Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Nusa Tenggara Barat Tempat Menarik, Daftar Tempat Wisata Murah dan Menarik di Nusa Tenggara Barat (NTB), Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sekitarnya yang Wajib di Kunjungi, Destinasi Tempat Wisata di NTB Cocok Dikunjungi Saat Liburan, Destinasi Liburan ke NTB.

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik – Menderngar nama Nusa Trenggara Barat atau yang akrab disebut dengan singkatan NTB, pasti yang telrintas di pikiran kita untuk pertama kalinya adalah Pulau Lombok yang terkenal dengan sejuta keindahannya. Bukan tanpa alasan, Lombok memang telah menjadi satu ikon Provinsi NTB yang keberadaannya juga telah menjadi destinasi wisata rpimadona para pelancong.

Namun sebenarnya, selain pulau Lombok masih ada bnayak lagi pulau-pulau indah dengan pemandangan alam nan eksotis di provinsi NTB yang terletak diantara pulau Bali dan Nusa Tenggara Timur ini. Contohnya adalah seperti pulau Sumbawa, Pulau Moyo, dan pulau-pulau lainnya. 

Nusa Tenggara Barat memanglah satu lokasi yang pantas untuk masuk dalam daftar list destinasi wisata favorit yang harus kalian kunjungi. Disana kalian akan disambut dengan kekayaan alam Indonesia yang telah diakui oleh dunia keindahannya, serta beragam budaya asli yang akan membuka mata kita bahwa sebenarnya sejak dahulu kala Indonesia adalah sebuah bangsa yang telah memiliki peradaban yang tinggi.

Jika kalian sudah menentukan Nusa Tenggara Barat menjadi tujuan utama liburan kalian, alangkah baiknya jika kalian terlebih dahulu mengetahui lokasi-lokasi mana saja di NTB yang termasuk dalam destinasi atau tempat wisata menarik di Nusa Tenggara Barat.

1. Gunung Rinjani

Gunung Rinjani adalah salah satu kekayaan alam Indonesia yang menakjubkan, satu titik lokasi wisata di wilayah Lombok ini telah secara resmi masuk dalam daftar Taman Nasional Indonesia yang menyimpan ekosistem  berkarakter savana dan hutan hujan pegunungan serta ribuan ribuan spesies flora dan fauna yang dilindungi oleh pemerintah.

Gunung ini berlokasi di sebalah Utara pulau Lombok dengan ketinggian permukaannya yang mencapai 3.726 meter dibawah permukaan laut. Gunung yang memiliki luas tak kurang dari 40 hektar ini juga termasuk dalam type gunung berapi aktif tertinggi di Indonesia urutan kedua.

Di arela kawah gunung rinjani yang luas terdapat sebuah danau alami yang terbentuk secara vulkanik, danau ini diberi nama Segara Anak. Ada satu kepercayaan mistik yang beredar luas di tengah masyarakat setempat tentang keberadaan segara anak ini. Konon katanya, jika ada pengunjung yang melihat ke arah danau ini dan merasa danau Segara Anak terlihat sangat luas, dipercayai jika itu satu pertanda kalau pengunjung tadi akan berumur panjang. Sedangan sebaliknya, jika danau anak terlihat sempit, konon si pengunjung akan berumur pendek. Meskipun diselimuti oleh cerita-cerita mistis yang cukup mencekam, pada kenyataannya danau segara anak ini menjadi salah satu tujuan utama para pengunjung / pendaki gunung Rinjani, bahkan sering kita jumpai ada orang yang memancing ikan di segara anak ini.

2. Pantai Ai Manis

Sudah sedikit kita bahas sebelumnya, bahwa NTB memiliki banyak gugusan pulau indah tak hanya Lombok saja. Di pulau Moyo, ada satu pantai indah disana yang sering disebut dengan nama Pantai Ai manis, tepatnya di sisi selatan pulau tersebut.

Pantai yang tampak indah dengan hamparan pasir putihnya yang bersih serta airnya yang biru menyegarkan ini bisa kita tempuh dengan beberapa alternatif rute serta pilihan alat transportasi. Salah satu rute yang paling banyak digunakan oleh kebanyakan pelancong yang akan ke Pantai Ai Manis ini adalah dengan berangkat melalui Labuhan Sumbawa.

