Tempat Wisata di Samarinda dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik

Tempat Wisata di Samarinda dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik -- Tempat Wisata di Samarinda Terbaru yang Lagi Hits dan Hunting, Objek Wisata Menarik di Samarinda Kalimantan Timur, Wisata Alam yang Menarik di Samarinda, Tempat Wisata Alam dan Religi di Samarinda yang Wajib Dikunjungi, Daftar Nama Tempat Wisata di Samarinda Kaltim, Tempat Bersejarah di Samarinda.

Tempat Wisata di Samarinda dan Sekitarnya yang Murah dan Menarik – Pulau Kalimantan memang menyimpan banyak keistimewaan alam Indonesia yang layak disebut dengan istilah surga tersembunyi di bumi Borneo. Berbagai macam keakayaan alam yang indah bisa kita jumpai di pulau terbesar Indonesia ini. Nikmat Tuhan mana lagi yang kau dustakan?

Di pulau Kalimantan, tepatnya yang berada di Provinsi bagian Timur (KalTim) ada satu kota terkenal yang kita kenal dengan nama Samarinda. Samarinda adalah salah satu kota terbesar di di Kalimantan Barat yang keindahan alamnya begitu elok dan menawan. Masyarakat disana pun rata-rata memiliki taraf hidup yang lumayan, membuat semakin cepatnya kemajuan yang terjadi pada tempat-tempat wisata yang beterbaran di setiap daerahnya. 

Samarinda sangat cocok untuk menjadi destinasi wisata pilihan kalian ketika akan menikmati liburan dengan keluarga atau orang-orang terdekat. Potensi wisata yang ada di Samarinda sendiri jika dibandingkan dengan yang lain juga tidak kalah menariknya, bahkan bisa terbilang lengkap karena wisata alam, religi, budaya, hingga modern ada disana.

Untuk lebih jelas, yuk ikut mimin terbang ke Kalimantan Timur buat lihat-lihat 7 tempat wisata di Samarinda yang murah dan menarik!

1. Air Terjun Tanah Merah

Jaraknya tak lebih dari 14km dari pusat kota Samarinda, tepatnya di dusun Purwosari, wilayah kecamatan Samarinda Utara. Air terjun tanah merah ini, akan membawa kesan tersendiri bagi para pengunjung. Ketinggian air terjun tanah merah ini hanya berkisar 15 meter saja, airnya tidak sejernih air tejun lainnya. Faktor yang mempengaruhi warna air tersebut adalah kondisi tanah di sekitar air terjun tanah merah ini yang merupakan jenis tanah gambut dan cenderung berlumpur. Ditambah lagi kondisi alam sekitar yang dikelilingi oleh pohon berdaun rimbun akan menambah kesan berbeda ketika kalian memasuki lokasi obyek wisata ini.

Akses menuju air terjun tanah merah di kecamatan Samarinda Utara ini juga sama sekali tidak sulit, karena memang lokasinya yang tidak jauh dari pemukiman warga desa meskipun letaknya berada di pinggir pedesaan. Tarif tiket yang dikenakan pada setiap pengunjung yang datang pun juga sangat terjangkau, kalian hanya perlu membayar uang sebesar 5000 ribu rupiah saja untuk HTMnya. Sedangkan biaya parkir kendaraan kalian akan dikenakan biaya 2000 rupiah untuk kendaraan bermotor roda 2, sedangkan biaya parkir mobil adalah 5000 rupiah. 

Dengan biaya yang tak seberapa fasilitas yang disediakan untuk pengunjung air terjun tanah merah ini termasuk lengkap. Gazebo, tempat istirahat, dudukan di taman untuk bersantai, warung makan, hingga kolam pemancingan ada di obyek wisata alam satu ini.

2. Air Terjun Pinang Seribu

Masih seputar wisata alam berupa air terjun, yang satu ini terletak di Bengkuring, desa Sempaja Timur, Samarinda. Lokasinya yang tak terlalu jauh jaraknya dari pusat kota membuat air terjun pinang seribu menjadi pilihan obyek wisata yang banyak dikunjungi oleh para wisatawan. 

