Tempat Wisata di Bekasi dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Bekasi dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Bekasi Tempat Menarik, Tempat Wisata di Bekasi Jawa Barat Paling Terkenal yang Wajib di Kunjungi, Tempat Wisata di Bekasi yang Paling Populer, Daftar Tempat Wisata di Bekasi, Tempat Wisata Hits di Bekasi Paling Rekomended Dikunjungi, Tempat Wisata di Bekasi Jawa Barat Paling Menarik dan Hits dan Hunting

Tempat Wisata di Bekasi dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik – Dekat dengan lokasi Ibukota Jakarta, membuat perkembangan infrastruktur di kota Bekasi melaju cepat. Tak hanya pada bidang pelayanan umum saja, pembangunan kota Bekasi juga mngedepankan pada sektor pariwisata. Bagi pemerintah kota Bekasi, sepertinya kemajuan yang ada pada bidang pariwisata menjadi fokus yang sangat diutamakan. Hal itu terlihat dari cukup banyaknya destinasi wisata menarik di kota ini. 

Bekasi menjadi tujuan wisata banyak orang karena lokasinya yang berada tak jauh dari Ibukota Republik Indonesia, yakni Jakarta. Untuk masyarakat yang terlalu sibuk dengan pekerjaannya dan tak memiliki banyak waktu untuk liburan, pasti memilih untuk mengunjungi tempat wisata yang tidak terlalu jauh jaraknya, mengingat keesokan harinya mereka harus kembali berkutat dengan tanggung jawab pekerjaannya masing-masing.

Nah, untuk lebih mengenal keunggulan kota Bekasi pada sektor pariwisatanya, mari di artikel kali ini kita terbang bersama-sama menengok 9 Tempat Wisata Menarik yang ada di  kota Bekasi.

9 Tempat Wisata Unggulan Kota Bekasi

Bekasi, seperti yang kita ketahui bersama bahwa kota ini adalah salah satu wilayah kabupaten yang terletak di Provinsi Jawa Barat. Dari catatan sejarah yang telah ditemukan, nama Bekasi dahulu berasal dari kata Bagasasi atau Candrabaga seperti yang terukir dalam sebuah prasasti peninggalan kerajaan Tarumanegara yang disebut dengan prasasti Tugu. Candrabaga sendiri adalah nama sebuah suangi yang mengalir di sepanjang kota Bekasi. Dalam perkembangannya, kota Bekasi saat ini bahkan telah menjadi salah satu dari kota terbesar ke empat yang ada di Indonesia, yang mana tergabung dalam kelompok kota megapolitan yang disebut dengan Jabodetabek.

Berikut ini adalah rekomendasi 9 tempat wisata unggulan di kota Bekasi. Beberapa diantaranya munkgin cocok untuk kalian yang sedang mencari alternatif tempat wisata di Jakarta dan sekitarnya.

1. Pantai Muara Gembong

Bosan dengan suasana kota yang penuh dengan keramaian dan asap polusi, berlibur menikmati luasnya laut utara jawa di pantai Muara Gembong pasti sangat menyenangkan. Pantai yang juga memiliki wisata unggulan hutan mangrove ini menjadi destinasi wisata unggulan yang berada di wilayah kecamatan Muara Gembong, Bekasi.

Luas hutan mangrove yang ada di area pantai gembong ini terbilang cukup luas, mencapai 17 kilometer atau sekita 70 hektar. Selain itu kalian juga bisa melihat langsung proses budidaya ikan, udang hingga rumput laut dengan metode tambak, yang merupakan satu profesi masyarakat sekitar pantai Muara Gembong.

Untuk lebih memberikan rasa nyaman bagi para wisatawan, pihak pengelola bersama masyarakat sekitar juga menyiapkan fasilitas yang cukup lengkap. Mulai dari area parkir kendaraan pengunjung yang aman dan luas, tempat untuk beribadah, toiled, penginapan bagi kalian yang ingin lebih lama menikmati keindahan alam pantai Mura Gembong, dan fasilitas-fasilitas lainnya.

Masih di wilayah kecamatan Muara Gembong, di sekitar area pantai ini juga masih terdapat beberapa pantai-pantai lain yang juga tak kalah menarik untuk dikunjungi, beberapa diantarannya adalah Pantai Muara Benitn, Pantai Muara Bendera, Serta Pantai Mekar.

