Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- NTT Tempat Menarik, Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur yang Paling Menarik, Tempat Wisata di NTT Yang Terkenal, Destinasi Tepat Wisata untuk Liburan di NTT, Tempat Wisata di Kupang-NTT yang Wajib dikunjung, Tempat Wisata Eksotis di Kupang-NTT, Tempat Wisata Hits di Kupang.

Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik – Bosan dengan pengapnya kehidupan kota dengan riuh dan gemeruhnya yang semakin hari seakan tak pernah berhenti. Ditambah lagi dengan tegangnya syaraf otak setelah sekian lama bergumul dengan tanggung jawab pekerjaan. Berlibur Nusa Tenggara Timur atau yang sering disebut NTT akan sangat cocok untuk mengobati rasa lelah fisik dan pikiran kamu!

Satu provinsi kebanggan Indonesia yang beribukota di Kupang ini menyimpan banyak surga tersembunyi yang berceceran di  bumi. Kekayaan alamnya yang luar biasa, menjadikan Nusa Tenggara Timur menjadi salah satu destinasi wisata favorit di Indonesia yang keindahannya tak kalah dengan wilayah-wilayah lainnya.

Keindahan yang tergambar jelas di alam Nusa Tenggara Timur begitu lengkap, gunung-gunung yang hijau menjulang, bentangan laut yang membiru, pasir putihnya yang menghampar luas, serta hutan-hutannya yang asri membuat semua wisatawan yang datang dari seluruh penjuru dunia akan merasa kagum setelah menginjakkan kakinya pertama kali di tanah Nusa Tenggara Timur.

Penasaran dengan keindahan alam yang ditawarkan tempat ini? Simak artikel 9 destinasi wisata menarik di Nusa Tenggara Timur ini ya, sobat traveler!

1. Pulau Komodo

Siapa yang tak kenal dengan pulau satu ini, bahkan dunia pun pernah mengakuinya sebagai tempat yang menyimpan salah satu dari 7 keajaiban dunia. Pulau Komodo terletak di titik ujung barat Provinsi Nusa Tenggara Timur, tepatnya sebelah barat dari pulau Sumbawa yang terpisah dengan adanya selat sape, Kec. Komodo. Dinamakan pulau komodo karena memang pulau satu ini menjadi habitat asli dari sisa hewan purbakala, yakni komodo.

Di pulau ini dibangun Taman Nasional Komodo yang dikelola langsung oleh pemerintah Indonesia melalui dinas atau lembaga-lembaga terkait. Luas pulau komodo termasuk cukup besar dibandingkan dengan gugusan pulau-pulau kecil disekitarnya, yakni mencapai luas tak kurang dari 1.817km2.

Tak hanya terkenal dengan komodonya, pulau ini juga sangat menarik perhatian para wisatawan dengan kekayaan biota launya. Fasilitas yang disiapkan untuk para pelancong yang mengunjungi Taman Nasional Komodo ini terbilang cukup lengkap. Mulai dari tempat-tempat penginapan, hingga jasa rental peralatan diving, snorkling juga bisa dengan mudah kalian dapatkan di tempat wisata ini. Tiket masuk ke Tamn Nasional Komodo juga sangat terjangkau di kantong para traveler, kita hanya perlu membayar tiket masuk sebesar 90ribu rupiah saja untuk dapat bercengkrama langsung dengan si reptil raksasa dari pulau Komodo.

2. Pulau Padar

Pulau Padar juga patut masuk dalam tujuan tempat wisata yang harus kamu kunjungi ketika berada di Nusa Tenggara Timur. Pulau yang juga masih berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo ini adalah salah satu pulau dengan ukuran yang paling besar setelah pulau Komodo dan pulau Rinca yang termasuk dalam gugusan-gugusan pulau di ujung barat Nusa Tenggara Timur. 

Pulau rinca menyuguhkan pemandangan eksotis yang sangat instagramable, disana terdapat setidaknya empat pulau-pulau kecil yang masing-masing memiliki keindahan alam yang menakjubkan. Ditambah lagi dengan bentangan alam bibir pantai yang berpasir pink tentu akan sangat memanjakan mata kamu.

