, Tempat Wisata Kuliner Jakarta Paling Enak dan Populer, Tempat Makan Enak Murah Meriah Di Jakarta, Tempat Makan Enak & Murah di Jakarta, Tempat Makan Lesehan di Jakarta Yang Murah, Kuliner di Jakarta.

Kota Metropolitan itu bernama Jakarta. Katanya ia adalah tempat berkumpulnya mimpi dan bergantungnya harapan. Banyak yang berpikri dengan pindah ke sana nasib bisa berubah. Namun tak jarang justru malah bertambah buruk karena tergilas oleh golongan atas. Jakarta adalah sebuah kota tua yang sejak zaman kolonial dulu sudah ramai aktivitasnya. Dikenal dengan nama Batavia pada zamannya, kota ini sekarang sibuk denganhingar binger bisnis dan kemajuan teknologi, pusat pemerintahan, politik, dan manusia yang semakin padat.

Meskipun begitu, untuk Anda yang sedang berlibur ke Jakarta jangan buru-buru pesimis dulu karena hanya akan memandang semua modernisasi Jakarta tanpa bisa melihat sisi eksotis dan manisnya kota ini. Tidak hanya tempat wisata yang penuh sejarah, Jakarta juga punya aneka kuliner tradisional yang sama sekali tidak kalah dengan makanan kekinian yang semakin menjamur di Ibu Kota Indonesia ini. Berikut kami sajikan beberapa menu tradisional yang pastinya membuat liburan Anda menjadi lebih berkesan.

1. Kerak Telor

Makanan khas Jakarta ini sebenarnya berupa telur gulung yang dimasak dengan cetakan yan berisi ketan dan ubi, kemudian di masak dengan tungku. Salah satu lokasi yang terkenal adalah Bang Sape’i Kerak Telor yang beralamat di  Jalan Kebagusan III No. 97 Pasar Minggu, RT.2/RW.5, Kebagusan, Ps. Minggu, Kota Jakarta Selatan. Di Kerak Telor Bang Sape’I ini Anda selain dapat menikmati dan membeli kerak telor untuk oleh-oleh, Anda juga dapat mencicipi makanan tradisional lain seperti tape, uli, Geplak Betawi, Dodol Betawi, Wajik Betawi, Kue Rangi, Rengginang, Renggining, Kue Biji Ketapang, Kue Kembang Goyang, Bir Halal Pletok Khas Betawi yang terbuat dari rempah-rempah, Kue Akar Kelapa, Kembang Ros, Kue Satu, Kue Cincin, Sagon, Kolang Kaling, Laksa, Toge goreng dan Es Slendang Mayang. 

2. Gado-gado

Ketupat dengan guyuran bumbu kacang dan sayuran? Gado-gado jawabannya. Kuliner khas Jakarta ini punya sejarah yang panjang hingga bisa mencapai seperti sekarang. Meskipun begitu jika Anda ingin mencoba kelezatan gado-gado yang melegenda, silahkan datang ke Gado-gado Bonbin. Dengan merogoh kocek sekitar Rp 38.000,00 untuk setiap porsinya, Anda bisa mencoba kekhasan bumbu yang menggunakan kacang yang telah direbus. Gado-gado yang berdiri sejak 1960 ini berlokasi di Jalan Cikini IV No.5, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, RT.14/RW.5, Cikini, Menteng, Kota Jakarta Pusat. Selain bumbunya yang khas, tempat ini juga terkenal memiliki asinan yang lezat.

3. Soto Betawi

Soto betawi adalah salah satu jenis soto yang populer karena memiliki campuran jeroan daging sapi yang membuat hidangannya menjadi gurih. Biasa disajikan bersama dengan daun salam, daun jeruk, daun limo dan kayu manis, Soto Betawi adalah pendamping sempurna bagi istirahat Anda. Jika Anda main ke Jakarta ada beberapa tempat yang kami rekomendasikan untuk mencoba kelezatan Soto Betawi. 

Pertama ada Soto Betawi H. Ma’ruf. Kelezatan soto ini terletak pada daging yang sudah digoreng terlebih dulu sebelum dicampur pada kuah. Selain itu juga ada paru goreng yang garing dan rasanya sangat lezat. Soto Betawi H. Ma’ruf terletak di Jl. Cut Nyak Dien, Menteng. Restaurant ini buka dari jam 10 pagi hingga jam 10 malam. Untuk harga tidak perlu khawatir, masih di bawah tiga puluh ribuan kok. Alternatif lain adalah Soto Betawi H. Mamat yang memberikan soto dengan kuah santan pedas yang banyak cabe rawitnya. Soto Betawi H. Mamat ini berlokasi di Jl. Raya Rawabuntu, Serpong, Tangerang. Untuk harga, sekitaran Rp 35.000,00.

4. Semur Jengkol

Semur Jengkol adalah makanan khas Jakarta yang mengolah jengkol dengan kuah kental yang berisi campuran kecap manis, bawang merah, bawang Bombay, cengkeh dan juga pala. Di daerah lain semur biasanya berisi potongan daging, tapi masyarakat Betawi sangat kreatif mengolah semur ini dengan menggunakan jengkol. Salah satu tempat yang tidak boleh Anda lewatkan jika ingin mencoba kelezatan semur jengkol adalah Betawi Ngoempeol yang beralamat di Jl. Raya Tanah Baru No. 74 Beji, Depok. 

