Tempat Wisata Kuliner di Padang yang Murah dan Enak

Tempat Wisata Kuliner di Padang yang Murah dan Enak -- Tempat Wisata Kuliner Padang Paling Enak Harus Dicoba, Tempat Makan Enak di Kota Padang Sumatera Barat, Daftar Tempat Wisata Kuliner Padang Paling Hits & Wajib Dicoba, Tempat Kuliner Paling Hits di Padang, Kuliner Legendaris dari Kota Padang, Tempat Nongkrong di Padang, Tempat Makan Murah di Padang.

Main-main ke Ibu Kota Provinsi Sumatera Barat tentu tidak lengkap rasanya tanpa mencoba langsung aneka kuliner yang memiliki cita rasa khas Melayu dengan bumbu yang kuat dan aroma yang memikat. Begitulah Indonesia, dari Sabang sampai Merauke semua tempat punya ciri nya sendiri mulai dari corak budaya, pesona alam hingga ke makanan khasnya. Nah, bagi Anda yang ingin berwisata sambil kulineran di Padang, dalam artikel berikut kami berikan beberapa alternatif yang dapat dipertimbangkan. Ssttt, bukan hanya Nasi Padang dan rendang saja lho menu andalan kota satu ini.

1. Aneka Rendang Asese

Rendang dan Padang adalah dua hal yang tidak dapat dipisahkan. Untuk Anda yang ingin mencoba aneka rendang asli Padang langsung saja mampir ke Aneka Rendang Asese yang beralamat di Jalan Thamrin no. 14 Kelurahan Alang Laweh Kecamatan Padang Selatan, Kota Padang.

Bukan hanya sapi, di sini ada berbagai olahan rendang misalnya rendang daging suir, rendang paru, rendang telur, rendang ubi singkong dan rendang ikan tuna. Selain rendang masih ada pula menu dendeng dan keripik.

Di tempat ini rendang tidak hanya dapat dinikmati secara langsung tapi ada pula yang dibungkus rapi dan tahan lama, sehingga siap untuk dibawa oleh-oleh. UMKM yang berdiri sejak tahun 2003 ini bahkan sudah sesuai dengan SNI yang berlaku di Indonesia lho.

Harga yang ditawarkan pun tidak mahal, untuk 500 gram rendang daging sapi misalnya, konsumen hanya perlu merogoh Rp 130.000,00, sementara untuk rendang paru 250 gram cukup Rp 65.000,00. Salah satu yang membuat rasa rendangnya gurih dan enak serta kualitasnya baik adalah karena Aneka Rendang Asese ini menggunakan daging bagian paha. Kemudian untuk bumbu, kelapa yang dipilih berusia sedang, tidak tua dan tidak pula muda.

2. Pondok Baselo Lubuk Idai Padang

Jika Anda sedang di Kota Padang, jangan lupa mampir ke Jalan Padang Raya, No. 17, Siteba, Tj. Saba Pitameh Nan XX, Lubuk Begalung, karena ada sebuah rumah makan bernama Pondok Baselo Lubuk Idai yang memiliki kuliner lezat dengan harga yang ramah.

Menu khasnya adalah ayam, kerang laut dan ikan bakar. Menu ini sangat tepat jika Anda padu padankan dengan aneka pilihan sayuran seperti sayur urap, sayur pakis, gulai daun singkong, daun singkong rebus, serta terong balado yang membuat hidangan jadi makin istimewa. Selain itu ada pula makanan khas Padang yakni Gulai Jariang yang bisa Anda coba di rumah makan yang buka dari pukul 10 pagi hingga 10 malam ini. Untuk harga jangan kaget, karena yang ditawarkan sangat murah, mulai dari Rp 5.000,00.

3. Es Durian

Penyuka es krim dengan cita rasa buah asli Indonesia pasti tak mau ketinggalan dengan Es Durian Ganti Nan Lamo khas Padang. Berlokasi di Jalan Pulau Karam No.103B, Padang Barat. Durian yang digunakan berasal dari pesisir selatan Sumatera yang membuat kualitasnya terjamin dan rasanya enak.

Di tempat ini Anda bisa mencoba Durian Float yaitu durian yang disajikan bersama es krim, atau jika ingin es duriannya saja juga bisa tentunya. Adapula varian es krim durian dengan kacang merah, alpukat maupun cincau. Soal harga tak mahal, mulai dari Rp 18.000,00 saja untuk satu porsinya.

Tempat ini adalah pilihan bersantai yang tepat sambil melepas lelah setelah berkeliling kota. Alternatif lain untuk penyuka es durian bisa pula menyambangi Es Durian Iko Gantinyo yang berlokasi di Jalan Pulau Karam No.9, Padang Barat. Harga yang dibandrol sekitar Rp 31.000,00 untuk seporsi es krim durian. Di tempat ini tidak hanya menyediakan es krim saja lho, masih ada makanan lain seperti Sate Padang dengan harga Rp 21.000,00 saja dan Pempek-pempek aneka jenis. Nah pilihan yang tepat untuk makan siang nih.

4. Martabak Kubang Hayuda

Siapa bilang martabak unik cuma ada di Palembang yang terkenal dengan Martabak Har nya. Padang juga punya lho. Berlokasi di Jl. Prof M. Yamin SH No. 138 B, toko yang menjual martabal telor ini merupakan pelopor martabak khas Padang yang sekarang menjamur.