3. Desa Wae Rebo

Desa unik diatas dataran tinggi pegunungan dengan ketinggian 1.200mdpl ini terletak di wilayah Flores Nusa Tenggara Timur, tepatnya di sebelah barat daya kota Ruteng, Kab. Manggarai. Untuk dapat menuju ke tempat wisata satu ini memanglah diperlukan ketangguhan fisik dan mental yang cukup, karena perjalanannya memang membutuhkan sedikit perjuangan, mulai dari berganti-ganti angkutan umum hingga mendaki dan menyusuri hutan.

Namun, setelah kamu sampai di lokasi, kamu akan disambut pemandangan alam yang sangat menakjubkan., layaknya sedang berada di sebuah negeri di atas awan seperti yang tertulis di buku-buku dongeng.

Desa Wae Rebo terdapat 7 buah bangunan adat berbentuk kerucut yang terbangun melingkar. Disekitarnya gunung-gunung dengan pohon-pohon yang rindang nan asri diselimuti awan putih bersih menyambut kedatangan para tamu wisatawan.

Untuk dapat menikmati pemandangan indah di desa Wae Rebo ini kamu hanya membutuhkan uang sebesar 200 ribu jika tidak menginap dengan fasilitas 1x hidangan makan. Sedangan untuk paket menginap di Wae Rebo kamu akan dikenakan biaya sebesar 325ribu per-orang plus fasilitas 2x hidangan makan.

4. Kampung Megalitik

Kampung megalitik atau yang disebut kampung Bena ini masih berada di wilayah pulau Flores Nusa Tenggara Timur. Lokasinya terletak di sebuah desa bernama Tiwuriwu, Jerebuu, Kab. Ngada. Kampung adat Bena atau Kampung Megalitik ini dihuni oleh suku asli dari etnis Ngada atau yang juga disebut dengan sebutan masyarakat budaya Reba atau warga Ngadu-Bahaga.

Di tempat yang pernah digadang-gadang dan dicalonkan menjadi salah satu dari situs warisan sejarah dunia UNESCO di periode tahun 1995 ini memiliki luas wilayah sebesar 175x80m2 dengan bangunan rumah adat asli sebanyak 43 bangunan.

Fasilitas yang ada di kampung ‘Megalitik’ Bena ini terbilang cukup lengkap, tak berbeda dengan destinasi wisata lainnya. Disana disediakan laha parkir yang cukup luas, toilet umum, dan kios-kios atau warung yang menyediakan makanan/minuman ringan juga dengan mudah ditemukan di tempat ini.

Tiket masuk yang harus dikeluarkan untuk dapat memasuki wisata kampung adat Bena ini sangat terjangkau bagi semua kalangan, yakni hanya membutuhkan biaya sebesar 25ribu/orang saja kalian sudah bisa menyusuri semua titik-titik wisata di Kampung Ada Megalitik ini. Selain itu kalian juga akan dipijami secarik kain tenun kecil sebagai identitas, yang nanti jika kalian akan keluar dari lokasi kain tenun tersebut harus dikembalikan lagi.

5. Gili Laba

Masih di sekitaran Pulau Komodo, Gili Laba adalah sebuah pulau menakjubkan yang memiliki spot pemandangan pantai yang sangat indah. Berada di pulau kosong tak berpenghuni ini kamu akan serasa sedang berada di surga kecil yang tersembunyi di antara luasnya lautan.

Di Gili Laba ada sebuah bukit yang bisa kamu naiki dengan berjalan kaki beberapa menit saja. Sesampainya di puncak pemandangan alam tak terlupakan akan terus bersarang di pelupuk mata kamu. Dari puncak bukit ini kamu juga bisa melihat pemandangan secara langsung ke arah pulau komodo, dan pantai pink yang berada tak jauh dari Gili Laba.

6. Pantai Pink

Tak cukup hanya memandang indahnya pantai pink dari atas bukit di Gili Laba. Kamu juga harus menginjakkan kaki di pantai yang sangat cantik ini. Warna pink berpendar yang terdapat di setiap bibir pantai ini terbentuk karena adanya serpihan cangkang, amuba mikroskopis, foraminefera yang bercampur menjadi satu. Untuk menuju ke spot wisata pantai Pink ini kalian bisa memulai perjalanan dari Labuhan Bajo menuju ke arah Loh liang, baru dilanjutkan menuju lokasi wisata pantai Pink. Akumulasi waktu dari jarak yang harus ditempuh tak lebih dari 1 jam perjalanan saja.