Pemerintah Daerah Samarinda yang sedang getol dalam membangun infrastuktur pariwisata juga tidak melupakan fokus mereka untuk air terjun Pinang Seribu ini. Dengan kemajuan sarana dan prasana yang ada disana membuat para calon pengunjung semakin nyaman untuk mengunjungi lokasi wisata alam satu ini.

Masih sama dengan air terjun sebelumnya, air terjun Pinang Seribu juga memiliki ketinggian yang tak seberapa bahkan lebih rendah, yakni hanya berkisar 4 hingg 5 meter saja ketinggiannya. Namun karena alamnya yang asri dan suasana pedesaan yang nyaman membuat hati pengunjung yang berwisata disana menjadi tenang seperti terbebas dari hiruk pikuk dan dan gemuruhnya perkotaan.

Tiket masuk yang harus kita bayar agar bisa menikmati keindahan alam di air terjun Pinang Seribu ini hanya berkisar 10 ribu rupiah per orangnya. Biaya parkir seperti pada umumnya yakni 2ribu untuk roda 2 dan 5ribu untuk kendaraan beroda 4.

Disana juga ada wahana permainan sepeda air yang bisa kita sewa dengan biaya sebesar 20ribu rupiah. Bagi yang hobi mancing juga disediakan kolam pemancingan yang luas dengan biaya tiket 40ribu rupiah untuk mancing sepuasnya.

3. Pulau Beras Basah

Terletak di Kabupaten Bontang, Kalimantan Timur atau tepatnya di sekitar selat Makasar tak jauh dari kota Samarinda ada sebuah pulau yang sangat indah dengan beragam kekayan alam yang juga sangat berlimpah. Namanya Pulau Beras, obyek wisata alam yang bisa kita tempuh dengan jarak kurang lebih 40 menit perjalanan laut ini sudah lama menjadi obyek wisata favorit para pelancong yang berlibur di Kalimantan Timur.

Spot wisata alam yang menjadi andalan di pulau Beras Basah adalah pantai dan lautnya yang eksotis. Obyek wisata ini benar-benar masih alami, disana kita tak akan menjumpai restoran, café, ataupun hotel, yang ada hanya satu pondokan yang dibangun tepat ditengah pulau. Jadi jika kalian memutuskan untuk pergi kesana pastikan untuk membawa bekal yang cukup.

Pulau Beras Basah ini bisa kita tempuh dengan waktu perjalanan sekitar 2  hingga 3 jam saja dari ota Samarinda. Dari Samarinda kalian bisa naik bus menuju ke Bontang dengan tarif yang tak lebih dari 20ribu rupiah saja. Setibanya di Bontang kalian harus menyeberangi lautan dengan menyewa kapal yang biasanya dipatok tarif 300 hingga 400 ribu rupiah melalui pelabuhan Tanjung laut atau Bontang Kuala.

4. Pulau Kumala

Nama pulau Kumala sudah tak asing lagi terdengar di telinga para masyarakat Kutai Kartanegara, Samarinda, dan sekitarnya. Tak jauh dari Samarinda, pulau Kumala ini terletak di wilayah Tenggarong, Kab. Kutai Kartanegara. 

Pulau Kumala ini dulunya merupakan satu lahan yang berada ditengah sungai Mahakam, berpenghuni ratusan ekor bekantan dan berbai macam jenis binatang melata atau reptil liar di Kalimantan. Pulau Kumala baru dibangun menjadi sebuah obyek wisata pada tahun 2000 dan dibuka untuk umum di tahun 2002, atau 2 tahun setelahnya.

Untuk menuju pulau ini kalian harus menaiki sebuah perahu panjang atau yang biasa disebut dengan ketinting yang tersedia di gerbang penyeberangan pulau Kumala. Tarif untuk menyebrang tidak terlalu mahal, hanya cukup membayar uang sebesar 6000 rupiah saja kalian akan diantar sampai ke seberang.

Sesampainya di di pulau Kumala kalian akan disambut oleh gerbang selamat datang yang berdiri kokoh di pintu masuk menuju pulau Kumala. Tiket yang harus dibayar adalah sebesar 20ribu rupiah. Dengan membayar tiket tersebut kalian akan mendapatkan fasilitas mobil wisata yang akan mengajak kalian berkeliling mengitari pulau Kumala yang memiliki luas tak kurang dari n85 hektar ini.

