Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Banten Tempat menarik, Tempat Wisata di Banten yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan, Destinasi Objek Wisata Serang Banten Yang Terbaru Dan Lagi Hits yang Murah dan Menarik, Tempat Rekomendasi Wisata Alam Banten Terbaik & Terpopuler, Tempat Romantis di Serang Banten, Daftar Tempat Rekreasi di Banten

Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik – Letaknya yang tak jauh dari ibukota, membuat perkembangan yang terjadi di Provinsi Banten terus mengalami pergerakan yang cukup signifikan, terlebih lagi Banten adalah termasuk salah satu wilayah di Indonesia yang menjadi pusat atau sentra industri. 

Bukan hanya di bidang industri saja, nama Banten juga tercata sebagai salah satu wilayah di Indonesia yang kaya akan keberagaman budaya khas serta menyimpan begitu banyak kekayaan alam yang banyak diakui sebagai tempat wisata menarik dan menjadi destinasi wisata para pelancong baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

7 Tempat Wisata di Banten dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Sebelum kita mengulas tentang betapa eksotisnya daftar 7 tempat wisata populer yang ada di Banten, sedikit menilik sejarah Banten yang dulunya dikenal dengan sebutan nama Bantam pada abad ke-5 adalah salah satu wilayah bagian dari kerajaan Tarumanegara.

Dibandingkan dengan provinsi lainnya, Banten memang tergolong bocah yang baru lahir kemarin sore. Karena memang, provinsi Banten yang dulunya termasuk wilayah Provinsi Jawa Barat baru diresmikan menjadi satu wilayah provinsi sendiri pada tahun 2000 yang lalu. Namun meskipun demikian, usi yang baru seumur jagung tak menghentikan kemajuan pembangunan di Banten dari sektor apa saja.

Termasuk di dalamnya adalah pembangun pada bidang pariwisata yang memang sangat menjadi satu fokus pembangunan yang dilakukan oleh pemerintah setempat. Nah, jika kebetulan kalian akan sobat traveler sedang mencari-cari tujuan wisata dalam negeri menarik, murah, dan cukup dekat untuk dijangkau mungkin 7 tempat wisata populer di Banten ini membantu kalian untuk mengisi list spot wisata yang akan dikunjungi.

1. Pulau Dua / Pulau Burung Banten

Obyek wisata pertama yang termasuk daftar kita kali ini adalah YANG SERING DIKENAL DENGAN NAMA Pulau Dua atau Pulau Burung. Pulau yang telah diresmikan sebagai wisata cagar alam di Indonesia ini memiliki luas tak kurang dari 30 hektar, secara administratif pulau dua ini berada di satu desa bernama Sawah Luhur, Kec. Kasemen, Kab, Serang, Prov. Banten. Dari pusat kota Serang sendiri jaraknya tak terlampau jauh, karena hanya berjarak tak lebih dari 30 metaran saja.

Bagi yang pertama kali kesana dan belum pernah mendengar asal-usulnya mungkin akan sedikit heran, mengapa lokasi ini disebut pulau? Karena jika dilihat dari struktur tanahnya yang ternya masih terlihat menyatu dengan pulau jawa. Sebenarnya pulau ini awalnya adalah bagian terpisah yang dibatasi dengan sebuah selat berjara 500 meter dari bibir pantai selatan Jawa. Namun, karena terjadi pendangkalan yang terjadi pada sungai Cibanten mempengaruhi ketinggian daratan, sehingga batas antara kedua pulau pun menjadi samar atau tidak jelas. Hingga akhirnya pulau burung/pulau dua pun menyatu dengan pulau Jawa, hal ini juga mengakibatkan melebarnya luas wilayah yang dulunya hanya 8 hektar saja, kini menajdi 30 hektar luasnya.

Pulau ini disebut dengan Pulau Burung karena disana memang tersimpan berbagai macam jenis spesies burung yang tinggal. Beberapa ahli telah melakukan penelitian dan memastikan bahwa di pulau itu setidaknya tinggal 108 jenis burung dan telah tercatat ada 10.000 ekor burung yang hidup di wilayah pulau tersebut. Burung-burung ini akan mudah kalian jumpai ketika bulan Maret hingga Juli, karena pada bulan-bulan tersebut burung-burung yang tinggal disana masuk kedalam musim kawin.

Untuk mencapai pulau dua/pulau burung ini juga tidak terlalu sulit, kalian hanya perlu menuju ke desa Sawah Luhur, Kasemen, Serang. Jang malu untuk bertanya kepada masyarakat sekitar, karena memang petunjuk jalan untuk menuju ke lokasi ini tidak terlalu jelas.

