Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Murah dan Enak

Tempat Wisata Kuliner di Semarang yang Murah dan Enak -- Tempat Kuliner di Semarang yang Terkenal Akan Kelezatannya, Kuliner Semarang Murah Meriah, Wisata Kuliner Kota Semarang, Restoran Enak di Semarang, Tempat makan di Semarang yang Romantis, Tempat Makan Wisata Kuliner di Semarang, Tempat Makan Enak Murah Meriah Di Semarang, Kulineran di Semarang.

Semarang dikenal sebagai daerah dataran rendah yang memiliki nilai histori dan kebudayaan yang kental. Tak hanya itu, Semarang juga dikenal memiliki beragam lokasi wisata yang sayang untuk dilewatkan. Nah jika Anda berwisata ke Semarang jangan lupa mencicipi aneka makanan khas ibu kota Jawa Tengah yang terkenal dengan cita rasanya yang unik dan pasti siap memanjakan lidah Anda semua. Kami berikan beberapa rekomendasi yang dapat Anda coba tanpa menguras dompet Anda.

1. Lumpia Semarang Gang Lombok

Lumpia Semarang adalah salah satu makanan ikonik di sini. Tidak seperti lumpia pada umumnya, lumpia Semarang memiliki ciri adanya rebung dalam lumpia. Salah satu Lumpia Semarang yang paling terkenal adalah Warung Lumpia Gang Lombok. Warung ini terletak di sekitaran Pasar Johar dan dekat Klenteng Tay Kak Sie. Ada dua jenis lumpia yang dijual di sini, yaitu edisi goreng dan basah. Isian yang ditawarkan berupa rebung, udang dan telor. Penyajian lumpia semarang ini dilengkapi dengan saus dan daun bawang. Kelezatan Lumpia Semarang Gang Lombok ini sudah dikenal secara turun temurun. Tak heran, warung yang buka dari pukul delapan pagi ini saat ini dikelola oleh generasi ketiga.

2. Lunpia Delight

Mau perpaduan nuansa tradisional dan modern dalam satu mangkok? Lunpia Delight jawabannya. Berlokasi di tengah kota jalan Gajah Mada Semarang Tengah, warung yang terletak di sebelah toko Istana Buah ini didirikan oleh salah seorang pelopor usaha lumpia di Semarang yang bernama Cik Me Me. Keistimewaan lumpia di sini adalah, tidak hanya mempertahankan citra rasa turun temurun, terobosan baru dengan menambah anek avarian juga dilakukan sehingga Anda tidak bosan mencoba variannya.  Ada daging  jamur, daging kepiting, daging kambing jantan muda dan ikan kakap yang siap menemani rebung dan telor dalam mengisi lumpia basah maupun goreng pilihan Anda. Soal harga tak usah khawatir karena hanya mulai dari Rp 8.000,00 saja.

3. Asem-Asem Koh Liem

Penyuka makanan asem tentu tidak ingin melewatkan Asem-Asem Koh Liem yang beralamat di Jalan Karanganyar No.28- C4, Gabahan, Semarang Tengah, Gabahan, Semarang Tengah, Kota Semarang. Ada banyak menu asem daging yang disediakan. Harganya mulai dari Rp 12.000,00 saja untuk menu bandeng dan bervariasi untuk jenis daging yang lain. Misalnya saja udang goreng seharga Rp 50.000,00 dan Jerohan Ayam Goreng seharga Rp 30.000,00. 

4. Rumah Makan Kampung Laut

Anda ingin berwisata alam sambil kuliner? Atau ingin menikmati makan malam yang romantis? Bisa semuanya dalam satu paket di Rumah Makan Kampung Laut. Restaurant ini selain menjadi alternatif tempat makan yang ciamik juga merupaan tempat memancing yang menyenangkan untuk menghabiskan waktu bersama keluarga maupun teman-teman Anda. Dengan desain yang serba kayu, Anda dapat mencicipi berbagai makanan khas yang ada di kampung laut ini. Beberapa menu andalannya adalah Bandeng Kropok, Gurame Bumbu rujak, Soup Tom Yam, Lodi Asam Manis, Udang Patin Bakar Bumbung dan Bawal Bintang Bakar. Rumah makan yang buka dari pukul 11.30 siang hingga 10 malam dan pukul 10 pagi hingga 10 malam untuk hari Minggu ini bisa Anda temui di alamat Puri Maerokoco Jalan Anjasmoro Tawang Mas Kota Semarang.

5. Restoran Pesta Keboen

Bagi penyuka suasana vintage dan kental sejarah tempo dulu, mari mampir ke Restoran Pesta Keboen yang berlokasi di Jalan Veteran No.29, Lempongsari, Gajahmungkur, Kota Semarang. Restaurant yang dibangun di dalam sebuah rumah kuno yang konon sudah dibangun sejak tahun 1850 ini memiliki dekorasi khas Belanda lengkap dengan furniturenya. Untuk menu pilihannya sendiri pun menyesuaikan sehingga aura-aura klasik yang mewah dapat Anda temukan ketika berkunjung ke tempat ini. 