2. Pantai Mekar

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pantai mekar ini masih satu area dengan Pantai Muara Gembong yang letaknya berdekatan. Di Pantai Mekar kalian bisa melihat juga muara sungai dari aliran sungai Citarum yang langsung menuju ke laut lepas. Untuk mengamati lebih dekat, kalian bisa menyewa jasa angkutan perahu yang ditawarkan oleh para nelayan disana.

Ada satu hal spot unik yang terdapat di pantai Muara Kembang, yakni di tengah-tengah lautan kalian akan melihat satu bangunan seperti gazzebo yang mengapung diatas permukaan laut yang bergelombang-gelombang. Lokasi ini disebut dengan nama Villa Joglo.

3. Curug Parigi

Masih seputar wisata alam, di daerah Bekasi tepatnya dekat dengan lokasi TPST atau Tempat Pengolahan Sampah Terpadu Bantar Gebang, kalian bisa mengunjungi salah satu spot wisata yang cukup unik bernama Curug Parigi. 

Curug Parigi atau yang dalam bahasa Indonesia disebut air terjun Parigi ini memang belum lama dikenal oleh masyarakat sebagai tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini mulai masuk dalam jajaran daftar wisata alam favorit masyarakat pada tahun 2000an silam. Walaupun sebenarnya, jauh sebelum air terjun ini banyak dikunjungi wisatawan, Curug Parigi telah menjadi satu lokasi andalan yang sering digunakan untuk lokasi syuting film.

Keunikan yang terdapat pada Curug Parigi ini adalah bentuk dan struktur bebeatuannya yang jika dilihat dengan seksama akan mengingatkan kita dengan air terjun yang terkenal di dunia, yakni air terjun niagara, andalan Negeri Paman Sam.

4. Hutan Rimba Kota

Satu lagi dari daftar tempat wisata menyejukkan yang dapat kalian kunjungi ketika berada di kota Bekasi. Tak jauh dari pusat kota, terdapat satu lokasi yang resmi dibuka oleh pemerintah setempat sebagai hutan kota taua paru-paru kota.

Di lokasi wisata hutan kota yang memiliki luas dan kurang dari 2 hektar ini kalian bisa menyegarkan pikiran kembali dengan berbagai kegiatan seperti olahraga bersepeda qatau jogging mengelilingi loksi rimaba kota Bekasi.

Selain itu, di wisata murah kota bekasi ini kalian juga bisa melihat-lihat dengan lebih dekat proses penangkaran burung, khususnya merpati dan kutilang, yang pasti sudah sangat jarang kalian temui di perkotaan.

Untuk dapat masuk dan menikamati kesejukan alam dari pepohonan yang asri di rimba kota ini, kalian tak perlu mengeluarkan biaya seperserpun untuk membeli tiket, alias gratis. 

5. Water Boom Cikarang

Nah, untuk tempat wisata menarik di kota Bekasi nomor urut kelima ini mungkin akan cocok untuk kalian yang ingin bersenang-senang bersama keluarga dengan memainkan berbagai wahana yang ada di Waterboom Cikarang. 

Berada di daerah Cikarang, Bekasi, atau yang tepatnya di Jl. Madiun Kav. 115, Lippo Cikarang, Waterboom Cikarang ini menjadi salah satu destinasi wisata favorit para pelancong, khususnya yang berada di sekitar kota Bekasi. Bukan hanya karena lokasinya yang dekat dan mudah dijangkau, waterboom Cikarang ini menjadi pilihan para wisatawan karena memiliki banyak wahana permainan yang seru dan menyenangkan.

Dengan mengambil tema wisata Bali, nuansa seperti sedang berada di pulau Dewata akan sangat terasa ketika kalian mengunjungi tempat ini. Selain itu, fasilitas yang tersedia pun juga sangat lengkap, layaknya fasilitas-fasilitas yang ada di tempat wisata modern lainnya. Sedangkan maslah biaya pun juga cukup terjangkau. Kalian hanya butuh merogoh kocek berkisar 60.000 untuk hari biasa, dan 95.000 HTM untuk di hari libur/hari besar. Bagi kalian yang membawa kerabat, adik, atau anak berusia dibawah 2 tahun tidak akan dikenai biaya tiket, alias gratis.

6. Saung Ranggon

Puas menjelajahi alam dan bersenang-senang di waterboom Cikarang, liburan kalian akan kurang lengkap jika tidak mengunjungi tempat-tempat wisata sejarah di kota Bekasi, salah satunya adalah Saung Ranggon yang sangat terkenal.