2. Pantai Tanjung Lesung

Banten memang terletak di daerah pesisir selatan jawa, oleh karena itulah mungkin sudah bukan hal yang aneh lagi jika daerah provinsi ini menyimpan begitu banyak surga tersembunyi dengan berjuta keindahan alam di dalamnya. Salah satunya adalah Pantai Tanjung Lesung.

Bagi kalian para sobat traveler yang ingin merefresh otak setelah sekian lama bergulat dengan kertas-kertas dan bolpoin tentu sangat cocok untuk mengunjungi titik wisata di Banten satu ini.  Terletak di wilayah Kab. Pandegelang, tepatnya di kecamatan Panimbang, Pantai Tanjung Lesung juga pantas masuk dalan jajaran pantai terindah yang bisa bikin kalian betah berlama-lama saat mengunjunginya.

Dengan harga tiket masuk yang relatif sangat murah, yakni hanya berkisar harga 20ribuan saja kalian sudah bisa menikmati indahnya laut selatan jawa yang airnya gemerlapan terkena pantulan sinar matahari. Udara yang sejuk efek dari semilirnya angin yang berhembus juga akan mampu menerbangkan pikiran kalian, hingga sejenak bisa melupakan semua masalah atau beban yang dirasakan.

Fasilitas yang tersedia pun tak mau kalah dengan tempat wisata terkenal yang ada di Indonesia, berjajar restoran hingga warung makan yang menyediakan aneka macam masakan seafood banyak kalian jumpai di tempat ini. Penginapan untuk kalian yang ingin sedikit lama menikmati keindahan pantainya, juga disediakan disisini, menariknya lagi Tanjung Lesung juga memiliki fasilitas Beach Club, yang membuat pantai ini juga dicap sebagai Bali kedua oleh wisatawan yang mengunjunginya.

3. Kampung Baduy

Pernah dengar istilah Arab Baduy? Di Indonesia juga ada lho, masyarakat Baduy! Kalau di Arab, Baduy dianggap orang-orang yang masih sangat tertinggal oleh perkembangan peradaban. Sedikit berbeda dengan yang ada di Indonesia, Ddi Lebak, Banten setidaknya hidup 8000 penduduk yang tergolong masyarakat Bady atau suku asli dari Banten.

Orang-orang Baduy masih sangat menjaga adat, budaya, serta tradisi nenek moyang mereka terutama adalah budaya Sunda, yang mereka percaya sebagai budaya asli masyarakat Baduy sejak masa hidup para leluhur mereka.

Setidaknya ada dua kelompok suku Baduy yang ada di Lebak, Banten. Diantaranya adalah Suku Baduy Dalam dan Suku Baduy Luar. Suku baduy dalam inilah yang masih sangat menjaga keaslian budaya mereka bahkan mereka menutup diri dari dunia luar. Sedangkan untuk suku baduy luar, meskipun mereka juga masih menjunjung tinggi adat dan budaya leluhur, namun mereka tidak alergi terhadap perkembangan jaman. Komunikasi suku baduy luar dengan ‘dunia luar’ tak mereka batasi seperti saudaranya suku baduy dalam.

4. Pantai Sawarna

Salah satu tempat wisata populer di Banten adalah Pantai Sawarna. Trletak di desa Sawarna, Kec. Bayah, Lebak, Banten. Pantai yang sangat terkenal dengan ke-eksotisan alamnya ini menjadi destinasi liburan utama bagi para wisatawan yang menginjakkan kaki mereka di wilayah Provinsi Banten.

Alasan pantai Sawarna dijadikan obyek wisata favorit adalah selain alamnya yang begitu menakjubkan, untuk menikmati salah satu surga tersembunyi di barat pulau Jawa ini kalian hanya cukup merogoh kocek sebesar 5000 rupiah saja, untuk harga tiket masuknya. Sungguh nominal yang sangat murah bukan?

Setelah memasuki gerbang tempat pembayaran loket, kalian akan langsung disamput dengan hamparan pasir putih bersih yang mengagumkan, berjalan menyusuri pasir pantai sawarna akan membuat kalian merasa seakan berjalan di atas awan.

Fasilitas yang disediakan oleh pemerintah serta pengelola pun cukup lengkap-, dan yang pasti jika dibandingkan dengan tempat wisata lainnya harga masih tergolong cukup terjangkau. Contohnya saja, untuk menyewa tempat penginapan di pantai Sawarna kalian hanya perlu mengeluarkan isi dompet sebesar 250ribu saja untuk menginap semalaman. Harga yang ditawarkanpun bervariasi tergantung dengan fasilitas khusus yang kalian dapat di penginapan tersebut.

Bagi kalian yang ingin mencoba bermain dengan ombak Samudra Hindia yang terkenal besar dan kuat, disan juga terdapat banyak jasa penyewaan alat-alat surfing atau berselancar, tersedia juga para pemandu selancar untuk kalian yang masih pemula.