Selain itu, untuk Anda yang ingin mencoba nasi uduk degan menu semur jengkol khas Betawi bisa juga datang ke Nasi Uduk Jengkol yang terletak di Jalan Tanah Merdeka No.70, RT.8/RW.4, Rambutan, Ciracas, Kota Jakarta Timur. Ada pula nasi uduk Mpok Sunayah yang beralamat di Jalan Kemang Raya RT3/RW 2. Warung ini buka dari pukul enam sore. Selain menu semur jengkol ada pula empal, semur tahu, ayam goreng dan bihun.

5. Ketupat Sayur

Untuk Orang Jakarta, ketupat sayur bukan cuma menu lebaran. Jadi, kalau Anda main ke Jakarta jangan lupa cobain langsung ketupat sayur khas Jakarta. Santannya yang gurih dengan tambahan bawang goreng, kacang kedelai dan emping akan membuat pengalaman bersantap Anda menjadi istimewa. Untuk Anda yang ingin mencoba ketupat sayur asli betawi datanglah ke Jalan Kebayoran Lama No. 35 tepatnya di Ketupat Sayur H, Mahmud. Ketupat sayur ini sudah buka sejak pukul sembilan pagi sehingga bisa menjadi alternatif sarapan Anda. Selain ketupat sayur original ada pula tambahan empal, pindang bandeng, semur telor dan lainnya yang menyebabkan campuran ketupat sayur di sini rasanya juara. Untuk harga ada di sekitaran Rp 20.000,00-an saja. Bagi Anda yang ingin mencoba Ketupat Sayur untuk malam hari datanglah ke Ketupat Sayur Mandala yang terletak di Jalan Mampang Prapatan No. 17, RT. 03 / RW. 05, Duren Tiga, Pancoran, RT.4 / RW.5, Duren Tiga, Pancoran, Kota Jakarta Selatan.

6. Laksa Betawi

Ingin mencoba ayam dan udang potong dengan kuah santan yang dimasak bersama bihun, toge, kemangi, jeruk nipis dengan daun salam, jangan sampai kelewatan mencicipi laksa betawi. Salah satu tempat kuliner Jakarta yang menghadirkan menu laksa betawi dengan rasa menggoda adalah Laksa Assirot yang beralamat di Jalan Assirot No.1, Sukabumi Selatan, Kebon Jeruk, Jakarta Barat. Laksa ini terkenal memiliki banyak bumbu rempah-rempah diantaranya daun salam, kencur, ketumbar, kunyit, lengkuas, kemiri, sereh daun jeruk, jahe, temu kunci, udang kecil, jinten, lada, dan biji pala. Satu porsi laksa hanya membutuhkan modal sebesar dua puluh ribu saja.

7. Soto Tangkar Tanah Tinggi

Soto tangkar adalah soto yang terbuat dari iga sapi dan ditambah dengan jeroan. Soto ini merupakan warisan dari masyarakat Betawi di zaman kolonial, yang karena keterbatasan ekonomi hanya mampu membeli iga sapi dengan daging yang sedikit. Akan tetapi dengan kelihaian orang Betawi, iga dengan daging minimum ini kemudian menjadi soto lezat dengan tambahan santan yang tidak terlalu kental. Untuk Anda yang ingin mencoba menu legendaris khas Jakarta ini, datanglah ke Jalan Tanah Tinggi III No.54A, RT.5/RW.1, Tanah Tinggi, Johar Baru. Soto tangkar ini terkenal memiliki rasa yang sangat gurih dengan tambahan kunyit. Selain itu soto tangkar ini bisa dipilihan dengan isian jeroan berupa babat, tulang rawan, paru, telinga sapi dan kikil. Untuk harga tidak perlu khawatir, soto tangkar ini hanya perlu ditebus dengan Rp 24.000,00 saja sudah termasuk nasi.

8. Ketoprak

Olahan yang melibatkan ketupat dan sayur bukan hanya ketupat sayur dan gado-gado saja lho, Jakarta masih punya Ketoprak. Makanan khas dengan rasa gurih dan sesuai dengan selera rakyat. Jika Anda ingin mencoba ketoprak khas Jakarta, datanglah ke Ketoprak Cirebon Mas Bana di Jalan Bhakti IV No.1, RT.7/RW.9, Kemanggisan, Palmerah, Jakarta Barat. Harganya murah, sekitar Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00. Selain di sana, ada pula Ketoprak Mitro yang beralamat di Jalan Mandala Raya No.5, RT.13/RW.5, Tomang, Grogol Petamburan. Keduanya memiliki cita rasa yang sama enaknya, dengan bumbu kacang yang ditumbuk halus dan tambahan lontong, bihun, tahu, bawang goreng dan kerupuk. Sederhana tapi sangat nikmat, bukan?

Demikianlah beberapa alternatif yang dapat kami berikan sebagai pertimbangan bagi Anda yang sedang berlibur ke Ibu Kota Indonesia. Mudah-mudahan apa yang kami sampaikan dapat bermanfaat bagi perjalanan wisata Anda. Selain itu untuk kuliner oleh-oleh khas Jakarta, Anda bisa datang ke daerah Setu Babakan di Jagakarsa dan kawasan wisata Kota Tua.