7. Danau Weekuri

Danau weekuri ini berjarak kurang lebih 60 km dari pusat kota Kab. Sumba Barat Daya. Letak persisnya berada di Desa Kalenarogo, Kecamatan Kodi Utara. Danau yang cantik ini memiliki air yang sangat jernih hingga dasar dari danau ini bisa terlihat jelas dari permukaaan. Airnya yang jernih dan memiliki rasa asin ini terjadi karena memang air yang memenuhi danau berasal dari laut. Gradasi warna air yang menawan berbaur dengan tumbuhan-tumbuhan hijau yang menyejukkan mata, serta karang-karang khas lautan membuat suasana yang ada di danau weekuri terasa sangat asri.

Pasir putihnya juga menambah suasana harmoni alam menyatu dengan fikiran kita melalui pandangan yang tertangkap oleh mata, membuat jiwa serasa lebih tenang, terlepas dari semua permasalahan atau beban hidup yang sedang diahadapi.

8. Pulau Kanawa

Nusa Tenggara Timur memang terbutkti kaya akan pulau-pulau yang indah. Termasuk salah satunya adalah Pulau Kanawa yang terletak tak jauh dari Labuhan Bajo, yakni hanya berjarak 15km. Pulau dengan luas -+ 32 hektar ini memiliki pasir putih yang syahdu. Airnya yang jernih membuat kamu dengan mudah dapat melihat hamparan karang yang dibawah air laut.

Sebagai lokasi wisata primadona, fasilitas yang ditawarkan di tempat wisata Pulau Kanawa ini terbilang cukup lengkap. Disana para wisatawan disediakan beberapa cottages cantik yang dilengkapi dnegan fasilitas beristirahat seperti tempat tidur yang nyaman , hingga hidangan-hidangan makanan menu seafood yang khas di wilayah pantai. Cottages di pulau Kanawa ini bisa kita sewa dengan biayas sekitar 300ribu rupiah. Sedangkan dari Labuhan Bajo menuju ke Kanawa, kalian bisa menaiki kapal maupun speedboat dengan tarif 60ribu perorang untuk speedboat, dan 250ribu rupiah sekali jalan untuk tarif kapal.

9. Danau Kelimutu

Di puncak gunung Kelimutu yang berada Pulau Flores, terdapat sebuah danau dengan pemandangan yang eksotis. Danau kawah ini sering disebut dengan nama Danau Kelimutu. Letak tepatnya adalah di desa Pemo Kecamatan Kelimutu, Kabupaten Ende. 

Danau yang juga dikenal dengan nama danau tiga warna ini memiliki keunikan tersendiri dibanding dengan danau tiga warna di wilayah Indonesia lainnya. Warna di danau Kelimutu tak bisa ditentukan karena akan berbeda-beda setiap tahunnya. Terkadang warna merah yang ada pada salah satu danau akan berubah menjadi hijau, yang berwarna biru bahkan terkadang berubah menjadi hitam.

Menurut kepercayaan dari masyarakat setempat, ada satu legenda yang menceritakan bahwa danau Kelimutu ini menjadi sebuah simbol satu lokasi dimana di tempat tersebut menjadi titik berkumpulnya jiwa-jiwa leluhur mereka yang telah meninggal. Warna merah yang ada pada danau kelimutu melambangkan jiwa yang ada disana dulunya memiliki watak yang jahat, biru menyimbolkan jiwa seseorang yang meninggal saat masih berusia muda, sedangkan warna putih dipercaya sebagai simbol bahwa jiwa orang yang meninggal dalam keadaan sudah tua.

Perlu perjuangan yang cukup berat untuk mencapai puncak Kelimutu dan menikmati eksotisnya danau kawah tiga warna di Kelimutu, karena kamu harus mendaki melewati 2600 anak tangga dari bawah hingga mnuju ke puncak.

Nah, bagaimana sobat traveler? Dari 9 destinasi wisata menarik di Nusa Tenggara Timur yang telah sedikit kita ulas diatas. Mana yang akan menjadi lokasi wisata pertama yang akan kamu kunjungi ketika sampai di NTT?

Demikian info tentang Tempat Wisata di Nusa Tenggara Timur (NTT) dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik. Semoga bisa menjadi referensi bagi sobat untuk liburan ke NTT. Thanks.