Waktu tempuh yang diperlukan tak lebih dari 1 jam perjalanan saja. Ada juga alternatif rute lain yang dirasa lebih efisien, yakni melewati Ai Bari yang terletak di kec. Moyo Utara, tak jauh dari kota Sumbawa Besar tepatnya 2km di sebelah utara. Dari Sumbawa besar menuju ke Ai Bari kalian bisa menyewa jasa ojek atau rental mobil yang banyak tersedia di sana.

3. Pantai Sengginggi

Pantai Senggigi termasuk salah satu obyek wisata alam yang paling terkenal di Lombok dibandingkan dengan spot wisata lainnya. Keindahan alam di pantai Senggigi ini menjadi daya tarik tersendiri baik bagi wisatawan domestik maupun manca negara.

Fasilitas yang disediakan pun sangat lengkap layaknya obyek wisata internasional lainnya. Pasir putihnya sangat terlihat bersih hingga seakan seperti haparan kapas yang membentang panjang. Air lautnya pun sangat bersih dan jernih. Karena alasan itulah, para wisatawan asing banyak menjadikan Pantai Sengginggi sebagai obyek wisata favorit mereka.

4. Pura Watu Bolong

Berada cukup dekat dengan lokasi wisata pantai Senggigi di Pulau Lombok, Pura Batu Bolong ini menjadi salah satu destinasi wisata yang juga kerap dikunjungi oleh para wisatawan asing maupun domestik yang kebetulan sedang berlibur di pantai Senggigi. Seperti namanya, Pura Batu Bolong ini adalah sebuah bangunan tempat peribadatan umat hindu di Lombok, posisinya berada tepat diatas sebuah batu karang besar yang berlobang di bagian bawahnya.

Dilihat sekilas Pulau Batu Bolong ini nampak sangat mirip dengan Tanah Lot yang ada di Pulau Dewata, Bali. Lokasi ini akan lebih memiliki daya tarik yang istimewa dan instagramable saat cuaca cerah yang bertepatan dengan matahari terbit maupun terbenam.

5. Pura Meru Cakrabuana

Pura terbesar tempat peribadatan penganut agam hindu ini terletak tak jauh dari pusat Kota Mataram, Nusa Tenggara Barat, tepatnya di Jl.Selaparang, Kec. Cakranegara, Mataram. Tempat yang dianggap suci oleh umat Hindu Lombok ini menjadi satu titik tujuan wisata para wisatawan. 

Mengunjungi Pura Meru Cakranegara ini, kita akan disambut dengan megahnya bangunan khas bernuansa Hindu seperti yang banyak kita temui di Bali. Pura besar yang tertata dengan sangat rapi serta bersih ini menjadi simbol keberagaman yang ada di tanah air tercinta, Indonesia.

6. Gili Air

Setitik surga di laut Nusantara, kalimat itu mungkin cocok untuk mendeskripsikan satu tempat wisata alam pantai satu ini. Lokasinya berada di wilayah Lombok Utara, tepatnya di sebuah desa bernama Gili Indah, kecamatan Pmenang. 

Dari pulau Lombok, Gili Air adalah yang paling dekat dibanding dengan Gili lainnya. Kekayaan alam Indonesia akan sangat terlihat jelas menyambut kita ketika pertama kali menginjakkan kaki di Gili Air. Meskipun pesonanya begitu, kawasan pantai ini termasuk satu lokasi wisata yang masih sangat asri karena masih sangat sedikit wisatawan yang mengunjungi tempat ini. Sangat cocok untuk kalian yang suka menikamati keindahan alam yang jauh dari keramaian.

Namun meskipun belum begitu ramai pengunjung kalian jangan khawatir, karena fasilitas yang disediakan di obyek wisata Gili Air ini tak kalah dengan yang lainnya, mulai dari hotel, restoran, dan fasilitas lainnya dapat dengan mudah kalian temukan di tempat ini.