Walaupun sekilas martabak ini mirip dengan martabak telor pada umumnya, tapi begitu Anda mencicipi sensasi potongan daging sapi cincang yang dibalur aneka bumbu rempah-rempah langsung mendominasi mulut Anda. Terlebih lagi martabak ini dilengkapi dengan “kubangan” berupa kuah yang terbuat dari cuka dengan potongan tomat, irisan cabai dan bawang Bombay. Dengan citarasa istimewa, ternyata martabak ini cukup ditebus dengan Rp 18.000,00 saja seporsinya. Menarik bukan?

5. Sate Padang

Sate Padang adalah makanan khas yang sangat terkenal sampai-sampai banyak yang menjualnya di wilayah lain di Indonesia, bahkan ke mancanegara. Tapi berhubung sedang main ke Padang tentu tidak lengkap dong rasanya kalau tidak mencicipi makanan ini langsung dari daerah asalnya. Sate Padang legendaris di Bumi Minangkabau dapat Anda cicipi di Sate Padang Mak Syukur.

Sematan “melegenda” bukan sekedar label karena rumah makan ini sudah berdiri sejak tahun 1941. Sate Padang Mak Syukur beralamat di Jalan Sutan Syahrir No.250 dan di Jalan Mohammad Syafei No.63. Selain berdiri sejak zaman pra kemerdekaan, sate padang ini juga unik karena penyajiannya dengan daun. Pembeli dapat menikmati sate ini dengan ketupat dan dapat mencampur bumbunya sendiri sesuai selera karena bumbu dan sate berada di tempat terpisah. Kuah santan kental berwarna kuning turut menambah selera siapapun yang memakannya.

Di tempat ini ada beberapa pilihan jenis sate, mulai dari sate daging, sate usus, sate lidah dan sate jantung yang semuanya terbuat dari anggota tubuh sapi. Untuk harga sekelas makanan yang disajikan ternyata tidak mahal, cukup sekitar Rp 35.000,00 saja untuk sebuah porsi yang mengenyangkan perut dan memuaskan lidah Anda. 

6. Martabak Malabar Arham

Masih untuk pecinta martabak, Padang masih punya satu jagoan lagi yang tidak elok jika tidak dikunjungi. Namanya Martabak Malabar, yang merupakan olahan dari keturunan India yang bermukim di Padang.  Cita rasanya jadi semakin kaya karena adanya perpaduan bumbu khas Padang yang pedas dan kare ala India.

Silahkan coba nikmatnya dengan datang langsung ke Jalan  Moh. Husni Thamrin No.1, Belakang Pd., Padang Selatan. Satu porsi martabak dihargai sekitaran dua puluh ribuan. Selain martabak ada pula menu lain yang siap memanjakan selera Anda, mulai dari nasi gulai, roti cane dan roti telur yang dipadupadankan dengan kari serta tentu menu spesial lain berupa nasi biryani yang dibandrol dengan harga Rp 35.000,00.

7. Restaurant Soto Garuda

Berlokasi di Jalan S. Parman No.110, Lolong Belanti, Padang Utara, restaurant ini adalah tempat yang menggoyang lidah para pecinta soto. Jika Anda bosan dengan kuah soto yang terbuat dari kaldu buatan dengan banyak MSG, silahkan dicoba kenikmatan bumbu khas Padang yang terkenal jago memadupadankan aneka rempah-rempah, ditambah dengan bihun putih, daging goreng dan nasi hangat. Kuliner ini buka dari jam sepuluh pagi sampai jam Sembilan malam lho, bisa menjadi pilihan istirahat siang mapun makan malam Anda.

8. Kacimuih

Tidak hanya makanan “berat” nya saja yang terkenal lezat, Padang juga memiliki jajanan pasar tradisional yang sangat gurih. Namanya kacimuih. Anda dapat menemukannya di pasar-pasar tradisional dengan harga yang sangat murah, antara Rp 3.000,00 hingga Rp 5.000,00 saja.

Kacimuih adalah panganan tradisional yang terbuat dari singkong kukus yang diparut dan kemudian dibentuk menjadi bola-bola. Kacimuih biasanya dihidangkan bersama dengan parutan kelapa yang dicampur dengan gula, bisa gula pasir maupun gula merah. Sensasi singkong kukus parut yang masih kasar ditambah dengan manisnya gula akan membuat Anda ingin mencobanya lagi dan lagi. Cemilan ini layak untuk dicoba untuk menyeimbangkan wisata kuliner Anda yang didominasi olahan daging dan kuah santan.

Demikianlah beberapa alternatif wisata kuliner yang dapat kami rekomendasikan untuk memanjakan liburan Anda. Ohya, bagi Anda yang ingin mencoba rumah makan Padang yang asli ada di Padang, jangan kaget karena tidak ada rumah makan dengan format seperti yang biasa kita labeli sebagai Rumah Makan Padang. Hihi. Setiap daerah punya spesialisasinya sendiri, misalnya untuk gulai silahkan pergi ke daerah Bungus, sementara untuk dendeng baracik bisa datang ke Solok. Menarik bukan?