5. Taman Nasional Ujung Kulon

Seperti namanya, Taman Nasional Ujung Kulon merupakan salah satu dari taman nasional Indonesia yang dibangun di ujung sebelah barat dari pulau Jawa. Tepatnya, taman nasional ini terletak di dua wilayah kecamatan, yakni Kecamatan Sumur dan Cimanggu, Kabupaten Pandeglang, Banten.

Taman nasional yang juga menjadi satu obyek wisata terkenal di daerah Banten ini terbilang cukup luas cakupa areanya, yakni sekitar 122.956 hektar, sedangkan 44.337 hektar yang termasuk didalamnya adalah kawasan perairan.

Taman Nasional Ujung Kulon yang didalamnya menyimpan spesies langka asli Indonesia yaitu badak jawa bercula 1 ini diresmikan sebagai kawasan Natural World Heritage Site oleh Komisi Warisan Dunia dari organisasi Internasional UNESCO.

Fasilitas yang disediakan di tempat wisata ini terbilang lengkap, namun sayangnya harga yang ditawarkan cukup tinggi, Bukan tanpa alasan, kawasan tamn nasinal ujung kulon memang satu lokasi wisata luas yang menyimpan banyak sekali spot wisata menarik. Berkunjung ke ujung Kulon tak cukup kalian habiskan dalam waktu sehari saja. Untuk mengatasi mahalnya tarif fasilitas seperti sewa kapal dan penginapan, kalian bisa mengunjungi tempat wisata ini secara berkelompok. Dengan demikian beban biaya akan terasa lebih ringan karena ditanggung bersama-sama.

Namun demikian, meskipun fasilitas disana tergolong mahal, harga tiket masuk yang dibebankan oleh pihak pengelola kepada para pengunjung jauh berbeda. HTM untuk dapat masuk ke lokasi wisata taman nasional ujung kulon sendiri hanya dipatyok dengan  harga 5000rupiah untuk hari-hari biasa, sedang untuk hari libur sedikit lebih tinggi yakni sekitar 7500rupiah.

6. Pantai Carita

Lokasinya berjarak kurang lebih 160km dari pusat ibukota Jakarta. Pantai Carita merupakan salah satu dari begitu banyak obyek wisata yang ada di Banten yang juga sangat terkenal. Karakteristik ombaknya yang tak terlalu besar dan bersahabat, airnya yang jernih, serta pantainya yang bersih, membuat pantai cari menjadi destinasi utama yang biasa dikunjungi oleh para wisatwan baik domestik maupun manca negara.

Untuk fasilitas yang disediakan bagi pengunjung, tak perlu kalian khawatirkan, karena disa sudah sangat lengkap tersedia layaknya lokasi wisata terkenal yang lainnya. Dipantai ini kalian juga bisa melihat langsung megahnya gunung Krakatau yang namanya mendunia itu. 

Harga tiket masuk ke obyek wisata andalan Banten ini bervariatif, mulai dari 15ribu hingga 30ribuan untuk HTM keluarga (perorangan, mobil, motor) sedngakan harga tiket masuk untuk rombongan adalah berkisar di nominal angka 500ribu untuk bus kecil, dan  800ribu untuk busa besar.

7. Masjid Agung Banten

Puas menyusuri keindahan alam dan budaya yang ada di Banten, tak lengkap rasanya jika tidak menyejukkan hati dengan berwisata ke lokasi wisata religi, seperti Masjid Agung Banten ini. Terutama bagi kita yang beragama muslim, alangkah baiknya kita mengucapkan syukur kepada Allah SWT atas anugerah alam yang diciptakannya, yang tadi beberapa telah kita kunjungi dan nikmati keindahannya.

Masjid Agung Banten adalah salah stau bangunan bersejarah yang telah dibangun sejak tahun 1569 silam. Perpaduan arsitekturnya yang beragam, menjadi simbol majunya peradaban yang telah terbangun sejak lama di bumi Indonesia. Masjid ini dari beberapa sisinya dapat kita ketahui adanya percampuran gaya arsitektur, diantaranya Jawa, Hindu, China, dan Eropa.

Tak hanya bisa beribadah, di Masjid Agung Banten kalian juga bisa belajar tentang sejarah perkembangan Islam khususnya yang ada di Banten dari peninggalan-peninggalan kerajaan dahulu kala yang tersimpan dan terawat dengan sangat baik di lokasi ini.

Nah, itulah tadi sobat traveler 7 tempat wisata populer di Banten. Nantikan informasi wisata menarik di seluruh Indonesia yang akan kita ulas di artikel berikutnya.