Disana tersedia cukup wahana bermain untuk para wisatawan. Bagi yang ingin menginap juga disediakan beberapa villa dengan tarif 450ribu/malam untuk sebuah cottage yang berisikan dua kamar.

5. Taman Rekreasi Lembah Hijau

Tempat wisata alam yang dikelola secara modern, membuat taman rekreasi Lembah Hijau ini menjadi satu destinasi wisata yang cukup menarik dikunjungi oleh para wisatawan. Keindahan alam pedesaan dan pegunungan dipadukan dengan berbagai macam wahana bermain, semakin menambah daya tarik spot wisata yang terletak di jalur Samarinda-Bontang, sekitar 15km dari pusat kota Samarinda ini.

Dengan biaya tiket yang hanya sebesar 5000 rupiah serta paket outbond 180.000 kita bisa menikmati indahnya alam Samarinda dan sajian atraksi-atraksi yang sangat menarik. Disana para pengunjung bisa berenang dan bermain air di Waterboom Lembah Hijau, atau mencoba serunya main flying fox serta wahana-wahana permainan lainnya yang juga tidak kalah serunya.

Fasilitas yang tersedia di obyek wisata ini terbilang sangat lengkap, tak ubahnya wisata modern yang ada di daerah lainnya. 

6. Desa Budaya Pampang

Tak lengkap rasanya jika kita hanya menikmati alam pulau Kalimantan di Samarinda tanpa berkenalan dengan budayanya sangat khas. Di Desa Budaya Pampang ini kalian bisa mengenal lebih jauh tentang salah satu kebudayaan Indonesia dari suku Dayak Kenyah.

Desa Budaya Pampang sudah sangat terkenal di dalam negeri maupun di luar negeri, ini terbukti dengan banyaknya wisatawan asing yang singgah untuk mengengok keanekaragaman budaya dari sumber daya manusia yang ada di tanah air tercinta, Indonesia.

Nuansa adat dan budaya khas suku Dayak sangat kental terasa di desa ini, dilihat dari bangunan-bangun serta kehidupan masyarakatnya. Jika kalian datang pada hari minggu, tepatnya setiap pukul 1 siang hingga 3 sore, kalian akan bisa menikmati sajian dari pentas seni yang digelas oleh masyarakat suku Dayak yang ada di desa budaya Pampang. Perayaan atau pentas ini biasanya digelar di rumah adat yang disebut lamin atau gedung pertemuan.

7. Masjid Islamic Center

Wisata alam, wisata modern, hingga wisata budaya telah kita ulas sebelumnya. Nah, sekarang yang terakhir, sebagai daftar pamungkas tempat wisata menarik di Samarinda yang ada di artikel ini, salah satu obyek wisata religi yang tak boleh ketinggalan adalah Masjid Islamic Ceter yang tak jauh dari pusat kota Samarinda ini.

Bangunan masjid yang indah serta unik dengan arsitektur khas Timur tengah ini memang terinspirasi dari sebuah bangunan yang disebut dengan nama Hagia Sophia yang ada di Turki. Disekeliling Masjid indah ini dibangun beberapa menara yang berketinggian 99 meter, simbol dari Asmaul Husna. 6 tangga yang lebih rendah menyimbolkan rukun iman yang diakui oleh umat muslim di seluruh dunia. Sedangkan 33 dari jumlah anak tangganya adalah melambangkan butiran tasbih media berdzikir.

Bagi kalian umat muslim yang berlibur di Samarinda, alangkah baiknya untuk juga mengunjungi masjid Islamic Center ini. Bukan hanya sekedar untuk melihat-lihat keunikannya saja, namun juga tidak ada salahnya jika mampir untuk beribadah dan memanjatkan rasa syukur kepada-Nya karena telah memberikan nikmat keindahan alam yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia, khususnya di Samarinda yang tadi beberapa diantaranya telah kalian kunjungi.

Nah, itulah tadi sobat traveler 7 Tempat Wisata di Samarinda yang Murah dan Menarik. Apa kalian sudah memutuskan lokasi mana dulu yang akan kalian kunjungi? Sqaya jamin kalian tak akan pernah menyesal jika terbang ke Samarinda dan menghabiskan waktu liburan untuk mengelilingi berbagai macam obyek wisata menarik disini.