7. Gili Trawangan

Nah, yang ini pasti kalian sudah tak asing lagi kan? Karena memang Gili Trawangan adalah salah satu destinasi wisata yang palin populer, tak hanya di pulau Lombok atau Indonesia, bahkan namanya telah menembus jajaran tempat wisata favorit yang ada di dunia.

Eksotisme alamnya memang tak bisa dipungkiri lagi, berjuta pesona yang tak dapat ditemui di tempat lain dimiliki oleh obyek wisata terkenal satu ini. Terletak di desa Gili Indah, Lombok Barat, Gili Trawangan tak hanya menyimpan keindahan pantai yang begitu mempesona, keajaiban biota bawah lautnya juga tak bisa di pandang sebelah mata.

Fasilitas yang tersedia di lokasi wisata ini juga sangat-sangat lengkap, mulai dari tempat hiburan seperti arena bermain, taman wisata, hingga pasar yang menyediakan beragam aksesoris khas Gili trawangan bisa dengan mudah kita temui. Hotel, resort, restoran, serta fasilitas lainnnya seperti yang ada di obyek wisata dunia tersedia di Gili Trawangan.

8. Air Terjun Sendang Gile

Dari Lombok Barat kita melaju ke arah utara, tepatnya di desa Senaru, kec. Bayan, Lombok Utara. Air terjun Sendang Gile adalah satu dari beberapa pintu masuk yang digunakan oleh kebanyakan pendaki yang akan ngetrack menuju puncak Rinjani.

Fasilitas untuk menuju ke air terjun Sendang Gile ini telah dibangun dengan membuat titian anak tangga menuju ke lokasi air terjun. Untuk menuju ke titik dasar air terjun kita harus menuruni anak tangga tersebut selama kurang lebih 15 menit berjalan.

Hamparan alam yang terbentuk dari hutan hijau yang lebat serta tebing yang melingkari air terjun berketinggian  kurang lebih 30meter ini. Benar-benar keajaiban alam yang begitu membuka mata hati kita akan indahnya ciptaan Tuhan.

9. Masjid Bayan Beleq

Selesai berjalan-jalan menikmati indahnya alam di Nusa Tenggara Barat, kurang lengkap rasanya jika perjalan terkahir tidak mampir dahulu ke tempat wisata religi, yakni masjid bersejarah di Bayan, Lombok Utara.

Masjid dengan gaya klasik yang masih sangat terjada keasliannya ini sangat nampak jelas sisi yang menunjukkan kekunoannya. Obyek wisata ini menjadi salah satu masjid tertua di Lombok dan telah ditetapkan menjadi situs cagar budaya sejak tahun 1993 yang lalu. Di masjid ini kita akan bisa mendapatkan ilmu serta wawasan tentang bagaimana perkembangan islam yang ada di Lombok pada dahulu kala.

Ada satu hal unik yang juga bisa saja disebut aneh dari tempat ini, kareana adat yang berjalan adalah masjid Bayan Beleq ini hanya digunakan untuk aktivitas beribadah para pemuka agama Islam yang ada disana saja, adat itu terjadi karena memang sudah ada satu kesepakatan yang dibuat oleh masyarakat pendahulu yang hidup dan bermukin di wilayah tersebut. Jika kalian penasaran kenapa ada adat seperti itu di wilayah ini, khususnya di masjid Bayan Beleq, silahkan kalian datang dan kunjungi lokasi wisata religi ini ketika sedang berada di Provinsi Nusa Tenggara Barat.

Nah, itulah tadi 9 Tempat Wisata di Nusa Tenggara Barat (NTB) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik mulai dari wisata alam yang sangat terkenal, hingga titik lokasi wisata yang masih jarang terjamah. Dari sini tentu kita bisa melihat, bagaiman Indonesia memang benar-benar sebuah negeri yang kaya dan bahkan bisa disebut sebagai pecaha surga yang tercecer di dunia. Selain wisata alamnya yang begitu indah, keramahan masyarakat setempat juga menjadi daya tarik tersendiri bagi para wisatawan. Keberagaman budaya yang ada di sana juga akan membuka mata kita bahwasanya para pendahulu kita bukanlah sebuah bangsa yang tertinggal dan bahkan memiliki peradaban yang lebih tinggi dibanding dengan bangsa lainnya.