Menu andalan di Restoran Pesta Keboen adalah udang masak bawang dan es special Pesta Keboen yang berupa potongan semangka, melon, pepaya, pisang serta alpukat yang dipadupadankan dengan jus sirsak. Panganan yang disajikan memang sangat cocok di lidah masyarakat Indonesia. Tak hanya itu, salah satu keunikan menu di restaurant ini adalah Anda dapat memilih menunya secara satuan maupun dalam paket. Untuk paketnya sendiri menggunakan nama-nama ikonik yang ada di Kota Semarang. Contohnya, Paket Simpang Lima yaitu gabungan nasi putih, Sup Bola-Bola Jamur, Oxtail Saus Merah, Udang Masak Bawang, Sayur Kailan Polos, dan kerupuk udang. Untuk harga tidaklah mahal. Satu paketnya bisa dibandrol Rp 250.000,00 dan itu bisa dimakan untuk empat orang.

6. Angkringan

Tidak hanya Jogja, Semarang pun memiliki wisata kuliner angkringan yang pastinya tidak kalah dari segi rasa maupun harga. Salah satu yang terkenal adalah Angkring Ing Teras. Angkringan yang beralamat di Jalan Pusponjolo Selatan No. 28. Di sini tersedia aneka menu tradisional hingga modern dengan harga yang terjangkau. Alternatif menu yang bisa kalian nikmati adalah nasi teri pedas, nasi krecek, nasi kikil Lombok ijo, nasi pindang dan nasi ayam jambul masing-masing dengan harga Rp 2.000,00 saja; ada pula menu wedang uwuh seharga Rp 7.000,00 dan wedang jahe jeruk seharga Rp 5.000,00.

7. Waroeng Semawis

Pergi ke Jalan Gang Warung No. 50, Kauman, Semarang Tengah, Kranggan, Semarang Tengah, Kota Semarang mulai jam enam sore Anda akan disuguhkan dengan pasar kuliner malam yang menyajikan aneka makanan. Ada sekitar 120 tenda penjual makanan yang siap memanjakan lidah Anda dengan menu berbeda tiap minggunya. Harga yang ditawarkan mulai dari Rp 5.000,00 saja. Salah satu alternatif menu yang dapat dipilih adalah nasi ayam dan babat gongso. Selain itu aneka cemilan seperti siomay, lumpia, bandeng dan wingko juga bisa menjadi alternatif.

8. Bakmi Jawa Pak Gareng

Pecinta bakmi, mampir ke bakmi jawa khas Semarang yang ada di Jl. Wotgandul Dalam No. 177, Gabahan, Semarang Tengah, Gabahan, Semarang. Kedai ini terkenal dengan nama Bakmi Jawa Pak Gareng ini. Bakmi ini dibuat dengan bumbu masakan manis khas selera orang Semarang. Keistimewaan bakmi terletak pada mie yang dibuat sendiri, dengan toping ayam suwiran yang berasal dari ayam pejantan kampung, dengan kaldu yang juga berasal dari ayam yang sama dan telur itik. Selain bakmi, menu terkenal di sini adalah nasi goreng, bihun dan sate ayam. 

9. Sego Ayam Semarang

Ingin kuliner tradisional yang pas di lidah? Cobain yuk Sego Ayam Bu Wido yang terletak di Jalan Melati Selatan. Nasi ayam ini mirip dengan nasi liwet yang ada di Solo, berupa nasi putih yang dimasak dengan santan dan ditambah menu suwiran ayam, sambal goreng labu, tahu bacem, tahu putih dan relur pindang. Untuk menambah citarasa, nasi ini kemudian disiram dengan menggunakan kuah santan. Bagi penyuka pedas bisa ditambah pula dengan sambal. Satu porsinya hanya cukup ditebus dengan harga Rp 10.000,00 hingga Rp 15.000,00 saja lho.

10. Mangut Welut

Welut alias belut adalah sajian utama khas Warung Bu Nasima yang terletak di Jalan Menoreh Raya No.10, Sampangan, Semarang. Dengan harga mulai dari Rp 10.000,00 saja Anda dapat mencicipi aneka makanan olahan dari belut dan ikan tawar lainnya yang dibalur dengan aneka bumbu racikan khas Semarang. Salah satu yang tidak boleh dilewatkan adalah kepala manyu, mangut belut dan pindang. Sebagai menu pendamping ada pula aneka sayuran seperti nagka, daun pepaya dan oseng-oseng yang pasti sangat nikmat untuk dicoba.

11. Tahu Pong

Tahu Semarang memang terkenal gurih. Nah, salah satu kuliner berbahan dasar tahu yang menjadi ciri khas kota Semarang adalah Tahu Pong yang terletak di Jalan Gajah Mada 63B, Semarang. Tahu Pong sendiri bermakna tahu kosong, yang artinya ketika diiris tahu ini tidak memiliki isi apapun didalamnya. Adapula yang menyebutkan bahwa kata ‘pong’ berasal dari ‘phong’ yang artinya menggembung. Jika Anda tertarik, siapkan kocek antara Rp 18.000,00 hingga Rp 26.000,00 saja untuk sebuah paket tahu komplit yang berisi tahu pong, tahu emplek, gimbal dan telor.

Demikianlah beberapa alternatif tempat wisata kuliner yang dapat Anda coba jika sedang di Semarang. Mudah-mudahan referensi ini dapat memberikan lebih banyak kenangan bagi Anda selama ada di kota ini.