Saung Ranggon sendiri adalah sebuah bangunan seperti pendopo berbentuk rumah panggung yang konon menurut cerita sejarah adalah satu bangunan yang dibuat oleh Pangeran Rangga, anak dari Pangeran Jayakarta pada sekitar tahun 1600an masehi. Pangeran Ranggon membangun tempat ini untuk dijadikan sebuah rumah persembunyian saat ia menjadi buronan tentara Belanda.

Setelah beberapa ratusa tahun pembangunannya, Saung Ranggon ini baru ditemukan kembali di tahun 1820an oleh seseorang yang bernama Raden Abbas. 

7. Gedung Juang 45

Begitu besar jasa pejuang untuk mengambil kembali harkat serta martabat bangsa Indonesia dari tangan penjajah. Ungkapan tersebut juga sangat dalam diarasakan oleh para masyarakat di kota Bekasi. Kota Bekasi sendiri adalah sebuah kota yangjuga menyandang sebuah nama ada sebutan sebagai Kota Pejuang. Salah satu bukti yang menunjukkan bahwa Bekasi adalah kotanya par pahlawan adalah dengan adanya satu bangunan monumen bersejarah, yakni Gedung Juang 45.

Ornamen khas negeri Eropa sangat terasa ketika kalian melihat dengan dekat bangunan tersebut. Ciri khas warna berlatar putih, tiang-tiang yang tinggi menjulang, ditambah lagi ornamen-ornamen bermotif bunga seperti membawa kita kembali ke jaman kekolonialan Belanda.

Pembangunan gedung juang 45 ini dimulai pada tahun 1906, dan dilanjutkan pada tahap kedua pada tahun 1925 pada masa penjajahan Belanda. Gedung juang 45 menjadi slaah satu dari daftar destinasi wisata sejarah yang wajib kalian kunjungi ketika menginjakkan kali di kota Bekasi.

8. Taman Buaya Indonesia Jaya

Pengin lihat bagaimana tingkah 500 ekor buaya yang saling berebut makanan? Silahkan kalian datang di Taman Buaya Indonesia Jaya, yang terletak di Jl. Raya Serang Cibarusah, desa Sukaragam, Bekasi. Di satu lokasi penangkaran buaya ini terdapat setidaknya 5 kolam penangkaran buaya yang masing-masing terdapat beberapa ekora buaya dari berbagai ukuran.

Di lokasi ini, seperti yang telah kita sebutkan tadi kalian bisa melihat secara langsung aksi para pawang memberikan makan buaya-buaya, serta aksi-aksi menakjubkan lainnya. Selain itu juga ada hewan-hewan lain yang dipelihara di taman buaya Bekasi ini, seperti monyet, ular, dll. Beberapa wahana permainan menarik juga bisa kalian nikmati disini bersama para keluarga. 

Pada waktu-waktu terntu juga akan diadakan pertunjukan debus khas Banten yang mempertontonkan adegan-adegan mengagumkan yang tak bisa dilakukan oleh sembarang orang. Harga tiket masuk yang harus kalian sediakan untuk dapat masuk dan menikmati seluruh sajian yang ada di lokasi wisata ini hanya berkisar 20.000 rupiah untuk pengunjung dewasa, serta HTM untuk anak hanya cukup 10.000 ribu rupiah.

9. Danau Marakas

Setelah mengitari kota Bekasi dan menjelajahi tempat-tempat wisata menariknya, kini saatnya kalian bersantai ria sembari menikmati suasana tenang dibalut lampu yang berwarna-warni di obyek wisata danau Marakas. 

Danau Marakas berlokasi di wilayah Bekasi Utara, tepatnya pondik ungu permai. Di lokasi ini, selain bisa bersantai menikmati pemandangan indah danau Marakas yang berair tenang, kalian yang hobi memancing juga bisa menyalurkan hobi disini. Menariknya lagi, semua fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini bisa kita nikmati tanpa harus mengeluarkan biaya seperpun.

Nah, itu lah tadi sobat traveller 9 tempat wisata menarik di kota Bekasi yang patut untuk dijadikan lokasi tujuan wisata kalian beserta keluarga. Dengan menghabiskan waktu liburan di kota Bekasi, kalian tak perlu lagi mengeluarkan banyak biaya untuk akomodasi, serta kejar-kejaran waktu karena hari hari optimal kerja yang sudah menunggu.